Comscore Tracker

5 Manfaat dari Daun Swiss Chard, Sayuran Hijau dengan Tangkai Colorful

Selamat tinggal rambut rontok!

Menilik satu per satu, ternyata masih banyak sayuran hijau yang awam diketahui tapi memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Seperti swiss chard, misalnya.

Sayuran hijau ini masuk dalam keluarga chenopodioideae. Yang mana, golongan keluarga sayuran ini bagian dari tanaman bit dan bayam juga. Meski namanya mengandung unsur salah satu negara di Eropa yaitu Swiss, ternyata swiss chard berasal dari wilayah Mediterania.

Kira-kira, swiss chard punya manfaat apa saja bagi tubuh? Berikut, lima manfaatnya yang dikutip melalui laman Organic Facts.

1. Merawat kesehatan mata

5 Manfaat dari Daun Swiss Chard, Sayuran Hijau dengan Tangkai Colorfuldownshiftology.com

Di beberapa negara di Amerika Selatan, Portugal dan Spanyol, masyarakatnya memanfaatkan swiss chard sebagai olahan sehari-hari yang jadi pelengkap nasi atau sekedar salad. Karena sayuran hijau dengan tangkai colorful ini memiliki manfaat yang sama dengan wortel, yaitu merawat kesehatan mata.

Swiss chard memiliki banyak kandungan beta-karoten. Yang mana, senyawa kimia tersebut ampuh dalam merawat kesehatan indera penglihatan atau mata kita secara optimal, sehingga dapat membantu mengurangi dari degenerasi makula, glaukoma, kebutaan malam, dan permasalahan seputar masalah mata lainnya.

2. Menjaga rambut agar tetap sehat

5 Manfaat dari Daun Swiss Chard, Sayuran Hijau dengan Tangkai Colorfulthespruceeats.com

Biotin termasuk kandungan yang terdapat pada swiss chard dan punya jumlah yang cukup besar. Biotin sendiri adalah senyawa organik yang tidak hanya baik untuk kulit, mata, dan ginjal, tapi juga rambut. 

Nah, buat kalian yang punya masalah seputar rambut seperti rontok atau rambut kusut. Mengonsumsi swiss chard baik pula untuk menjaga kesehatan rambut dan menutrisinya dari dalam.

Baca Juga: 9 Bahan Makanan Ini Bisa Dijadikan Pengganti Daun Ketumbar, Lho!

3. Melancarkan sirkulasi darah ke seluruh organ penting tubuh

5 Manfaat dari Daun Swiss Chard, Sayuran Hijau dengan Tangkai Colorfulcookforyourlife.org

Selain berolahraga, mengonsumsi makanan yang dapat membantu melancarkan peredaran darah adalah hal yang mesti dilakukan supaya dapat menunjang kesehatan.

Karena sumber utama segala penyakit datang, salah satu faktornya disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar. Itulah kenapa, mengonsumsi swiss chard dapat menjadi pilihan.

Swiss chard mengandung zat besi dan tembaga yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenasi ke organ-organ penting pada tubuh.

4. Mengatur kadar gula darah agar tetap stabil

5 Manfaat dari Daun Swiss Chard, Sayuran Hijau dengan Tangkai Colorfulcookinglight.com

Sayuran hijau tidak hanya mengandung nutrisi baik bagi tubuh, tapi juga membantu dalam mengatur kadar gula pada tubuh. Hal tersebut berlaku pula dengan swiss chard, yang mana, sayuran ini dapat menghambat aktivitas enzim spesifik bernama alpha-glucosidase.

Jika aktivitas enzim tersebut terhambat, setiap kandungan karbohidrat yang masuk pada tubuh akan dipecah menjadi gula sesederhana mungkin agar kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil.

5. Menjaga kesehatan tulang

5 Manfaat dari Daun Swiss Chard, Sayuran Hijau dengan Tangkai Colorfultriedandsupplied.com

Di balik hijaunya daun swiss chard, ternyata sayuran ini mengandung kalsium yang cukup besar dan berguna sekali bagi kesehatan tulang. Makin berguna karena didukung pula oleh keberadaan magnesium dan vitamin K.

Manfaatnya memang tidak terasa cepat. Namun bila swiss chard dikonsumsi secara rutin, efeknya di kemudian hari akan menghindarkan kalian dari keropos tulang atau oesteoporosis ketika sudah usia.

Nah, itu tadi lima manfaat dari sayuran hijau swiss chard yang punya tangkai colorful. Selain manfaat, ternyata swiss chard dapat ditanam di semua jenis tanah lho! Jadi, gak ada salahnya untuk membeli benih swiss chard untuk ditanam di pekarangan rumah.

Baca Juga: 5 Daun Jenis Aromatik yang Sering Digunakan saat Memasak, Bikin Lezat!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya