Comscore Tracker

7 Kudapan Daerah yang Makin Nikmat Dikreasikan dengan Daun Pandan

Warna dan aromannya jadi makin menggugah jiwa ngemil!

Tidak hanya membuat makanan memiliki aroma sedap berciri khas, makanan yang diberi tambahan parutan atau pasta daun pandan, memunculkan warna hijau alami yang memikat mata.

Seperti tujuh kudapan berbagai daerah di Nusantara berikut ini yang makin nikmat dikreasikan dengan daun pandan.

1. Buroncong

7 Kudapan Daerah yang Makin Nikmat Dikreasikan dengan Daun Pandaninstagram.com/donatsby

Manisnya buroncong makin nikmat lagi bila dikreasikan dengan daun pandan. Kudapan ini tak lain adalah kue pukis khas Makassar yang berbahan dasar tepung terigu, tepung maizena, dan santan.

Kue buroncong versi biasa terkadang menambahkan simpul daun pandan sebagai pemanis penampilan. Tak ada salahnya mencoba daun pandan sebagai pewarna.

2. Tepung gomak

7 Kudapan Daerah yang Makin Nikmat Dikreasikan dengan Daun Pandaninstagram.com/babyq.favors

Saking legitnya kue ini, perlu tenaga ekstra saat mengunyahnya. Setibanya di ruang mulut, kue tepung gomak laksana kudapan pelipur hati yang nikmatnya mengubah suasana hati.

Kue tepung gomak berbahan dasar tepung ketan. Kudapan ini punya isi yang terbuat dari kelapa parut dan gula merah. Setelah jadi, kue tepung gomak dibaluri dengan kacang hijau halus.

Supaya menggoda, beri tambahan daun pandan sebagai pewarna alami pada kue tepung gomak.

3. Yet yet

7 Kudapan Daerah yang Makin Nikmat Dikreasikan dengan Daun Pandaninstagram.com/novipurfrida

Kudapan yang kenyalnya ambyar di lidah ini merupakan kue asal Bangka. Umumnya dibikin dari gula merah sehingga menghasilkan warna cokelat yang cerah. Yet yet bisa dikreasikan dengan daun pandan, yang bikin selera ngemil kamu naik dua kali lipat!

Yet yet berbahan dasar tepung sagu, tepung terigu, air kapur sirih dan santan. Sebelum berakhir di mulut, yet yet disajikan dengan taburan kelapa parut.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Daun Pandan, Harum dan Lezat!

4. Bika ambon

7 Kudapan Daerah yang Makin Nikmat Dikreasikan dengan Daun Pandaninstagram.com/cemilan_kue_enak

Teman pendamping minum kopi ini terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, telur, dan santan. Bika ambon juga bisa disajikan dengan warna hijau yang berasal dari daun pandan, lho!

Apakah keberadaan daun pandan akan mengganggu rasa? Tidak, justru bikin kudapan asal Medan ini makin sedap untuk disantap. Gak percaya, cobain deh!

5. Puracit banjar

7 Kudapan Daerah yang Makin Nikmat Dikreasikan dengan Daun Pandaninstagram.com/yoenitaa

Ciri khas kudapan asal Kalimantan Selatan ini yaitu memiliki kuah yang terbuat dari buah srikaya. Puracit banjar merupakan kue putu mayang khas Banjar, hanya saja berbeda kuah.

Berbahan dasar tepung beras, puracit banjar dapat dikreasikan dengan menggunakan daun pandan. Percayalah, warnanya yang cerah serta aroma yang sedap semakin membuatmu tak sabaran untuk mencicipinya.

6. Kue cucur

7 Kudapan Daerah yang Makin Nikmat Dikreasikan dengan Daun Pandaninstagram.com/dtndy

Kue berbentuk lebar serta memiliki teskstur berkerut ini dikenal juga dengan nama kue cucur. Rasanya makin nikmat dikreasikan dengan daun pandan.

Tepung terigu, tepung beras, dan gula adalah bahan dasar dari pembuatan kue cucur yang nikmat. Apakah kamu pernah mencoba kue cucur daun pandan?

7. Nagasari

7 Kudapan Daerah yang Makin Nikmat Dikreasikan dengan Daun Pandaninstagram.com/astuti_arsyil

Dimasak dengan cara dibungkus daun pisang, kemudian dikukus, nagasari juga termasuk kue yang nikmat juga disajikan menggunakan daun pandan sehingga lapisan yang terbuat dari tepung beras memiliki warna hijau menggugah selera.

Bagaimana, tertarik untuk mengkreasikan tujuh kue tadi dengan daun pandan? Buruan bikin dan buktikan lezatnya setelah dikreasikan dengan daun pandan. Mengutip informasi dari Modest Pie, daun pandan memiliki khasiat dalam meningkatkan stamina tubuh, lho!

Baca Juga: 5 Kue Keluarga Khas Nusantara yang Siap Menemani Selama Liburan, Enak!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya