Comscore Tracker

7 Ragam Kue Hantaran dari Berbagai Daerah di Sumatera, Autentik! 

Rasanya manis seperti momennya #LokalIDN

Masyarakat Suku Betawi punya kue hantaran yang khas dan dikenali oleh banyak orang, namanya roti buaya. Sedangkan di Suku Bugis, calon pengantin akan membawa hantaran berupa baruasa’ atau bannang-bannang.

Bila Suku Betawi punya roti buaya dan Suku Bugis punya baruasa’, berikut ini terdapat tujuh ragam kue hantaran yang terdapat di berbagai daerah Sumatera. Pernah coba?

1. Keukarah 

7 Ragam Kue Hantaran dari Berbagai Daerah di Sumatera, Autentik! instagram.com/ojacake

Selain kue meuseukat, halua, dan dodoi; keukarah juga dijadikan sebagai hantaran pernikahan di Aceh. Kue menyerupai sarang burung dengan bentuk bak bulan sabit, ini terbuat dari tepung dan santan. Rasa keukarah cenderung manis dan memiliki tekstur yang renyah.

2. Kue sasagon 

7 Ragam Kue Hantaran dari Berbagai Daerah di Sumatera, Autentik! Kue sasagon (instagram.com/azizakeysha)

Sasagon sejenis kue tradisional yang populer di Sumatera berbahan dasar dari tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Masyarakat yang bermukim di Tapanuli terkadang menjadikan kue bertekstur ambyar ini sebagai kue hantaran.

3. Bareh randang 

7 Ragam Kue Hantaran dari Berbagai Daerah di Sumatera, Autentik! Bareh randang (instagram.com/takanakafe)

Hantaran pernikahan Minangkabau tidak sebatas pinyaram saja. Bareh randang menjadi alternatif dapat dipilih juga sebagai hantaran. Kue identik berwarna putih ini terbuat dari tepung beras ketan dan gula.

Baca Juga: 6 Es Segar Khas Sumatera, Bikin Segar Tenggorokan

4. Kue asidah 

7 Ragam Kue Hantaran dari Berbagai Daerah di Sumatera, Autentik! Kue asidah (instagram.com/pekanbarukuliner)

Riau yang terkenal dengan kuliner olahan laut juga punya kue khusus yang dijadikan sebagai hantaran yakni kue asidah. Kue nan legit yang biasanya didekorasi sehingga penampilannya cantik ini terbuat dari perpaduan tepung, kayu manis, gula merah, dan kapulaga.

5. Kue putri kandis 

7 Ragam Kue Hantaran dari Berbagai Daerah di Sumatera, Autentik! Kue putri kandis (instagram.com/seafood_belago)

Ciri khas dari kue putri kandis yaitu memiliki tiga warna yang berbeda mulai dari cokelat, kuning, dan hijau. Kue berbahan dasar dari tepung dan telur ini sering dijadikan sebagai hantaran masyarakat yang bermukim di Jambi.

6. Kue cucur 

7 Ragam Kue Hantaran dari Berbagai Daerah di Sumatera, Autentik! Kue cucur (instagram.com/dapoermaemun)

Di Bengkulu, kue cucur bukan sekadar camilan pendamping kopi hangat. Masyarakat setempat juga menjadikan kue ini sebagai hantaran. Manisnya kue cucur berasal dari gula merah yang dikolaborasikan dengan tepung beras.

7. Manan samin 

7 Ragam Kue Hantaran dari Berbagai Daerah di Sumatera, Autentik! Manan samin (instagram.com/amanyfoods)

Teksturnya kalis dan bercita rasa manis, manan samin menjadi kue  tradisional yang sering dipilih oleh masyarakat Palembang sebagai hantaran. Manan samin sendiri terbuat dari ubi yang dikombinasikan dengan santan.

Bukan sekadar kudapan, tujuh kue di atas juga spesial karena dijadikan sebagai hantaran. Bagi kamu yang berasal dari Sumatera, ada yang mau menambahkan ragam kue hantaran dari daerahmu? Sempatkan menulis nama kue tersebut di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 5 Fakta tentang Kue Cimpa, Kuliner Khas Suku Batak Karo

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya