Comscore Tracker

7 Kudapan yang Disajikan Orang Korea Saat Seollal, Semuanya Enak!

Cita rasa manis atau gurih, ada semua!

Seollal merupakan tahun baru orang Korea, selain tanggal satu Januari. Perayaan Seollal tidak hanya diperingati dengan berlibur ke suatu destinasi, sebagian masyarakat Korea memanfaatkan momentum ini untuk berkumpul bersama keluarga dengan menyiapkan sajian wajib yang mesti ada pada saat Seollal.

Sajian wajib tersebut bisa berupa manduguk atau tteokguk. Selain itu, ada pula kehadiran tujuh kudapan lezat ini yang memanjakan lidah selama perayaan Seollal. Wah, apa saja ya?

1. Yaksik

7 Kudapan yang Disajikan Orang Korea Saat Seollal, Semuanya Enak!sbs.com.au

Yaksik sejenis kue yang terbuat dari beras ketan, kacang-kacangan, buah kering, dan madu. Kudapan ini serupa dengan kue wajik khas Indonesia karena memiliki tampilan dan tesktur lengket yang sama walaupun sedikit bebeda pada rasa.

Selama Seollal, yaksik dinikmati bersama variasi teh khas Korea seperti maehwa cha, omija cha, atau yuja cha.

2. Dasik

7 Kudapan yang Disajikan Orang Korea Saat Seollal, Semuanya Enak!kimchimari.com

Kudapan manis untuk menyambut Seollal, tidak hanya yaksik saja. Masyarakat Korea juga senang menikmati cantiknya dasik dengan beragam motif maupun warna. Dasik ialah berbahan dasar dari tepung beras.

Kue manis ini diolah juga dengan bermacam kacang-kacangan seperti chestnut dan kacang kedelai. Dasik juga dinikmati bersama secangkir teh, yang bikin kebersamaan keluarga pada saat Seollal kian hangat.

3. Saengseon jeon

7 Kudapan yang Disajikan Orang Korea Saat Seollal, Semuanya Enak!asianrecipesathome.com

Enggak cuma kudapan manis, yang rasa gurih pun ada! Masyarakat Korea juga tidak akan melewatkan kenikmatan saengseon jeon yang dimakan bersama saus kecap dengan irisan cabai rawit.

Saengseon jeon merupakan pancake yang berbahan dasar dari fillet ikan kod yang dibalut oleh adonan tepung terigu. Saengseon jeon memiliki rasa gurih sedikit pedas dari lada bubuk.

Baca Juga: 9 Sajian Banchan, Makanan Pendamping Nasi dalam Hidangan ala Korea

4. Bindaetteok

7 Kudapan yang Disajikan Orang Korea Saat Seollal, Semuanya Enak!futuredish.com

Bindaetteok juga sejenis pancake yang berbahan dasar dari kacang hijau. Tak jarang masyarakat Korea, menambahkan lapisan daging tipis di salah satu sisi bindaetteok agar cita rasanya bertambah.

Meski pancake ini memiliki rasa gurih dan sedikit manis, tak lengkap rasanya menikmati kehangatan dari bindaetteok tanpa mencolekkannya ke saus.

5. Hobak jeon

7 Kudapan yang Disajikan Orang Korea Saat Seollal, Semuanya Enak!kimchimari.com

Di antara beragam jenis jeon di Korea, hobak jeon merupakan pancake yang cukup praktis dan ekonomis dari segi bahan baku pembuatan. Hobak jeon merupakan pancake yang terbuat dari irisan zukini.

Cara membuatnya cukup diiris kemudian dibalur dengan adonan tepung berbumbu. Setelah matang, hobak jeon disajikan bersama saus kecap dan irisan cabai.

6. Pyogo jeon

7 Kudapan yang Disajikan Orang Korea Saat Seollal, Semuanya Enak!mevacon.com.vn

Pyogo jeon terbuat dari jamur shiitake yang pada salah satu sisinya diisi dengan daging cincang berbumbu. Selain jenis jeon yang telah disebutkan sebelumnya, pyogo jeon termasuk jenis kudapan yang digemari pada saat Seollal berlangsung karena pancake jenis ini cukup mengenyangkan penikmatnya.

7. Kimchi mandu

7 Kudapan yang Disajikan Orang Korea Saat Seollal, Semuanya Enak!recipesavants.com

Kimchi mandu alternatif lain yang dapat disajikan pada saat Seollal selain manduguk. Mandu sejenis dumpling yang diisi oleh beranekaragam isian. Saat Seollal, orang Korea lebih menyukai kimchi mandu karena berisi kimchi karena dianggap sebagai makanan sehat sekaligus hidangan wajib Korea.

Meski kimchi telah memiliki rasa sedikit asam dan pedas, tak mengurangi minat orang Korea menyantap kimchi mandu dengan saus atau kecap.

Itu tadi tujuh kudapan yang disajikan orang Korea saat Seollal tiba. Tak sekadar sajian, masing-masing kudapan di atas memiliki harapan di tahun baru seperti kebaikan, kesehatan, serta kemakmuran. 

Baca Juga: 5 Makanan Korea Versi Indonesia, Rasa Lokal Juga Gak Kalah Enak, Lho!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya