Comscore Tracker

7 Camilan Enak Nusantara dari Berbagai Jenis Tepung yang Mudah Dibuat

Sederhana tapi bikin lidah ketagihan, lho! #LokalIDN

Cimol adalah salah satu contoh camilan Nusantara yang terbuat dari tepung terigu dan tepung tapioka. Meski bermodal tepung, cimol bikin lupa diri sehingga buat kamu ngemil terus. Apalagi bila cimol dipertemukan dengan bumbu bubuk berbagai rasa.

Kenikmatan camilan Nusantara bermodal tepung tak berhenti pada cimol saja. Kamu mesti coba juga tujuh camilan yang mudah dibuat berikut ini.

1. Pempek sambal

7 Camilan Enak Nusantara dari Berbagai Jenis Tepung yang Mudah Dibuatinstagram.com/pempeksambalbicik

Penggila makanan pedas, pempek sambal cocok dipinang sebagai camilan saat santai. Populer di Jambi, pempek sambal tidak mengandung unsur ikan sama sekali seperti pempek khas Palembang karena hanya terbuat dari tepung terigu, tepung sagu, dan bumbu.

Sekilas penampilan pempek sambal seperti jengkol balado karena bentuknya bulat pipih berselimutkan sambal. Supaya sedap dan memengaruhi aroma, tambahkan adonan dengan irisan daun bawang.

2. Kaloci

7 Camilan Enak Nusantara dari Berbagai Jenis Tepung yang Mudah Dibuatinstagram.com/kalociptk_mrln

Kaloci adalah camilan dari tepung yang populer di Kalimantan. Camilan ini serupa dengan mochi namun identik dengan taburan kacang tumbuk. Teksturnya kenyal, kaloci terbuat dari tepung ketan yang dikukus setelah dikombinasikan dengan bahan lainnya.

 

3. Kambing-kambing pottele

7 Camilan Enak Nusantara dari Berbagai Jenis Tepung yang Mudah Dibuatinstagram.com/chubbychan_chubbychan

Meskipun namanya mengandung unsur kambing, camilan asal Sulawesi ini terbuat dari tepung. Tepatnya menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama. Kenikmatan kambing-kambing pottele disempurnakan dengan kehadiran telur serta susu.

Dimasak dengan cara digoreng, kambing-kambing pottele biasanya disajikan dengan dilengkapi dengan saus. Termasuk camilan gurih, kambing-kambing pottele nikmat disantap bersama secangkir teh.

4. Kenyol

7 Camilan Enak Nusantara dari Berbagai Jenis Tepung yang Mudah Dibuatinstagram.com/eva_12407

Kenyol adalah sebutan cilok di Banyumas. Masyarakat Jawa di daerah lain mengenalnya juga dengan sebutan pentol ojek. Camilan ini terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, dan bumbu. 

Penyajiannya dalam bentuk bulat, kenyol tidak hanya dapat disajikan dengan bumbu kacang saja. Dicolekkan ke saus cabai atau dicampur bersama sambal juga enak, lho!

Baca Juga: 5 Camilan Jadul dengan Isian Pisang yang Manis Legit, Enaknya Juara

5. Rujak cireng

7 Camilan Enak Nusantara dari Berbagai Jenis Tepung yang Mudah Dibuatinstagram.com/cirengcrispi

Supaya tidak monoton, kini cireng bisa diduetkan dengan sambal rujak lho! Gurihnya camilan yang terbuat dari tepung kanji ini berjodoh sekali dengan sambal yang punya cita rasa pedas manis tersebut.

6. Geblek

7 Camilan Enak Nusantara dari Berbagai Jenis Tepung yang Mudah Dibuatinstagram.com/geblek_anisa_purworejo

Berbentuk angka delapan, geblek terbuat dari tepung tapioka dan tepung terigu. Sekilas mirip denan cireng, geblek melalui tahapan adonan dikukus terlebih dahulu sebelum digoreng.

Geblek yang populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini dapat disajikan dengan saus cabai atau bumbu kacang.

7. Gemblong

7 Camilan Enak Nusantara dari Berbagai Jenis Tepung yang Mudah Dibuatiinstagram.com/gemblong.manise

Berlapiskan manisnya gula karamel, gemblong yang merupakan camilan khas Sunda ini juga bermodalkan tepung ketan dan tepung kanji yang dicampur bersama bahan lainnya seperti kelapa parut serta santan.

Meski teksturnya cukup lengket saat digigit, camilan dari tepung ini nikmat banget jadi kudapan kala santai sembari menikmati kopi hangat.

Wah, lengkap ya! Dari camilan dari ragam tepung dengan rasa manis atau gurih, semuanya ada. Tujuh camilan dari berbagai jenis tepung tadi mudah banget dibuat dan dijadikan sebagai kudapan saat santai di rumah. Jangan lupa menyajikannya bersama secangkir teh atau kopi, ya.

Baca Juga: 5 Camilan Serba Tahu Jawa Timur Ini Bikin Kamu Betah Ngemil, Enak Sih!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya