Comscore Tracker

7 Kuliner Colek Saus Ini Bikin Kamu Gigit Jari Ketika Habis, Enak Sih!

Mencicipinya sekali gak akan cukup!

Sebatas ngemil saja, kurang lengkap bagi orang Indonesia jika lidahnya tidak mencicip rasa pedas. Karena itulah, cabai rawit dan saus menjadi solusi untuk melengkapinya.

Jika gorengan seperti tahu, tempe atau bala-bala makin nikmat disantap bersama kehadiran cabai rawit, maka 7 kuliner khas Nusantara yang akan disebutkan ini lebih enak dicolekkan ke saus. Saking enaknya, bisa bikin kamu gigit jari saat kehabisan! Ada apa saja, ya?

1. Ragit

7 Kuliner Colek Saus Ini Bikin Kamu Gigit Jari Ketika Habis, Enak Sih!instagram.com/dapurgaisan

Ragit atau roti jala merupakan kuliner colek saus yang populer di Sumatera. Meski sederhana, roti yang berbahan dasar tepung terigu dan telur ini bisa menghempaskan rasa lapar.

Ragit mempunyai dua macam saus, saus kari bagi pecinta rasa gurih. Sedangkan kamu yang menyukai saus manis, ragit disandingkan dengan saus durian. Umumnya memang disiram, tapi tak sedikit orang menikmati ragit dengan dicolekkan ke saus supaya tekstur rotinya masih terasa.

2. Kemplang

7 Kuliner Colek Saus Ini Bikin Kamu Gigit Jari Ketika Habis, Enak Sih!instagram.com/kemplangpempekkulit

Mudah dijumpai sebagai oleh-oleh daerah, terutama ketika kamu berkunjung ke Sumatera. Kempang adalah kuliner gurih yang berbahan utama ikan dan tepung tapioka.

Kemplang dilengkapi saus sambal yang terbuat dari cabai, gula, garam, dan asam jawa. Tekstur sambal yang padat, pas sekali dengan renyahnya kemplang.

3. Chai kwe

7 Kuliner Colek Saus Ini Bikin Kamu Gigit Jari Ketika Habis, Enak Sih!instagram.com/anakjajan

Pangsit khas Pontianak, ini enak juga disantap dengan mencolekkannya ke saus. Saus dari chai kwe sendiri biasanya terbuat dari campuran cabai, terasi, dan cuka.

Kuliner colek saus ini terbuat dari tepung beras dengan isi berupa bengkuang dan wortel parut berbumbu. Chai kwe juga dimasak dengan cara dikukus.

Baca Juga: 7 Resep Camilan Simpel dari Mi Instan ala Chef Yummy, Enak dan Murah!

4. Cilok

7 Kuliner Colek Saus Ini Bikin Kamu Gigit Jari Ketika Habis, Enak Sih!tokopedia.com

Bulat dan legit, cilok termasuk kuliner colek saus yang banyak disukai bukan hanya kalangan anak-anak saja. Orang dewasa pun lupa diri jika sudah menyantapnya banyak.

Terbuat dari tepung kanji, tepung terigu dan bumbu, cilok dilengkapi dengan saus kacang pedas. Supaya makin nampol, tambah cilok dengan isi sesuai selera.

5. Sempol ayam 

7 Kuliner Colek Saus Ini Bikin Kamu Gigit Jari Ketika Habis, Enak Sih!instagram.com/lil.plate

Siapa sih yang gak ketagihan ketika disodori makanan bertusuk ini? Sempol ayam yang gurih juga kurang mantap jika dinikmati tanpa saus. Makanan terbuat dari daging ayam cincang yang dicelup ke telur sebelum digoreng ini biasanya dilengkapi dengan saus tomat atau saus sambal.

6. Martabak telur 

7 Kuliner Colek Saus Ini Bikin Kamu Gigit Jari Ketika Habis, Enak Sih!martabakorins.com

Martabak telur memiliki saus pelengkap yang terbuat dari gula merah, cuka serta irisan wortel, timun dan cabai rawit. Sebab itulah, makanan berbahan dasar telur, daun bawang, dan daging cincang ini masuk dalam kuliner colek saus.

Malam hari adalah waktu terbaik untuk menikmati martabak telur bersama keluarga sembari menyaksikan acara televisi kesukaan.

7. Rujak cireng 

7 Kuliner Colek Saus Ini Bikin Kamu Gigit Jari Ketika Habis, Enak Sih!instagram.com/cirengcrispi

Aci digoreng atau yang disingkat dengan nama cireng, salah satu kuliner khas Sunda yang sekarang namanya cukup melejit sebagai camilan keluarga di rumah. Cireng makin nikmat disantap dengan mencolekkannya ke saus rujak. Saus yang terbuat dari kacang tanah, cabai dan gula merah.

Karena berbahan dasar aci atau tepung kanji, rujak cireng nikmat dikunyah selagi masih hangat. Teksturnya masih renyah dan bikin lidah ketagihan.

Setuju kan karena saking enaknya, tujuh kuliner colek saus yang telah disebutkan tadi bikin gigit jari ketika telah habis sehingga pengin menikmatinya lagi dan lagi. Dari kuliner colek saus di atas, mana nih yang kamu sukai? Tulis di kolom komentar, ya.

Baca Juga: Resep Membuat Keripik Tahu, Camilan Renyah Penghilang Rasa Bosan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya