Comscore Tracker

5 Es Nusantara yang Menyertakan Ketan Hitam sebagai Isi, Tambah Enak!

Nikmat banget nih diminum siang hari #LokalIDN

Jaje injin, getas, lamang tapai, hingga songkolo adalah deretan kuliner khas Indonesia yang terbuat dari ketan hitam. Bahan makanan ini juga sering banget dipilih sebagai bahan dasar pembuatan kue karena rasanya yang khas dan penampilannya yang dihasilkan juga menarik perhatian.

Tapi tahu tidak, ketan hitam gak melulu berakhir jadi kue atau pendamping bubur kacang hijau saja lho! Karena lima es Nusantara berikut ini menyertakan ketan hitam sebagai isiannya. Pernah coba?

1. Es tebak

5 Es Nusantara yang Menyertakan Ketan Hitam sebagai Isi, Tambah Enak!Es tebak (instagram.com/makankanyang)

Es tebak bisa dibilang es cendolnya Sumatera Barat. Minuman penyegar jiwa ini berisikan ketan hitam yang berkolaborasi dengan cendol, kolang-kaling, dan cincau hitam. Warna merah muda es tebak berasal dari sirop merah, susu kental manis, serta santan. 

Es tebak juga tidak disajikan dengan potongan es batu, melainkan es serut. Pernah coba?

2. Es doger

5 Es Nusantara yang Menyertakan Ketan Hitam sebagai Isi, Tambah Enak!Es doger (instagram.com/ jajansolo)

Populer di Pulau Jawa, es doger merupakan minuman dingin yang isinya cukup banyak. Mulai dari ketan hitam, tape, irisan roti tawar, alpukat, pacar cina, kelapa muda, dan masih banyak lainnya. Tak hanya bercita rasa manis, es doger juga memiliki rasa sedikit asam yang unik di lidah.

Baca Juga: Resep Martabak Lenggang Isi Ketan Hitam, Manisnya Gak Bikin Enek!

3. Es bojong

5 Es Nusantara yang Menyertakan Ketan Hitam sebagai Isi, Tambah Enak!Es bojong (instagram.com/ hayujajaaan)

Es bojong merupakan minuman dingin yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat. Namanya didapat dari nama salah satu desa di Kecamatan Cipedes bernama Bojong. 

Minuman penyegar jiwa ini sejenis es campur. Isi es bojong terdiri dari buah alpukat, nangka, durian, cincau, dan ketan hitam. Untuk pemanis rasanya, es bojong mengandalkan sirop merah yang dicampur dengan santan.

4. Es santan ketan hitam

5 Es Nusantara yang Menyertakan Ketan Hitam sebagai Isi, Tambah Enak!Es santan ketan hitam (instagram.com/kuliner.enakindonesia)

Saat pelesiran ke Malang, selain menikmati semangkuk cwie mie, jangan lupa untuk menjajal segarnya es santan ketan hitam. Minuman yang disajikan pada gelas ini punya isi yang sederhana meliputi ketan hitam dan dawet berwarna merah.

Sebelum disajikan kepada penikmatnya, es santan ketan hitam diberi topping berupa selembar roti tawar yang diberi kucuran sirop.

5. Es dawet telasih

5 Es Nusantara yang Menyertakan Ketan Hitam sebagai Isi, Tambah Enak!Es dawet telasih (instagram.com/kuliner_asiksolo)

Banyak daerah di Indonesia memiliki es dawet dengan resep masing-masing. Begitu juga dengan Kota Solo yang terkenal dengan es dawet telasih. Tak seperti lainnya yang menggunakan pemanis berupa gula merah.

Es dawet telasih terkenal menggunakan gula putih cair yang dipadukan dengan santan. Isinya pun tak sebatas dawet saja. Di dalamnya terdapat telasih, nangka, bubur sumsum, dan ketan hitam.

Cuaca di tempatmu sedang panas? Hadirkan saja lima es Nusantara yang menyertakan ketan hitam di rumah. Rasanya enak, menyegarkan, dan mengenyangkan!

Baca Juga: 5 Olahan Segar dari Semifreddo, Sajian Krim Iris yang Wajib Dicoba

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya