Comscore Tracker

7 Es Serut Lokal yang Gak Kalah Menyegarkan dari Patbingsoo, Cobain! 

Kesegarannya mampu melepas penat lho #LokalIDN

Budaya Korea Selatan sudah mulai dikenal luas ke kancah internasional. Begitu juga dengan kulinernya. Oleh karena itu, kamu pasti sudah enggak asing lagi dengan yang namanya patbingsoo.

Patbingsoo sendiri merupakan sejenis es serut dengan topping kacang merah. Indonesia juga memiliki es sejenis lho, bahkan enggak kalah menyegarkan dari patbingsoo. Pernah coba tujuh es serut ini?

1. Es goyobod 

7 Es Serut Lokal yang Gak Kalah Menyegarkan dari Patbingsoo, Cobain! Es goyobod (instagram.com/nyaikaron)

Es serut asal Jawa Barat ini semacam es campur namun mempunyai ciri khas di mana terdapat adonan mirip puding terbuat dari tepung hunkwe bernama goyobod.

Dalam seporsi es goyobod berisi pula tapai singkong, ketan hitam, kolang-kaling, hingga sagu mutiara. Setelahnya diguyur dengan kuah santan, sirop, dan susu kental manis.

2. Es nona 

7 Es Serut Lokal yang Gak Kalah Menyegarkan dari Patbingsoo, Cobain! Es nona (instagram.com/ mlipirsini)

Berasal dari Pontianak, es nona hampir mirip dengan patbingsoo karena sama-sama menyertakan kacang merah. Akan tetapi, es nona terdapat tambahan isian di dalamnya.

Isian tersebut terdiri dari buah nangka, pepaya, tapai, kolang-kaling, dan sagu mutiara. Selain manisnya sirup merah, es nona diberi juga kucuran susu kental manis supaya mantap jiwa.

3. Es pisang ijo 

7 Es Serut Lokal yang Gak Kalah Menyegarkan dari Patbingsoo, Cobain! Es pisang ijo (instagram.com/pisangijo.alamanda)

Melipir ke Makassar mudah banget menjumpai es serut satu ini. Es pisang ijo sendiri mempertemukan es serut dengan bubur sumsum dan pisang yang dibalut adonan tepung beras.

Enggak sembarang sirop lho! Masyarakat setempat biasanya membuat es pisang ijo dengan sirop DHT pisang ambon yang popular di kota tersebut.

Baca Juga: 5 Kreasi Es Buah Campur Soda untuk Pelepas Dahaga di Siang Hari

4. Es kapal 

7 Es Serut Lokal yang Gak Kalah Menyegarkan dari Patbingsoo, Cobain! Es Kapal Baron (instagram.com/jajansolo)

Karena penjualnya menjajakan es ini dengan gerobak kayu yang bagian depannya mirip dengan bentuk kapal, es asal Solo tersebut mendapatkan nama panggilannya. Es kapal sendiri diracik dari es serut yang diberi selembar roti tawar serta sirop atau susu cokelat.

5. Es campur 

7 Es Serut Lokal yang Gak Kalah Menyegarkan dari Patbingsoo, Cobain! Es campur (instagram.com/nuni_rosba)

Es campur merupakan es yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Alasannya karena isian dari es campur cukup banyak dan beragam sehingga membangkitkan selera.

Isian es campur sendiri terdiri dari agar-agar, kolang-kaling, tapai singkong, sagu mutiara, selasih, roti tawar, dan masih banyak lagi yang semuanya bikin jiwa segar dan kenyang.

6. Es teler 

7 Es Serut Lokal yang Gak Kalah Menyegarkan dari Patbingsoo, Cobain! Es teler (instagram.com/tjientjien_76)

Es teler juga semacam es campur yang digandrungi oleh banyak orang karena setelah menikmatinya, bikin orang teler alias kekenyangan. Bagaimana tidak, es teler juga punya bermacam isi yang bikin air liur menetes. Mulai dari alpukat, nangka, cincau, hingga kelapa muda. Apakah es serut yang ini kesukaanmu?

7. Es santan ketan hitam 

7 Es Serut Lokal yang Gak Kalah Menyegarkan dari Patbingsoo, Cobain! Es santan ketan hitam (instagram.com/kuliner.enakindonesia)

Minuman penyegar jiwa asal Malang ini sepintas mirip dengan es kapal karena sama-sama menyertakan roti tawar. Ciri khasnya terletak pada sirop yang digunakan berwarna merah muda. Sesuai dengan namanya, es ini terdapat guyuran santan nan gurih serta isi berupa ketan hitam.

Punya waktu luang di rumah? Gak ada salahnya menghadirkan kesegaran tujuh es serut tadi untuk menemani waktumu, dijamin bikin harimu menjadi menyenangkan.

Baca Juga: 5 Hidangan Manis Berbahan Mi, Cocok Juga Disajikan dengan Es Krim

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya