Comscore Tracker

Murah Meriah, 5 Jajanan Ini Wajib Kamu Coba Selagi di Yogyakarta

Beberapa di antaranya adalah kuliner legendaris #LokalIDN

Sebagai kota wisata, Yogyakarta enggak cuma asyik dijadikan sebagai tempat untuk pelesiran. Kota sejuta kenangan ini juga seru banget untuk wisata kuliner karena banyak tempat yang menjajakan kenikmatan yang khas.

Sebab itu, bila kamu singgah di Yogyakarta jangan sampai untuk melewatkan lima jajanan murah meriah berikut ini. Kamu pasti akan menyukainya!

1. Lumpia sami jaya

Murah Meriah, 5 Jajanan Ini Wajib Kamu Coba Selagi di YogyakartaLumpia samijaya (instagram.com/kulineryogya)

Melipir ke Jalan Malioboro, mampirlah ke Lumpia Sami Jaya yang buka mulai pukul delapan pagi. Lumpia ini termasuk jajanan legendaris di Yogyakarta sehingga jarang banget wisatawan yang melewatkannya.

Hanya merogoh kocek sekitar Rp5-6 ribu per biji saja, kamu bisa menikmati lumpia yang masih hangat, renyah, dengan isi rebung atau udang yang melimpah. Makin nikmat lagi berkat kehadiran acar dan cabai rawit.

2. Rujak es krim pak nardi

Murah Meriah, 5 Jajanan Ini Wajib Kamu Coba Selagi di YogyakartaRujak Es Krim Pak Nardi (instagram.com/kuliner_asiksolo)

Ada uang Rp8 ribu di dompet? Di Yogyakarta kamu bisa menikmati kesegaran dari rujak es krim Pak Nardi. Kedondong, bengkuang, mangga, nanas, hingga pepaya adalah deretan buah segar yang jadi komposisi dari rujak Pak Nardi.

Es krimnya yang berwarna merah muda pun buatan sendiri. Kebayang dong bagaimana nikmatnya semangkuk rujak es krim di sini? Kamu bisa menjumpai es krim Pak Nardi di Purwokinanthi, tak jauh dari Pura Pakualam.

Baca Juga: Kangen Kuliner di Yogyakarta, Yuk Cicipi 7 Warung Makan Ini 

3. Lupis mbah satinem

Murah Meriah, 5 Jajanan Ini Wajib Kamu Coba Selagi di YogyakartaLupis Mbah Satinem (instagram.com/kuliner_laper)

Lupis Mbah Satinem wajib masuk daftar kulineranmu selagi di Yogyakarta. Pasalnya, lupis Mbah Satinem sering wara-wiri di acara makan televisi swasta hingga siaran YouTube para food vlogger, sebab itu sayang banget jika dilewatkan.

Selain itu, lupis Mbah Satinem juga terkenal enak dan cocok di semua lidah. Pantaslah jika banyak pelanggannya rela antre untuk menikmati lupis beralaskan daun pisang yang dihargai sekitar Rp10 ribu.

Kamu bisa menjumpai lupis Mbah Satinem di Jalan Bumiijo No.52, mulai pukul 05.00-09.00. Mengingat lupis Mbah Satinem tak pernah sepi pengunjung, terkadang bisa tutup lebih awal ya.

4. Cilok gajahan

Murah Meriah, 5 Jajanan Ini Wajib Kamu Coba Selagi di YogyakartaCilok Gajahan (instagram.com/ulfarachma)

Cilok memang makanan khas Sunda. Tapi cita rasa autentiknya bisa kamu temukan dan rasakan di cilok Gajahan yang berlokasi di Jalan Kadipaten Kulon No. 97, tak jauh dari Keraton Yogyakarta.

Cilok Gajahan sebenarnya telah membuka banyak cabang di Yogyakarta. Tapi bila kamu kepengin makan ke tempat asal muasalnya, bisa berkunjung ke alamat yang disebutkan tadi dengan membawa uang sekitar Rp15 ribu saja.

Buka mulai pukul 13.00-18.00, cilok Gajahan terkenal karena rasanya enak. Belum lagi dengan saus pelengkapnya yang dinilai banyak pelanggan rasanya nyambung dengan cilok.

5. Jenang lempuyangan

Murah Meriah, 5 Jajanan Ini Wajib Kamu Coba Selagi di YogyakartaJenang Lempuyangan (instagram.com/ jogjafoodhunter)

Dalam seporsi jenang lempuyungan berisi bubur sumsum putih, bubur sagu mutiara, bubur candil, dan bubur sumsum cokelat yang diguyur dengan gurihnya kuah santan, serta disajikan pada daun pisang yang dipincuk.

Manis, lembut, dan mengenyangkan! Nikmat banget disantap sebagai sarapan atau penggajal perut kala lapar. Apalagi harganya pun cukup terjangkau sekitar Rp6 ribu.

Kamu bisa menjumpai Jenang Lempuyangan di Jalan Tegal Kemuning No.183, mulai pukul 08.00-11.30.

Sampai di Yogyakarta, sempatkan untuk jajan ke lima tempat yang telah disebutkan tadi ya. Jangan lupa bawa uang sebanyak-banyaknya supaya puas jajan!

Baca Juga: 9 Pilihan Jajanan Khas Cirebon yang Nikmatnya Bikin Ketagihan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya