Comscore Tracker

Fakta Unik Susu Rendah Lemak, Jadi Buruan Para Pegiat Diet

Sehat sih, tapi jangan berlebihan juga ya

Seiring dengan permintaan masyarakat, olahan susu jadi semakin beragam dengan rasa yang bervariasi. Buat para pegiat diet, susu rendah lemak jadi jenis yang paling dicari. Susu ini dipercaya sangat baik bagi kamu yang pengin menurunkan berat badan. 

Tapi, benarkah demikian?

1. Apa itu susu rendah lemak?

Fakta Unik Susu Rendah Lemak, Jadi Buruan Para Pegiat Dietusatoday.com

Susu rendah lemak sebenarnya sama saja dengan jenis lainnya. Perbedaannya bisa kamu lihat dari kandungan lemaknya. Biasanya kandungan lemak pada susu hanya satu persen saja.

Kandungan tersebut lebih rendah dibandingkan susu pada umumnya yang mengandung 3,25 persen lemak. Namun, kandungan lemaknya masih lebih besar daripada susu skim yang hanya 0,15 persen.

Fakta Unik Susu Rendah Lemak, Jadi Buruan Para Pegiat Diettheodysseyonline.com

Dari segi proses pembuatannya, susu rendah lemak dibuat dengan cara sentrifugasi. Dengan metode ini, kandungan lemak pada susu bisa dipisahkan secara lebih spesifik. Setelah itu, susu dipasturisasi untuk disterilisasi sebelum menjalani proses pemindahan lemak yang terakhir kalinya.

2. Sehat sih, tapi jangan berlebihan ya!

Fakta Unik Susu Rendah Lemak, Jadi Buruan Para Pegiat Dietirishtimes.com

Secara umum, minum susu rendah lemak akan membantumu mencegah diabetes, mengurangi risiko penyakit stroke, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menurunkan berat badan. Sayangnya, tidak ada makanan atau minuman sehat yang berdampak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Menurut sebuah penelitian Medical Journal of the American Academy of Neurology, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi susu rendah lemak tiga kali dalam sehari. Jika dilakukan kamu akan berisiko 34 persen lebih besar terkena penyakit parkinson.

Fakta Unik Susu Rendah Lemak, Jadi Buruan Para Pegiat Dietperfectketo.com

Penyakit ini merupakan gangguan saraf yang bersifat berkelanjutan. Biasanya menyerang para lansia berusia di atas 50 tahun. Parkinson dimulai dengan tremor kecil di bagian tangan (otot terasa kaku), lalu semakin buruk hingga sulit bergerak dan bicara.

Meski demikian, jangan sampai takut minum susu rendah lemak. Susu ini memang direkomendasikan di dunia kesehatan, karena kandungan kolesterol dan lemaknya cukup rendah.

Baca Juga: 7 Makanan & Minuman Ini Jadi Biasa Aja kalau Gak Pakai Susu, Setuju?

3. Rekomendasi susu rendah lemak

Fakta Unik Susu Rendah Lemak, Jadi Buruan Para Pegiat Dietmyrecipes.com

Ada banyak merek susu rendah lemak di pasaran. IDN Times telah merangkum dari berbagai sumber mengenai lima merek susu rendah lemak yang populer.

Pertama, Greenfields. Mereka memiliki pabrik dan peternakan sapi yang menghasilkan susu tanpa tersentuh tangan manusia.

Selanjutnya, WRP. Dalam seri Diet to Go, kandungan protein dan kalsiumnya cukup tinggi, lengkap dengan CLA serta L-Carnitine. Karena memiliki kemasan yang praktis, susu ini dinilai sangat bersahabat bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi, tapi tetap membutuhkan asupan untuk proses pembakaran lemak.

Fakta Unik Susu Rendah Lemak, Jadi Buruan Para Pegiat Dietdairyherd.com

Susu rendah lemak Marigold memiliki kandungan gizi yang baik. Di antaranya seperti protein, kalsium, vitamin A, B1, B3, B6, B12, C, D, E, hingga asam folat. Uniknya dari susu rendah lemak satu ini adalah punya tiga rasa berbeda, yakni original, cokelat, dan stroberi.

Banyak orang beranggapan susu bergambar beruang ini termasuk produk paling ampuh untuk dikonsumsi ketika badan sedang tidak sehat. Bagi kamu yang mengincar susu rendah milik Bear Brand, pilihlah jenis Gold. Dibandingkan yang original, produk tersebut memiliki kandungan vitamin lengkap seperti Marigold. 

Terakhir ada Ultra Milk.  Mereka unggul dalam kemasan, ada yang 125 ml, 200 ml, 250 ml, dan 1.000 ml. Soal rasa, susu ini memiliki dua macam, plain dan cokelat. 

Itulah beberapa penjelasan soal susu rendah lemak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Ingat ya, jangan mengonsumsinya secara berlebihan!

Baca Juga: 7 Fakta tentang Susu UHT untuk Kesehatan, Apakah Sesehat yang Murni?

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You