Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kuliner Enak yang Bisa Kamu Coba di Florence, Italia

Jalan-jalan sambil mencicipi kuliner lezat, kenapa tidak?

Florence adalah ibu kota dari daerah Tuscany di Italia yang terkenal dengan seni dan arsitektur Renaissance yang memukau. Tidak heran jika banyak turis manca negara berdatangan ke Florence untuk menyaksikan karya seni tersebut.

Namun, rasanya ada yang kurang jika pergi ke Florence tanpa mencicipi aneka ragam kulinernya. Pasalnya, Florence memiliki referensi kuliner yang kaya dan semuanya serba lezat.

Supaya kamu tidak bingung memilih menu, yuk coba cek rekomendasi kuliner enak yang ada di Florence berikut!

1. Lampredotto

5 Rekomendasi Kuliner Enak yang Bisa Kamu Coba di Florence, ItaliaLampredotto, kuliner khas Florence, Italia (instagram.com/tripperiapollini)

Lampredotto adalah street food khas Florence yang terbuat dari lambung sapi, tepatnya bagian abomasum. Abomasum dimasak dengan bawang, tomat, dan seledri hingga teksturnya empuk.

Setelah jadi, lampredotto diletakkan di atas roti sandwich, lalu disiram dengan saus salsa verde Italia. Rasanya gurih dan tentunya lezat!

 

2. Bistecca alla Fiorentina

5 Rekomendasi Kuliner Enak yang Bisa Kamu Coba di Florence, ItaliaBistecca alla Fiorentina, kuliner steak khas Florence, Italia (instagram.com/3e60eatmeat)

Bistecca alla Fiorentina adalah steak istimewa karena hanya dibuat dari daging sapi jenis Chianina, sapi asli Italia, yang dagingnya terkenal mahal karena sangat lembut. Potongan steak ini tebal, setidaknya selebar 3 jari tangan. Tujuannya adalah agar ketika dipanggang dengan api panas, bagian luar menjadi sedikit berkerak, tetapi dalamnya masih berair.

Bistecca alla Fiorentina selalu disajikan dalam keadaan rare dan paling enak dinikmati dengan minyak zaitun murni, garam, dan rosemary. Penasaran bagaimana rasanya?

 

Baca Juga: 6 Kue Manis Khas Italia yang Kelezatannya Bikin Lidah Goyang

3. Gnudi

5 Rekomendasi Kuliner Enak yang Bisa Kamu Coba di Florence, ItaliaGnudi, kuliner khas Forence, Italia (instagram.com/ciaobarsansepolcro)

Gnudi adalah dumpling dengan bahan dasar bayam yang telah dimasak, dicampur dengan sejumput garam, mentega, ricotta, dan keju parmesan yang disatukan dengan tambahan tepung. Dumpling dibentuk dengan tangan hingga menyerupai bola-bola kecil.

Gnudi dimasak hingga matang sempurna. Jika sudah masak, gnudi disajikan dengan saus tomat sederhana. Rasa gurih dari gnudi berpadu dengan asam dari saus tomat akan menciptakan sensasi yang lezat.

 

4. Torta Pistocchi

5 Rekomendasi Kuliner Enak yang Bisa Kamu Coba di Florence, ItaliaTorta Pistocchi, kuliner khas Florence, Italia (instagram.com/hopduvelmilano)

Bagi yang suka kue cokleat, torta pistocchi adalah pilihan tepat untuk dicoba. Diciptakan oleh Claudio Pistocchi pada tahun 1990, bahan utama torta pistocchi adalah dark chocolate, heavy cream, dan unsweetened cocoa powder.

Kue ini memiliki tekstur yang padat, basah, dan creamy. Jangan lupa, supaya lebih enak, torta pistocchi dapat dinikmati dengan biskuit almond atau whipped cream.

 

5. Zuccotto

5 Rekomendasi Kuliner Enak yang Bisa Kamu Coba di Florence, ItaliaZuccotto, kuliner khas Florence, Italia (instagram.com/hovogliadidolce)

Zuccotto adalah dessert asli Florence berupa kue dengan bentuk kubah yang melambangkan kubah dari Florence Cathedral. Resep ini pertama kali muncul sekitar abad 16 dan diyakini diciptakan oleh Bernardo Bountalenti yang juga pencipta gelato.

Zuccotto dibuat dari ladyfinger atau sponge cake yang disusun membentuk kerangka pada cetakan, lalu diberi isian berupa es krim, whipped cream, atau ricotta. Isian tersebut juga dapat dipadukan dengan berbagai varian rasa seperti citrus, vanila, dan almond, serta bisa ditambah dengan buah, kacang, atau chocolate chips.

Wah, ternyata banyak pilihan kuliner yang bisa dicoba di Florence, Italia. Jangan lupa, sempatkan untuk mencoba kuliner khas Florence jika berkunjung ke sana, ya!

 

Baca Juga: 7 Museum Unik di Turin-Italia, Arsitektur dan Koleksinya Bikin Takjub!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya