Comscore Tracker

5 Bubur Nasi yang Nikmat Banget Disantap Saat Cuaca Sedang Dingin

Pilihannya tidak hanya bubur ayam, lho!

Saat cuaca sedang dingin, menyantap makanan yang hangat pasti nikmat banget! Gak melulu sup, karena makanan penghangat tubuh bisa berupa bubur nasi yang memiliki pelengkap nan lezat.

Seperti lima bubur nasi khas Nusantara berikut ini. Ketika cuaca sedang dingin, bubur ini tidak hanya menghangatkan tubuhmu. Tapi juga bikin kamu bahagia usai menyantapnya. Gak percaya? Cobain, yuk!

1. Bubur kanji rumbi

5 Bubur Nasi yang Nikmat Banget Disantap Saat Cuaca Sedang Dingininstagram.com/aishareefa

Banyak sekali perbedaan bubur kanji rumbi dengan bubur ayam, meski terlihat sama dari penampilan. Bubur asal Aceh ini menggunakan bermacam bumbu rempah andalan seperti kapulaga, kayu manis, bunga lawang, dan cengkih.

Bubur kanji rumbi juga menambahkan pelengkap berupa udang kupas serta penggunaan minyak samin yang mampu mengangkat cita rasanya.

2. Bubur manado

5 Bubur Nasi yang Nikmat Banget Disantap Saat Cuaca Sedang Dingininstagram.com/buburmanado12

Ikan asin dan sambal roa, sering dipilih sebagai pelengkap kenikmatan semangkuk bubur manado. Bubur nasi khas Sulawesi Utara ini punya tampilan berwarna kuning yang menjadi ciri khas dan pembeda dengan bubur Nusantara lainnya.

Bubur manado mempertemukan nasi, labu kuning, ubi kuning, dan jagung. Bubur nan lezat ini makin bergizi dengan kehadiran sayur bayam yang ramaikan kelezatannya.

Baca Juga: Resep Bubur Manado Lezat yang Bikin Rindu dengan Kelembutannya!

3. Bubur ase

5 Bubur Nasi yang Nikmat Banget Disantap Saat Cuaca Sedang Dingininstagram.com/dapoeroecoe

Keberadaannya mulai langka, bubur ase merupakan bubur nasi khas Betawi. Terdapat kerupuk merah muda sebagai ciri khas, bubur nasi yang nikmat disantap saat cuaca sedang dingin ini berpelengkap semur dan asinan taoge.

Bubur ase makin mantap dinikmati karena adanya kacang goreng dan ikan teri. Sederhana memang, tapi bubur nasi ini bergizi lho!

4. Bubur sambal tumpang

5 Bubur Nasi yang Nikmat Banget Disantap Saat Cuaca Sedang Dingininstagram.com/wendahnov

Bubur nasi yang ini populer di wilayah Jawa Tengah seperti Solo dan sekitarnya. Tumpang sendiri merupakan sambal yang terbuat dari tempe semangit tumbuk dan dimasak dengan santan dan bumbu.

Untuk membangkitkan selera makan, bubur sambal tumpang dapat dilengkapi bermacam topping seperti sayuran, daging, tahu, telur asin, atau telur pindang.

5. Bubur sambas

5 Bubur Nasi yang Nikmat Banget Disantap Saat Cuaca Sedang Dingininstagram.com/dapurmbaksar

Bubur pedas khas Kalimantan ini punya keunikan tersendiri yang wajib kamu ketahui. Pertama, bubur nasi ini tidaklah memiliki rasa begitu pedas seperti namanya. Keunikan kedua, beras yang digunakan untuk membuat bubur pedas disangrai hingga kecokelatan kemudian ditumbuk.

Keunikan tersebut disempurnakan dengan pelengkap berupa sayuran cincang, kacang goreng, ikan teri, dan kerupuk.

Bagaimana? Apakah bubur nasi khas Nusantara di atas berhasil bikin kamu ngiler? Saat cuaca sedang dingin, pilihan penghangat tubuh enggak melulu sup atau makanan berkuah lainnya. Bubur nasi pun tak kalah nikmat disajikan apalagi jika disantap bersama keluarga. Double kehangatan!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Bubur Ayam yang Perlu Kamu Tahu, Unik Banget!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya