Comscore Tracker

6 Kuliner Berbagai Provinsi di Pulau Jawa Ini Bisa Jadi Inspirasi Lauk

Sempurna banget rasanya jika bertemu nasi putih!

Bosan dengan lauk itu-itu saja tapi belum dapat ide mau memasak apa? Mungkin kuliner Nusantara dari berbagai provinsi di Pulau Jawa ini bisa jadi inspirasi lauk untuk keluarga.

Selain enak, enam kuliner ini memiliki cita rasa yang khas serta bikin seluruh anggota keluarga jadi kenyang bahagia. Mau tahu ada apa saja? Yuk, intip!

1. Rabeg, Banten 

6 Kuliner Berbagai Provinsi di Pulau Jawa Ini Bisa Jadi Inspirasi Laukinstagram.com/pawon_wonkkite

Rabeg berbahan dasar daging kambing. Jika kamu pantangan mengonsumsi daging merah yang itu, dapat menggantinya daging sapi. Melihatnya sekilas, rabeg hampir seperti semur namun identik memiliki rasa pedas.

Bukan hanya cabai, pedasnya rabeg juga didapat dari jahe sehingga menghasilkan pula aroma sedap yang mengetuk hidung.

2. Gabus pucung, DKI Jakarta 

6 Kuliner Berbagai Provinsi di Pulau Jawa Ini Bisa Jadi Inspirasi Laukinstagram.com/dapur_mamaalba

Jangan lihat penampilan karena bisa menipu! Karena pada kenyataannya, gabus pucung punya cita rasa khas yang menggugah selera makan meski berwarna gelap.

Sebelum berlabuh ke kuah hitam yang terbuat dari pucung atau banyak yang mengenalnya dengan sebutan kluwak, ikan gabus dimarinasi terlebih dahulu kemudian digoreng.

3. Soto kuning, Jawa Barat 

6 Kuliner Berbagai Provinsi di Pulau Jawa Ini Bisa Jadi Inspirasi Laukinstagram.com/sotokuning_bogor

Ingin yang berkuah-kuah untuk dijadikan sebagai lauk? Soto kuning, pilihannya. Menggunakan gurihnya santan sebagai kuah, soto kuning berbahan utama daging sapi dan tak jarang ditambahkan jeroan.

Bumbu soto kuning menggunakan beragam rempah. Kunyit adalah rempah pemeran utama yang membuat warna soto ini menjadi kuning. Irisan kentang dan tomat menjadi pelengkap kenikmatan soto kuning.

Baca Juga: 9 Lauk Kering yang Tahan Lama Tanpa Kulkas, Cocok untuk Anak Kos

4. Kelo mrico, Jawa Tengah 

6 Kuliner Berbagai Provinsi di Pulau Jawa Ini Bisa Jadi Inspirasi Laukinstagram.com/rizna_ayluv

Meski menjadikan ikan dukang atau sembilang, satu-satunya isi dari kelo mrico. Tidak mengurangi kenikmatannya yang bahkan bikin setiap anggota dari keluargamu kepengin nambah terus.

Kuliner ini sejenis sup ikan bening yang mempunyai rasa pedas dan asam. Kelo mrico mantap banget disantap selagi masih hangat.

5. Brongkos, Yogyakarta 

6 Kuliner Berbagai Provinsi di Pulau Jawa Ini Bisa Jadi Inspirasi Laukinstagram.com/wisatakuliner.id

Untuk membuat lezatnya brongkos, harus melalui tahap perebusan daging bersama bermacam daun supaya empuk dan beraroma wangi. Setelah itu, daging beserta pelengkapnya yaitu kulit melinjo, kacang tolo, tahu, dan telur dimasukkan ke tumisan bumbu yang diberi air kaldu.

Saat matang nikmati brongkos bersama nasi putih dengan menghadirkan renyahnya kerupuk.

6. Ayam lodho, Jawa Timur 

6 Kuliner Berbagai Provinsi di Pulau Jawa Ini Bisa Jadi Inspirasi Laukinstagram.com/ayamlodho_bumamik_winonggulun

Jika kuliner sebelumnya rata-rata berbahan dasar daging merah, lain hal dengan ayam lodho. Makin lezat lagi karena menggunakan ayam kampung. Ayam ini diolah dengan santan serta bermacam bumbu rempah serta cabai.

Ayam Lodho biasa disajikan dengan nasi uduk. Namun, jika kamu merasa sedikit ribet ketika harus menyiapkan nasi uduk. Nasi putih hangat pun jadi!

Itu tadi enam kuliner berbagai provinsi di Pulau Jawa yang bisa dijadikan sebaagai inspirasi lauk untuk makan keluarga. Rekomendasi yang ditawarkan cukup menantang untuk dibuat, bukan? Jangan lupa untuk membuatnya dengan porsi yang tepat supaya seluruh anggota keluarga dapat mencicipinya.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Daging Empal yang Rasanya Nikmat, Cocok Dijadikan Lauk!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya