Comscore Tracker

5 Kuliner Autentik Madura yang Mesti Kamu Coba Minimal Sekali, Sedap!

Berbeda dan tentu rasanya nikmat #LokalIDN

Hanya ada di Madura, apem disuguhkan bersama kuah yang terbuat dari gula merah. Masyarakat di sana menyebutnya sebagai apem manis. Ada juga nasi petis, sejenis nasi campur yang mempunyai beragam lauk pilihan. Uniknya, nasi petis tak menggunakan sedikit pun petis.

Kedua kuliner unik tersebut merupakan makanan autentik khas Madura, begitu juga dengan lima kuliner yang ada di bawah ini. Sebab itu, kamu mesti mencicipinya minimal sekali seumur hidup. Ada apa saja, ya?

1. Soto mata sapi 

5 Kuliner Autentik Madura yang Mesti Kamu Coba Minimal Sekali, Sedap!instagram.com/waskithowee

Disajikan bersama irisan ketupat atau topak, soto mata sapi memanglah menyertakan mata sapi di dalamnya. Cukup bikin penikmatnya ngeri saat melihatnya, namun siapa sangka jika kuliner satu ini jadi incaran wisatawan saat pelesiran ke Bangkalan.

Semangkuk soto tak hanya berisi mata sapi. Terdapat pula daging hingga jeroan sapi yang dikolaborasikan dengan pelengkap lainnya. Pelengkap tersebut terdiri dari kacang goreng, taoge, dan irisan cabai rawit.

Soto mata sapi pedas dan gurih. Cita rasanya perpaduan antara kaldu dari sapi dan beragam bumbu rempah. 

2. Campor 

5 Kuliner Autentik Madura yang Mesti Kamu Coba Minimal Sekali, Sedap!instagram.com/ jims_ar.gh13

Campor sejenis kuliner unik yang hanya ada di Madura. Kuliner nan lezat ini sejenis soto daging yang disempurnakan dengan irisan lontong, taoge, dan soun. Tak hanya unik pada penyajiannya, soto bersantan ini punya ciri khas yakni bumbu kacang yang bikin lezatnya makin menjadi-jadi.

Baca Juga: Punya Nama Unik, 6 Kuliner Khas Madura Ini Bikin Orang Penasaran!

3. Kaldu kokot 

5 Kuliner Autentik Madura yang Mesti Kamu Coba Minimal Sekali, Sedap!instagram.com/foodbuddies.id

Hanya ada di Madura, sup menggunakan kacang hijau. Ya, kaldu kokot sejenis sup yang berisikan kokot atau kikil dengan pelengkap berupa kacang hijau, sumsum, hingga jeroan sapi.

Kuah dari sup menghasilkan cita rasa unik yang menggoda lidah penikmatnya karena memadukan antara rebusan kacang hijau, bumbu rempah, dan kaldu.

4. Bebek songkem

5 Kuliner Autentik Madura yang Mesti Kamu Coba Minimal Sekali, Sedap!instagram.com/bebeksongkemjalibar_kepanjen

Nikmat banget disantap selagi hangat bersama nasi putih, bebek songkem sejenis pepes daging bebek yang gurih dan bercita rasa sedikit pedas.

Bebek songkem punya tektur daging nan empuk dikarenakan proses pengukusannya cukup memakan waktu lama. Di daerah asalnya, bebek songkem dihidangkan bersama lalapan juga.

5. Nasi serpang 

5 Kuliner Autentik Madura yang Mesti Kamu Coba Minimal Sekali, Sedap!instagram.com/sbykulinerinfo

Beda dari yang lainnya, nasi serpang menghadirkan lauk yang merupakan makanan ciri khas Madura seperti sambal goreng kerang, telur asin masir, pepes ikan tongkol, soun bumbu kecap dan masih banyak lainnya.

Terkesan ramai, menikmati seporsi nasi serpang bikin lupa diri mana kala semua lauknya nikmat dan menggiurkan lidah.

Itu tadi lima kuliner autentik khas Madura yang mesti kamu coba minimal sekali seumur hidup. Semuanya enak dan berciri khas, dijamin terngiang-ngiang selalu oleh cita rasanya. Jadi, saat main ke Madura jangan sampai lupa untuk mencobanya ya!

Baca Juga: 10 Kuliner Pedas Khas Madura yang Lezat, Bikin Air Liur Menetes Duluan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya