Comscore Tracker

5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? 

Manis hingga gurih, rasanya mantap jiwa #LokalIDN

Pernah mencicipi martabak kubang? Kuliner kebangaan masyarakat Sumatera Barat ini ternyata merupakan kuliner akulturasi dari tiga negara yaitu Arab, India, dan Indonesia.

Martabak hanya salah satu contoh kuliner akulturasi budaya India-Indonesia. Sebab masih ada lima kudapan lainnya yang mesti kamu tahu. Yuk, simak satu per satu!

1. Kue putu 

5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? Kue putu (instagram.com/michellejalanjalan)

Putu ayu, putu bambu, putu mayang, putu pesse hingga putu cangiri adalah deretan varian kue putu khas Nusantara. Kue akulturasi budaya India-Indonesia ini berbahan dasar dari tepung beras dan kelapa parut.

Meski kini mudah dijumpai dengan beragam warna, dahulu putu hanya memiliki dua warna saja yakni putih dan hijau. Warna putih menandai kue putu original. Sedangkan hijau, terdapat tambahan pandan.

2. Kue apam 

5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? Kue apam (instagram.com/mimi_rama)

Selain punya inovasi warna, bentuk apam zaman sekarang umumnya dicetak menggunakan cetakan kue dengan bentuk yang menarik perhatian. 

Kue berbahan dasar tepung beras dan tape ini tak cuma populer di Indonesia saja. Umumnya negara Asia Selatan seperti Sri Lanka misalnya menjadikan kue apem sebagai kudapan sehari-hari.

Baca Juga: 7 Kuliner Akulturasi Etnis Tionghoa di Pontianak yang Wajib Dicoba!

3. Roti canai 

5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? Roti canai (instagram.com/rotikinguk)

Meski merupakan kuliner akulturasi budaya India, roti canai mudah dijumpai di berbagai negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Memiliki ciri khas berbentuk pipih, roti canai terbuat dari tepung terigu. Roti canai biasa dinikmati bersama kari kambing yang memiliki cita rasa gurih dan pedas.

4. Roti tisu 

5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? Roti tisu (instagram.com/countryside100kl)

Roti tisu memiliki terkstur yang tipis dan rapuh. Bahan dasar dari roti ini juga tepung terigu, namun yang memiliki protein tinggi. Ciri khas dari roti akulturasi budaya India ini terletak pada bentuknya yang kerucut.

Topping dari roti tisu umumnya bercita rasa manis seperti kucuran saus cokelat, meses, hingga susu kental manis. Terkadang juga ada roti tisu yang disajikan dengan keju atau kari.

5. Samosa 

5 Kudapan Lokal Akulturasi Budaya India-Indonesia, Ada Kesukaanmu? Samosa (instagram.com/jaipurbhukkadgirl)

Baik di India maupun Indonesia, kudapan identik berbentuk segitiga ini punya panggilan samosa. Luarnya kering dan dalamnya memiliki isi terdiri dari kentang rebus yang dimasak dengan aneka ragam rempah.

Meski kini banyak sekali yang menikmati samosa dengan mencolekkannya ke saus cabai, samosa paling nikmat disantap bersama chutney.

Gak cuma enak, lima kudapan akulturasi budaya India-Indonesia tadi juga cukup akrab dengan telinga maupun lidah orang Indonesia. Dari kudapan yang telah disebutkan di atas, adakah yang merupakan kesukaanmu?

Baca Juga: Tak Disangka, 7 Kuliner Indonesia Timur Ini Hasil Akulturasi Budaya

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya