Comscore Tracker

5 Hidangan Khas Tradisi Ngobeng di Palembang, Lezatnya Gak Ada Obat!

Hampir semua hidangan berbahan daging, lho

Masyarakat Pelambang pasti sudah tahu apa itu tradisi ngobeng. Ngobeng atau dikenal juga ngidang adalah tradisi makan bersama yang identik sekali terdiri delapan orang dalam satu kelompok.

Namanya juga tradisi makan bersama, pasti ada hidangan spesial di dalamnya. Nah, masyarakat Palembang sering banget melibatkan lima hidangan lezat berikut ini sebagai sajian ngobeng, lho. Apa saja hidangan tersebut? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Daging malbi

5 Hidangan Khas Tradisi Ngobeng di Palembang, Lezatnya Gak Ada Obat!daging malbi (instagram.com/oliviaaaopp)

Malbi adalah sejenis semur khas Palembang yang umumnya terbuat dari daging sapi. Perbedaanya dengan semur pada umumnya terletak pada bumbu yang kaya rempah. Dari segi aroma maupun rasa, aroma cengkih daging malbi lebih kuat dan khas.

2. Opor ayam

5 Hidangan Khas Tradisi Ngobeng di Palembang, Lezatnya Gak Ada Obat!opor ayam (instagram.com/ulfakholif)

Opor ayam juga jadi sajian lezat yang memang enak banget dijadikan sebagai hidangan pada tradisi ngobeng. Opor ayam yang dihidangkan dapat berupa bumbu kuning atau putih, lho. Apa pun jenis opor ayam yang disajikan tak mengurangi kekhidmatan berlangsungnya tradisi ngobeng.

Baca Juga: Resep Gulai Taboh, Kuliner Lampung Cita Rasa Ikan Santan Gurih

3. Gulai kambing

5 Hidangan Khas Tradisi Ngobeng di Palembang, Lezatnya Gak Ada Obat!gulai kambing (instagram.com/ayomasakmak)

Dalam tradisi ngobeng hidangan yang disajikan sangatlah lengkap, karena terdiri dari olahan daging ayam, sapi, maupun kambing. Nah, untuk daging kambing sendiri biasanya diolah menjadi gulai kambing yang lezat. Anti bau prengus, karena pengolahannya tepat dan membaur dengan bumbu rempah yang kuat.

4. Ayam kecap

5 Hidangan Khas Tradisi Ngobeng di Palembang, Lezatnya Gak Ada Obat!ayam kecap (instagram.com/mattan_chai)

Ketika mengikuti tradisi ini pasti kita gak bisa pilih-pilih makanan. Nah, beruntung banget bagi yang tidak begitu suka menikmati makanan bersantan, karena masih ada daging malbi dan ayam kecap yang bisa dijadikan opsi.

Ayam kecap sendiri dibuat dari daging ayam yang dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Meski dominan dengan manisnya kecap, dijamin olahan ayam kecap gak bikin perut jadi enek.

5. Rendang

5 Hidangan Khas Tradisi Ngobeng di Palembang, Lezatnya Gak Ada Obat!rendang (instagram.com/huh_what_just_happened)

Rendang memang berasal dari Sumatra Barat. Namun, makanan kaya rempah yang identik daging sapi ini jadi hidangan kebanggaan masyarakat Indonesia. Pantaslah jika eksistensinya bisa dijumpai di setiap momen, termasuk pada tradisi ngobeng di Palembang.

Ada informasi yang hampir ketinggalan, nih. Bukan nasi putih apalagi nasi kuning, tradisi ngobeng seringnya dimeriahkan dengan gurihnya nasi minyak yang jadi ciri khas di Palembang. Kamu sendiri sudah pernah menghadiri tradisi ngobeng dan mencicipi berbagai hidangan di atas, belum?

Baca Juga: 5 Makanan yang Biasa Disajikan dalam Tradisi Makan Bajamba Khas Minang

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya