Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Jawa Timur yang Bisa Jadi Inspirasi Lauk Makan Siang

Semuanya mantap, rek!

Apakah kamu termasuk yang sering bingung dalam menentukan lauk makan siang? Padahal gak perlu bingung karena banyak kuliner Nusantara yang bisa dijadikan inspirasi lauk untuk makan siang.

Seperti lima kuliner khas Jawa Timur ini. Selain mudah, kuliner ini spesial banget di lidah jika dijadikan sebagai lauk untuk makan siang yang bikin semangat beraktivitas lagi. Yuk, kepoin!

1. Botok tempe

5 Kuliner Khas Jawa Timur yang Bisa Jadi Inspirasi Lauk Makan Sianginstagram.com/ endangmci94

Botok merupakan makan yang dimasak dengan cara dibungkus ke daun pisang dan dikukus. Bisa dibikin dengan bermacam bahan, salah satunya adalah tempe.

Racikan botok ini selain tempe ada kelapa parut, petai cina dan ikan teri yang dibumbui dengan bumbu botok seperti cabai, garam, bawang, dan kencur.

2. Uyah asem pitik

5 Kuliner Khas Jawa Timur yang Bisa Jadi Inspirasi Lauk Makan Sianginstagram.com/dapoerblirik

Dalam bahasa Indonesia, pitik memiliki arti ayam. Berkuah bening dengan rasa pedas-asam, uyah asem pitik segar banget disantap siang hari yang bikin keringat bercucuran.

Uyah asem pitik berbahan dasar ayam yang dimasak dengan cara direbus terlebih dahulu supaya daging empuk. Setelahnya, dimasukkan bumbu yang telah ditumis. Tak lupa, irisan belimbing wuluh yang memberi rasa asam.

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Jawa Timur yang Bikin Kangen,  Mana Favoritmu?

3. Otak-otak bandeng

5 Kuliner Khas Jawa Timur yang Bisa Jadi Inspirasi Lauk Makan Sianginstagram.com/otak2bandengresepmbahbuyut

Cara membuat otak-otak bandeng hampir serupa dengan satai bandeng khas Banten. Yang mana, daging bandeng dikeluarkan terlebih dahulu kemudian dihaluskan bersama bumbu dan dimasukkan kembali ke kulit ikan bandeng.

Perbedaannya, satai bandeng diberi tusukan lalu dipanggang. Otak-otak bandeng cukup dibalur dengan telur kemudian digoreng.

4. Orem-orem

5 Kuliner Khas Jawa Timur yang Bisa Jadi Inspirasi Lauk Makan Sianginstagram.com/rany_brea

Siang-siang menyantap makanan bersantan, kenapa tidak? Orem-orem menjadi pilihan yang tepat disajikan sebagai lauk untuk makan siang.

Orem-orem terbuat dari irisan tempe dan tahu yang dimasak bersama bumbu, gula merah dan santan. Telur bebek rebus dan taoge adalah pelengkap dari orem-orem supaya kelezatannya menjadi berkali lipat.

5. Belut pedas

5 Kuliner Khas Jawa Timur yang Bisa Jadi Inspirasi Lauk Makan Sianginstagram.com/ bassnana_kerang

Bosan makan daging atau ikan, belut pedas dapat dijadikan pilihan. Sebelum ditumis bersama bumbu seperti bawang, cabai, dan garam, belut dilumuri terlebih dahulu dengan garam dan perasan jeruk nipis. Setelahnya belut digoreng hingga matang.

Siang hari, makan nasi hangat dan belut pedas pasti nikmat banget! Apalagi jika ditambah dengan lalapan seperti timun, kubis, dan daun kemangi. Bikin gairah makan meningkat!

Itu tadi lima kuliner khas Jawa Timur yang bisa dijadikan inspirasi lauk untuk makan siang. Sudah gak bingung lagi kan? Pastikan jangan makan berlebihan yang nantinya bisa menyebabkan kamu mengantuk dan malas melanjutkan aktivitas setelah makan siang. 

Baca Juga: 10 Pantai di Jawa Timur yang Paling Angker, tetapi Menawan Banget!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya