Comscore Tracker

7 Kuliner Daging ala Eks Karesidenan Surakarta yang Menggiurkan Lidah

Semua kuliner ini punya kelezatan yang ngangenin! #LokalIDN

Hidangan berbahan daging sapi hingga kambing merupakan kuliner daging yang populer di wilayah yang dahulu tergabung dalam Karesidenan Surakarta seperti Surakarta (Solo), Sukoharjo, Klaten, Boyolali, Wonogiri, Sragen dan Karanganyar.

Beragam dan masing-masing memiliki ciri khas, kamu mesti banget mencoba tujuh perwakilan kuliner daging ala eks Karesidenan Surakarta yang terkenal enak berikut ini. Dijamin bikin lidah terngiang-ngiang terus dengan kenikmatannya! Ada apa saja, ya?

1. Tengkleng

7 Kuliner Daging ala Eks Karesidenan Surakarta yang Menggiurkan Lidahinstagram.com/tengklenggajah

Dari beragam olahan daging merah khas Solo, nama tengkleng cukup menarik perhatian. Bila satai, tongseng hingga sup kambing mudah dijumpai di daerah lain. Tidak dengan tengkleng.

Tengkleng terbuat dari jeroan dan tulang kambing yang masih terlilit oleh daging. Kuliner daging merah ini berkuah santan dengan rasa yang cukup gurih serta kaya rempah. 

2. Pindang kambing

7 Kuliner Daging ala Eks Karesidenan Surakarta yang Menggiurkan Lidahinstagram.com/ikkenurkumalasari

Umumnya pindang terbuat dari ikan, namun tidak jika kamu berkunjung ke Wonogiri. Di sini terdapat pindang kambing yang bikin air liur menetes begitu disajikan di hadapanmu bersama sepiring nasi putih hangat.

Beralaskan daun jati, pidang kambing khas Wonogiri punya penampakan layaknya bubur dengan tambahan daging hingga jeroan kambing. Bahan dasarnya berupa tepung gaplek yang dipadukan dengan bumbu seperti kemiri, ketumbar, lengkuas, dan lainnya.

3. Sup ayam pecok

7 Kuliner Daging ala Eks Karesidenan Surakarta yang Menggiurkan Lidahinstagram.com/lensakulinernusantara

Sup ayam pecok adalah kuliner khas dari Klaten selain bebek bacem. Telah ada sejak puluhan tahun, sup ini berbeda dari sup pada umumnya yang mana kuah kaldunya begitu terasa sekali di lidah sehingga menghasilkan warna kuah cukup pekat.

Keistimewaan yang dimiliki sup pecok yakni pemilihan bagian daging ayam yang dapat disesuaikan dengan selera. Kepengin bagian dada atau sayap ayam, semuanya dapat disesuaikan berdasarkan selera! 

Baca Juga: 8 Sate Unik nan Lezat yang Ada di Jawa Tengah, Pernah Coba Semua?

4. Sate kelinci

7 Kuliner Daging ala Eks Karesidenan Surakarta yang Menggiurkan Lidahinstagram.com/sate_kelinci_kumandang

Meski bikin tidak tega untuk mengunyahnya, sate kelinci menjadi incaran wisatawan dari kota lain ketika pelesiran ke Karanganyar. Berbumbu kecap dengan irisan cabai, tomat, serta bawang merah, daging sate kelinci punya tekstur kenyal dan mudah sekali dicabik-cabik oleh gigi.

Sebelum menikmatinya, beri taburan lada bubuk supaya makin mengguggah selera makan. Kamu dapat menikmati sate kelinci yang dikemas bersama bumbu kacang juga, kok!

5. Soto seger

7 Kuliner Daging ala Eks Karesidenan Surakarta yang Menggiurkan Lidahinstagram.com/sotosegerrasliboyolali

Sapi menjadi hewan ciri khas kabupaten ini. Olahan sapi seperti susu, abon, hingga keripik yang terbuat dari jeroan sapi mudah sekali dijumpai di Boyolali. Dan ada satu kuliner daging sapi yang tak boleh disia-siakan keberadaannya yakni soto seger.

Soto ini punya isian irisan daging sapi dan taoge. Nampak sederhana, soto seger terasa sekali gurihnya. Kuah kaldu yang bercampur dengan bumbu, nendang banget di lidah!

6. Soto girin

7 Kuliner Daging ala Eks Karesidenan Surakarta yang Menggiurkan Lidahinstagram.com/cahyooye

Soto girin merupakan kuliner cukup legendaris di Sragen. Telah ada sejak puluhan tahun yang lalu, soto girin menjajakan penikmatnya dengan empuknya daging sapi yang berenang di kuah soto kaya rempah.

Ketika belum mencicipinya, kamu mungkin menyamaratakan dengan soto pada umumnya. Padahal kenikmatan soto girin berbeda, lho! Penasaran?

7. Soto carikan

7 Kuliner Daging ala Eks Karesidenan Surakarta yang Menggiurkan Lidahinstagram.com/ziza_hembem

Masih ada kuliner daging berupa soto lagi nih yang mesti kamu cicipi setibanya di Sukoharjo yaitu soto carikan. Soto kuah bening ini mengandalkan kenikmatan dari suwiran daging ayam kampung yang berpadu bersama isi lainnya seperti taoge dan soun. Kaldu ayam kampung yang menonjol bikin lidah kepincut terus oleh rasa lezatnya. 

Nah, itu tadi tujuh kuliner daging ala eks karesidenan Surakarta yang menggiurkan lidah. Semua kuliner daging di atas terkenal karena lezat, lho! Apakah kamu pernah mencicipi semuanya?

Baca Juga: 7 Kuliner Jawa Tengah yang Nikmatnya Menghibur Lidah Pencinta Sayuran

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya