Comscore Tracker

9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan 

Sederhana tapi bisa meriahkan pesta pernikahan #LokalIDN

Selain dinikmati sebagai kudapan, beberapa kue tradisional di Indonesia juga dimanfaatkan sebagai bawaan (bingkisan) hingga hidangan pembuka untuk menjamu tamu yang datang pada event tertentu.

Seperti sembilan kue kondangan berikut ini. Kue-kue ini beberapa di antaranya merupakan hidangan pembuka untuk resepsi pernikahan dan ada pula yang dijadikan sebagai hantaran untuk pernikahan.

Kira-kira kamu sudah tahu belum? Yuk, intip satu per satu!

1. Meuseukat 

9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan instagram.com/stardodol

Kue cantik dengan dekorasi ukiran di atasnya, meuseukat terbuat dari buah nanas dan tepung terigu.

Kue kondangan bertekstur kenyal seperti menggigit dodol ini sering dipilih sebagai hantaran pernikahan di Aceh. Terutama, pada prosesi tueng dara baroe yakni menerima atau menjemput sang mempelai wanita.

Bila di adat Jawa, rangkaian acara pernikahan tersebut disebut ngunduh mantu.

2. Pinyaram 

9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan instagram.com/sitinorafiqah_official

Di Sumatera Barat, pinyaram dijadikan sebagai hantaran ke rumah mertua pada saat resepsi pernikahan. Atau, dikenal pula oleh masyarakat Minangkabau dengan sebutan baralek.

Pinyaram dikenal juga di daerah lain sebagai kue cucur. Kue tradisional ini terbuat dari tepung beras dan gula aren atau gula pasir.

3. Manan samin 

9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan instagram.com/amanyfoods

Manan samin semacam kue bolu yang terbuat dari ubi dan santan. Bertekstur lembut dan rasanya cukup manis saat dikunyah. Manan samin termasuk kue tradisional yang langka. Kamu dapat menjumpai manan samin saat masyarakat asli Palembang menggelar acara pernikahan.

4. Kue bugis 

9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan instagram.com/menik24

Kue bugis, lapek bugis, atau dikenal juga dengan nama kue mendut ialah kue yang terbuat dari tepung ketan dengan isi unti kelapa. Masyarakat Betawi sering memanfaatkan kue bugis untuk kue hantaran bagi pengantin yang hendak melangsungkan pernikahan.

Sedangkan beberapa daerah di Jawa Tengah, menjadikan kue bugis sebagai hidangan atau kudapan bagi para tamu yang hadir pada resepsi pernikahan.

Baca Juga: Resep Kue Sabun Khas Kalimantan Barat, Teksturnya Lembut Banget!

5. Kue sari pengantin 

9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan instagram.com/bisniskreatifbjm

Terbuat dari tepung beras dan santan, kue sari pengantin merupakan kue tradisional yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Kue bertekstur legit dengan rasa cukup manis ini tak pernah absen ketika masyarakat Banjar menggelar upacara pernikahan dengan adat.

6. Barongko 

9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan instagram.com/mrssyafrina

Dibungkus menggunakan daun pisang, barongko terbuat dari buah pisang yang dihaluskan dan diolah bersama santan serta susu. Kue kondangan ini menjadi hidangan wajib di acara pernikahan yang digelar oleh masyarakat Suku Bugis.

7. Kue papoco 

9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan instagram.com/ritadadan

Di luar Gorontalo, kue papoco dikenal juga dengan nama kue tetu. Berwadah anyaman daun pandan, kue papoco terbuat dari tepung terigu dan santan. Sebagai pemanis, kue papoco dilengkapi dengan gula merah di dalamnya.

Kue papoco juga termasuk kue kondangan yang umumnya disajikan oleh masyarakat Gorontalo sebagai hidangan selama acara pernikahan berlangsung.

8. Lemper 

9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan selerasa.com

Baik lemper biasa atau dibakar, kue tradisional yang memiliki rasa gurih ini selalu dipilih oleh masyarakat Jawa sebagai kudapan atau hidangan pembuka untuk menjamu tamu yang hadir pada acara pernikahan.

9. Surabi 

9 Kue Kondangan yang Dijadikan sebagai Hantaran Hingga Hidangan instagram.com/harigendut

Surabi atau dikenal juga dengan nama surabi, merupakan kue berbentuk lebar dan padat yang terbuat dari tepung, telur, dan santan. Mempunyai beragam topping, surabi nan legit mudah sekali dijumpai pada acara pernikahan adat Sunda.

Ternyata cukup beragam kue kondangan yang ada di Indonesia! Ada lagi kue kondangan di daerah kamu yang belum disebutkan di atas? Yuk, informasikan ke pembaca lainnya di kolom komentar ya!

Baca Juga: 10 Kue Khas Makassar yang Terkenal Gurih Legit Bikin Lidah Bergoyang

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya