Comscore Tracker

7 Kuliner Khas Gorontalo Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Akhir Pekan

Makan besar atau ngemil, semuanya mudah dibuat #LokalIDN

Akhir pekan waktu yang dinanti-nanti kan banyak orang agar dapat beristirahat setelah seminggu lelah dalam berbagai rutinitas. Supaya akhir pekanmu menyenangkan, memanjakan lidah dengan makanan lezat nan berbeda bisa menghibur diri lho!

Maka dari itu, berikut adalah tujuh rekomendasi kuliner khas Gorontalo yang bisa jadi inspirasi menu akhir pekan. Yuk, buat!

1. Binte biluhuta

7 Kuliner Khas Gorontalo Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Akhir Pekaninstagram.com/binte_olamita

Pagi hari sebelum memulai berbagai aktivitas akhir pekan yang telah dijadwalkan, menikmati hangatnya binte biluhuta sebagai sarapan pagi bikin kamu bersemangat mengawali hari.

Binte biluhuta tak lain adalah sup yang terbuat dari jagung dan biasanya dilengkapi dengan udang. Untuk menunjang aroma sedap, binte biluhuta diberi irisan daun kemangi.

2. Kue sabongi

7 Kuliner Khas Gorontalo Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Akhir Pekancookpad.com/Ummu Najwa SBY

Supaya perut tidak keroncongan selama menjalankan aktivitas akhir pekan, menyediakan kue sabongi adalah pilihan yang tepat.

Kue yang dimasak dengan cara digoreng ini masih bersaudara dengan misro. Kok bisa? Iya, karena kue sabongi berbahan utama singkong yang diparut kemudian diberi isi berupa pisang yang diiris kecil-kecil.

3. Es brenebon

7 Kuliner Khas Gorontalo Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Akhir Pekaninstagram.com/ balanga.dapurmanado

Menjelang siang, menikmati es brenebon pasti amat menyegarkan. Es brenebon bisa dibilang patbingsu ala Gorontalo karena es segar nan menghibur lidah ini terbuat dari kacang merah dan es serut.

Es brenebon memilih gula dan susu sebagai pemanis rasanya. Kehadiran daun pandan juga mendukung kenikmatan serta aroma es brenebon yang makin menggugah selera.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Gorontalo yang Unik, Rekomendasi Kulineran Enak

4. Bilenthango

7 Kuliner Khas Gorontalo Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Akhir Pekanksmtour.com

Kepengin makan siang dengan menu sederhana tapi bikin lidah terkesan? Nikmatilah nasi putih hangat ditemani lauk berupa bilenthango. Kuliner ini berupa ikan goreng.

Tak sembarang ikan goreng! Ikan yang umumnya dipilih untuk dibuat bilenthango dibelah menjadi dua melebar kemudian digoreng bersama bumbu pada bagian atas serta daun pisang.

5. Kue popolulu

7 Kuliner Khas Gorontalo Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Akhir Pekankuali.com

Sore hari nikmat banget merasakan afternoon tea ditemani dengan camilan lokal berupa kue popolulu. Punya bentuk bulat-bulat mungil, kue popolulu terbuat dari ubi yang telah dikukus kemudian dilembutkan.

Bahan tambahan untuk pemberi rasa kue popolulu adalah gula merah. Sebelum digoreng, balut adonan dengan tepung.

6. Satai tuna

7 Kuliner Khas Gorontalo Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Akhir Pekaneatthis.com

Menjelang atau saat malam tiba, menyajikan satai tuna bikin akhir pekan kamu terasa sempurna. Satai yang berisi ikan tuna yang dipotong dadu tidak hanya memanjakan dengan kenikmatan, tapi juga kaya akan manfaat kesehatan.

Untuk bumbu dapat disesuaikan dengan selera. Namun, banyak saran menikmati satai tuna dengan menggunakan bumbu kecap.

7. Saraba

7 Kuliner Khas Gorontalo Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Akhir Pekaninstagram.com/ rosmayanti4971

Tak ada salahnya menghadirkan secangkir saraba sebagai minuman penghangat jiwa di malam hari. Saraba terbuat dari jahe beserta teman-temannya seperti santan, cengkih, kayu manis, dan gula merah.

Kaya rempah, saraba bikin tubuh menjadi bugar serta menyehatkan bagi sistem pencernaan. Jangan lupa untuk memberi daun pandan pada saraba yang kamu buat, ya!

Itu tadi tujuh kuliner khas Gorontalo yang bisa jadi inspirasi menu akhir pekan seharian supaya lebih bervariasi dari sebelumnya. Beri tahu orang terdekatmu rekomendasi kuliner di atas tadi ya supaya akhir pekanmu nanti tidak kebingungan mau memasak apa.

Baca Juga: 5 Wisata Alam Laut di Gorontalo yang Lagi Hits dan Wajib Kamu Kunjungi

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya