Comscore Tracker

8 Olahan Enak yang Mendukung Mata Melawan Jahatnya Radiasi Monitor

Variasi olahan sehat ala kuliner lokal

Bagi kalian yang melakukan tugas dengan menggunakan perangkat keras seperti laptop atau komputer, mata adalah bagian utama pada tubuh yang berjuang untuk melawan jahatnya radiasi monitor.

Maka dari itu, penting bagi kalian untuk menyeimbangkannya dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata. Nah, berikut ini ada delapan olahan lezat yang mengandung unsur makanan sehat untuk mata.

1. Sayur bayam jagung

8 Olahan Enak yang Mendukung Mata Melawan Jahatnya Radiasi Monitorcookpad.com/Winda Astuti

Berkuah bening, sayur bayam jagung termasuk olahan bayam yang umum dibuat dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia karena terbilang praktis serta sederhana.

Meski sederhana, sayuran hijau ini mengandung zeaxanthin dan lutein. Kedua zat ini memainkan peran dalam penyaringan cahaya biru (silau dari layar ponsel atau komputer), serta mengoptimalkan aliran darah yang kaya ke mata, seperti dikutip dari laman Irisvision.

2. Rica-rica ikan makarel

8 Olahan Enak yang Mendukung Mata Melawan Jahatnya Radiasi Monitorcookpad.com/Fanny's Kitchen

Makarel termasuk bagian dari keluarga ikan kaya asam lemak omega-3 yang dapat melindungi mata dari risiko katarak, sindrom mata kering dan degenerasi makula seperti dikutip dari laman Fashion Eye.

Karena ikan ini mudah dijangkau dari segi harga dan lain-lain, tidak ada salahnya memilih makarel untuk diolah menjadi rica-rica. Perpaduan rasa gurih pedas yang menyelinap di setiap lapisan daging ikan serta pertemuan dengan nasi putih hangat, dijamin bikin kalian nambah berulang kali!

3. Sapi lada hitam

8 Olahan Enak yang Mendukung Mata Melawan Jahatnya Radiasi Monitorseriouseats.com

Dikutip melalui laman Irisvision, seng adalah mineral penting yang ditemukan secara alami dalam daging sapi yang dikenal untuk membantu tubuh menyerap vitamin A dengan baik serta meminimalkan risiko AMD lanjutan.

Sapi lada hitam, salah satu olahan sapi yang enak banget dijadikan sebagai lauk di segala waktu. Punya rasa gurih, pedas, dan manis, sapi lada hitam biasanya dimasak dengan menambahkan potongan paprika supaya makin sedap.

Fyi, paprika termasuk makanan baik untuk mata lho! Paprika mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan mata termasuk vitamin E, beta karoten, lutein, dan zeaxanthin.

4. Jus jeruk murni

8 Olahan Enak yang Mendukung Mata Melawan Jahatnya Radiasi Monitorslashgear.com

Selain menyantap langsung usai mengupas kulitnya, kalian dapat pula mengolah jeruk menjadi minuman segar yaitu jus jeruk murni tanpa menambahkan air, gula, dan apa pun.

Gak cuma vitamin A, jeruk juga mengandung vitamin C yang berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan pada pembuluh darah mata sehingga memerangi katarak serta permasalahan seputar mata lainnya.

Baca Juga: 7 Gejala Mata Kering Kronis yang Sering Diabaikan, Apa Saja?

5. Telur dadar Padang

8 Olahan Enak yang Mendukung Mata Melawan Jahatnya Radiasi Monitorcookpad.com/amrii_g2

Identik dengan teksturnya yang tebal dengan beragam bahan tambahan seperti kelapa parut dan tepung, serta pelengkap berupa irisan daun bawang, menikmati seporsi telur dadar padang dengan olesan saus sambal cukup nampol juga di perut.

Dikutip dari laman Healthline, telur terutama pada bagian kuningnya mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan seng, yang mana semuanya penting untuk kesehatan mata.

6. Talam ubi

8 Olahan Enak yang Mendukung Mata Melawan Jahatnya Radiasi Monitorcookpad.com/Bunda ASHFIE

Talam ubi dapat dipilih sebagai camilan sambilan ketika mengerjakan tugas atau pekerjaan di depan layar monitor. Legit manisnya kudapan ini juga cukup bikin perut kenyang.

Ubi termasuk sumber beta karoten yang baik. Nantinya tubuh akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A, nutrisi yang membantu mencegah mata kering dan kebutaan malam.

Beta karoten dan vitamin A juga dapat membantu mengurangi risiko infeksi mata seperti dikutip dari Eatright.

7. Tumis brokoli wortel

8 Olahan Enak yang Mendukung Mata Melawan Jahatnya Radiasi Monitorsavorynature.com

Brokoli dan wortel adalah makanan baik untuk kesehatan mata yang tak terbantahkan lagi fungsinya. Dikutip dari Insight Vision Center, keduanya dikemas dengan antioksidan dan karoten yang bertindak sebagai pigmen pelindung di bagian belakang mata supaya mata tidak kekurangan vitamin B2 yang dapat menyebabkan mata lelah hingga peradangan akibat cahaya.

Menggabungkannya menjadi tumis brokoli dan wortel menjadi pilihan tepat untuk sajian sehat murah meriah di rumah.

8. Air guraka

8 Olahan Enak yang Mendukung Mata Melawan Jahatnya Radiasi Monitormerahputih.com

Dikutip dari Medical News Today, kacang-kacang kaya akan asam lemak omega-3. Kacang-kacangan juga mengandung vitamin E yang dapat melindungi mata dari kerusakan.

Begitu pula dengan minuman bernama air guraka yang berasal dari Maluku ini. Tak hanya bikin tubuh jadi fit, tapi menyehatkan mata karena terdapat tambahan kacang kenari.

Nah, itu tadi delapan olahan enak yang mengandung unsur makanan sehat untuk mata. Semuanya mendukung mata dalam melawan jahatnya radiasi monitor yang menyebabkan mata lelah hingga katarak.

Baca Juga: 9 Penyebab Lingkar Mata Hitam, Bukan Cuma karena Kamu Kurang Tidur

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya