Comscore Tracker

5 Dampak Buruk Kebanyakan Makan Berprotein, Bikin Tubuh Gak Nyaman!

Yang sedang diet protein, ini warning untukmu juga!

Di samping kelebihannya yang dapat memberi rasa kenyang lama sekaligus menambah energi, mengonsumsi makanan mengandung protein secara berlebihan nyatanya juga memberi dampak buruk yang bikin tubuh jadi gak nyaman.

Apa saja dampak buruk yang akan dirasakan tubuh ketika kebanyakan makan makanan  berprotein?

1. Napas menjadi bau

5 Dampak Buruk Kebanyakan Makan Berprotein, Bikin Tubuh Gak Nyaman!pexels.com/ROMAN ODINTSOV

Napas menjadi bau tidak hanya dampak buruk, tapi juga sebagai tanda bahwa kamu kelebihan mengonsumsi makanan mengandung protein. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Ketika kamu kebanyakan makan makanan berprotein, bakteri yang tumbuh di lidah mulai aktif dalam memecah protein. Saat proses itu berlangsung, protein yang terpecah dapat mengeluarkan gas bau, seperti melansir dari laman Eat This.

2. Diare

5 Dampak Buruk Kebanyakan Makan Berprotein, Bikin Tubuh Gak Nyaman!pexels.com/Madison Inouye

Menurut laman Healthline, kebanyakan mengonsumsi makanan mengandung protein dapat menyababkan kamu bolak-balik ke toilet disebabkan oleh diare. Hal tersebut bisa terjadi jika kamu tidak diimbanginya dengan mengonsumsi makanan berserat yang cukup atau intoleransi laktosa.

Baca Juga: 5 Fakta Whey Protein, Protein Terbaik untuk Tingkatkan Massa Otot

3. Suasana hatimu jadi buruk

5 Dampak Buruk Kebanyakan Makan Berprotein, Bikin Tubuh Gak Nyaman!pexels.com/Jenna Hamra

Makanan berprotein bikin tubuh jadi berenergi. Tapi jika berlebihan, justru bikin kamu dilanda bad mood alias suasana hati yang buruk, dan berlanjut tidak adanya gairah untuk beraktivitas.

Karena pada dasarnya, otak memerlukan pula gula dan karbohidrat agar berfungsi sebagaimana mestinya termasuk dalam mengatur suasana hati menjadi baik seperti melansir dari laman The Healthy.

4. Kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi

5 Dampak Buruk Kebanyakan Makan Berprotein, Bikin Tubuh Gak Nyaman!instagram.com/Valeria Boltneva

Makanan berprotein itu penting untuk tubuh. Namun ketika kita mengonsumsinya berlebihan, tanpa sadar dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. 

Melansir dari laman Healthline, setiap saat tubuh mengeluarkan nitrogen berlebihan bersama cairan dan air ketika mengonsumsi makanan berprotein. Tidak terasa haus memang, tapi lama kelamaan bikin tubuh lemas.

5. Menambah berat badan

5 Dampak Buruk Kebanyakan Makan Berprotein, Bikin Tubuh Gak Nyaman!pexels.com/Lukas

Maksud hati ingin berat badan berkurang karena diet protein. Karena berlebihan, malah bikin berat badan jadi bertambah. Kamu yang sedang menjalankan diet, gak mau kan?

Berlaku juga bagi kamu yang tidak menjalankan diet. Mengonsumsi makanan berprotein secara berlebihan bikin berat badan menjadi meningkat karena kalori pun ikut bertambah seperti dikutip dari laman Livestrong.

Bagaimana, benar-benar bikin tubuh gak nyaman kan lima dampak buruk tadi? Karena itu jangan berlebihan makan makanan mengandung protein, serta imbangi dengan makanan bergizi lainnya juga ya.

Baca Juga: 5 Bahan Protein Nabati yang Menggantikan Protein Hewani untuk Baking

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya