Comscore Tracker

5 Bubur Gurih Cita Rasa Lokal yang Bisa Dipilih untuk Hidangan Berbuka

Lezat dan menghangatkan jiwa #LokalIDN

Bubur jagung, bubur kampiun, hingga bubur sumsum adalah eretan bubur dengan rasa manis yang sering dipilih sebagai hidangan untuk berbuka puasa.

Padahal, buka puasa gak harus menikmati bubur manis lho! Karena lima bubur lokal bercita rasa gurih ini bisa dipingit sebagai hidangan berbuka.

Tidak hanya berciri khas, bubur ini juga mengenyangkan. Apakah ada bubur gurih kesukaanmu di bawah ini?

1. Bubur sop Cirebon

5 Bubur Gurih Cita Rasa Lokal yang Bisa Dipilih untuk Hidangan Berbukainstagram.com/foodsurvivorr

Tidak cuma bubur ayam, Cirebon punya bubur gurih yang mesti dicoba yakni bubur sop. Bubur ini mempunyai isi layaknya bubur ayam tapi dipadukan dengan isi umumnya sup seperti kol, soun, dan tomat. Tak hanya isi, bubur sup juga dibasahi dengan kuah sup nan gurih.

2. Bubur suro

5 Bubur Gurih Cita Rasa Lokal yang Bisa Dipilih untuk Hidangan Berbukainstagram.com/ asrisaputra1122

Gak harus nunggu Tahun Baru Islam untuk menikmati bubur suro. Karena bubur identik berwarna kuning ini dapat dibuat kapan pun termasuk saat Ramadan. Bubur suro memiliki topping kacang goreng, telur rawis, dan perkedel.

Bubur ini diguyur dengan sayur bersantan layaknya opor terbuat dari kari dan rempah-rempah, disertai pula dengan irisan daging dan tahu.

Baca Juga: Resep Bubur Kacang Hijau Biji Salak yang Menggugah Selera, Enak!

3. Bubur kanji rumba 

5 Bubur Gurih Cita Rasa Lokal yang Bisa Dipilih untuk Hidangan Berbukainstagram.com/aishareefa

Ciri khas dari bubur kanji rumbi yaitu diolah dengan minyak samin sehingga tekstur dan rasanya cukup berbeda bila dibandingkan dengan bubur nasi pada umumnya. Bubur kanji rumbi mengandalkan banyak rempah-rempah dalam pembuatannya.

Bubur asal Aceh ini juga mengandalkan kaldu serta daging ayam yang menambah kenikmatannya. Keberadaan rempah seperti serai membuat bubur jadi harum dan lebih menggoda.

4. Bubur lemu 

5 Bubur Gurih Cita Rasa Lokal yang Bisa Dipilih untuk Hidangan Berbukainstagram.com/ bakulan.ibuk

Bubur lemu tak lain adalah bubur nasi layaknya bubur ayam. Hanya saja, bubur yang cukup populer di Jawa ini dihidangkan sayur krecek (kulit sapi) dengan telur dan tahu. Kuahnya gurih dan sedikit pedas, bikin siapa pun penikmatnya makin bergairah untuk menghabiskannya.

5. Bubur barobbo 

5 Bubur Gurih Cita Rasa Lokal yang Bisa Dipilih untuk Hidangan Berbukainstagram.com/ mitta_arfita

Di Sulawesi Selatan, bubur barobbo memanglah kuliner untuk berbuka puasa. Bubur gurih ini menyertakan jagung yang telah disisir ke dalam proses pengolahannya. Selain jagung, ada pula sayur hijau seperti kangkung dan udang yang melengkapi kenikmatannya.

Sekilas mirip dengan bubur tinutuan, bubur barobbo menggunakan bubur yang lebih sederhana seperti bawang serta merica. Bubur ini juga identik dengan perkedel jagung dan disajikan bersama sambal.

Supaya hidangan berbuka puasa selama Ramadan lebih bervariasi, tidak ada salahnya untuk menghadirkan salah satu dari lima bubur bercita rasa gurih di atas sebagai hidangan berbuka. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Trivia Khao Tom, Bubur Nasi Thailand yang Mirip Bubur Ayam Indonesia

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya