Comscore Tracker

7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidah

Banyak pilihan, banyak rasa!

Ayam betutu merupakan salah satu kuliner non vegetarian khas Bali yang namanya cukup terkenal seantero Indonesia bahkan mancanegara. Hal yang membedakan ayam betutu dengan olahan ayam khas Nusantara lainnya adalah teknik masaknya di mana ayam utuh disekam ke dalam tanah dalam waktu yang cukup panjang.

Kuliner non vegetarian khas Bali tidak hanya ayam betutu saja, lho. Kamu dapat mencicipi juga tujuh kuliner berikut ini yang sedapnya ambayar di lidah!

Wah, ada kuliner apa saja ya?

1. Satai kakul

7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidahinstagram.com/warungsatekakul

Bukan daging ayam atau kambing, satai yang populer di wilayah Ubud ini terbuat dari siput atau keong sawah. Meski tekstur daging siput cukup kenyal saat dikunyah, dijamin rasanya bisa bikin penikmatnya ketagihan!

Satai kakul umumnya diracik dengan bumbu merah seperti bumbu ikan bakar. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu dapat menikmati satai kakul bumbu kacang. Baik dinikmati sebagai makanan ringan atau dimakan bersama nasi, satai kakul tetaplah nikmat. 

2. Siobak khe lok

7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidahinstagram.com/dedi_kristiana

Selain babi guling, ada kuliner olahan babi yang cukup sederhana tapi enak untuk disantap yaitu siobak khe lok. Kuliner non vegetarian yang ini populer di wilayah Buleleng dan merupakan makanan alkuturasi dari budaya Tiongkok.

Sepiring siobak khe lok berisi bermacam komposisi yang berasal dari babi. Mulai dari daging, jeroan, hingga lemak babi yang kemudian diguyur dengan saus racikan terbuat dari tauco, ngo hiang, dan tepung.

3. Tum ayam

7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidahinstagram.com/warungkayumanisbali

Tum ayam sejenis pepes khas Bali yang terbuat dari daging ayam. Bukan sembarang pepes karena tum ayam diracik dengan beraneka ragam bumbu rempah serta mempunyai rasa sedikit pedas.

Tum ayam dapat dijadikan sebagai lauk pendamping nasi yang praktis serta dapat dimakan di mana saja. Tertarik mencoba?

4. Satai plecing

7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidahinstagram.com/sateplecingkusuma

Bumbu sambal jadi sesuatu yang membedakan satai plecing dengan lainnya karena bukan terbuat dari kacang. Tomat, kemiri, terasi dan bawang putih, beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat bumbu satai plecing.

Satai yang nikmat banget dikunyah bersama irisan lontong, ini dapat dibuat dengan bermacam jenis daging. Bisa daging ayam, babi, maupun sapi.

5. Be pasih mesambel matah

7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidahkintamani.id

Namanya cukup panjang memang, sepanjang kelezatannya yang tidak berakhir hingga kunyahan terakhir. Berbeda dari sebelumnya, be pasih mesambal matah dibuat dari ikan laut yang dapat ditentukan jenisnya sesuai selera. Bisa ikan tongkol, ikan tenggiri atau ikan kakap.

Ikan disajikan dalam keadaan dibakar hingga matang merata kemudian disajikan ke piring dengan diguyur oleh sambal matah. Be pasih mesambel matah enak banget disantap dengan nasi hangat, serta dinikmati beramai-ramai bareng keluarga.

6. Mujair nyat nyat

7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidahinstagram.com/ mujair_nyatnyat.tabanan

Selain be pasih mesambal mentah, kuliner olahan ikan khas Bali yang mesti banget untuk kamu cicipi adalah mujair nyat nyat. Kuliner non vegetarian yang cocok dijodohkan dengan nasi ini cukup populer di daerah Kintamani.

Mujair nyat nyat sendiri terbuat dari ikan goreng yang kemudian ditumis dengan bumbu rempah. Bagi kamu yang doyan banget dengan kuliner Nusantara kaya rempah, mujair nyat nyat pilihan yang tepat.

7. Satai lilit

7 Kuliner Non Vegetarian Khas Bali yang Sedapnya Ambyar di Lidahinstagram.com/wr.siapbarak

Satai lilit merupakan kuliner ciri khas Pulau Dewata yang terbuat dari daging cincang. Lagi-lagi, satai lilit memberimu pilihan bahan baku karena dapat dibuat dari daging babi, ayam, sapi, hingga ikan.

Keunikan yang dimiliki satai lilit selain bentuknya yaitu media tusuk satai ini yang menggunakan batang daun serai, meski kini kamu dapat menjumpai satai lilit ditusukkan pada bambu berbentuk pipih.

Wah, semuanya kuliner non vegetarian yang disebutkan tadi cukup bikin air liur menetes ya! Banyak pilihan, bukan? Cuma #DiIndonesiaAja kamu dapat menikmati beragam olahan non vegetarian yang bikin bingung memilih karena memang #WonderfulIndonesia 

#WonderfulIndonesia memang menyimpan sejuta pesona. Hanya #DiIndonesiaAja kamu bisa menemukan beragam destinasi menarik, kuliner eksotik, dan pengalaman liburan unik. Untuk informasi wisata Indonesia lainnya, kamu bisa klik https://www.indonesia.travel

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya