Comscore Tracker

5 Kuliner Daging Babi yang Populer di Sulawesi, Rasanya Unik Banget!

Sedap dan kaya rempah #LokalIDN

Daging babi memang bukanlah makanan mayoritas masyarakat Indonesia. Tapi hampir di seluruh pulau di Indonesia terdapat kuliner berbahan daging babi yang nikmatnya mengguggah selera.

Sebut saja saksang dari Sumatera, bipang ambawang khas Kalimantan, se’i babi khas Nusa Tenggara Timur, serta sate lilit babi asal Bali. Selain daerah tersebut, Sulawesi juga memiliki beragam kuliner berbahan daging babi lho!

Kamu yang penikmat daging babi, mesti tahu eksistensi lima makanan ini. Yuk, coba!

1. Sate ragey 

5 Kuliner Daging Babi yang Populer di Sulawesi, Rasanya Unik Banget!Sate ragey (instagram.com/mariskatunggal)

Sate yang ini dijamin bikin lidah puas enggak cuma dirasa tapi di perut juga. Pasalnya, potongan daging babi untuk sate ragey ukurannya besar tak seperti umumnya sate.

Ciri khas lain dari sate ini yaitu disajikan dengan sambal khas Manado, bukan sambal kacang apalagi kecap. Meski begitu, rasanya nikmat dan pas untuk kamu penyuka rasa pedas.

2. Pa’piong 

5 Kuliner Daging Babi yang Populer di Sulawesi, Rasanya Unik Banget!Papiong (instagram.com/dapurrasa_mks)

Jika tidak singgah ke Toraja, sulit sekali untuk menjumpai pa’piong karena kuliner ini dimasak dengan cara tradisional. Mulai dari dibungkus daun pisang, kemudian dibakar di atas bara api dengan media bambu.

Sebelum dibakar, daging babi dicampur terlebih dahulu dengan kelapa parut serta racikan bumbu rempah. Aroma bakar bertemu rempah yang mencuat bikin nafsu makan jadi meningkat.

Baca Juga: 10 Makanan Berbahan Babi Khas Indonesia Paling Populer, Ada Favoritmu?

3. Tinorangsak 

5 Kuliner Daging Babi yang Populer di Sulawesi, Rasanya Unik Banget!Tinorangsak (instagram.com/ liana.tan)

Kini, tinorangsak bisa diolah dengan bahan lainnya seperti daging sapi, ayam, hingga ikan. Akan tetapi imej kuliner ini identik dengan daging babi yang dipotong dadu. Bumbu serta cara mengolahnya tak beda jauh dengan menumis tapi terdapat tambahan daun kemangi serta serai agar rasanya makin sedap.

4. Soto babi 

5 Kuliner Daging Babi yang Populer di Sulawesi, Rasanya Unik Banget!Soto babi (instagram.com/makanmana)

Soto babi cukup populer di Minahasa Utara dan Manado. Keistimewaan soto ini pastinya karena terbuat dari daging babi, sebuah bahan baku yang jarang sekali digunakan pada soto Nusantara lainnya.

Keistimewaan kedua yang mesti kamu ketahui yakni penggunaan aneka ragam rempah yang membuat soto babi terasa spesial di lidah.

5. Babi tore 

5 Kuliner Daging Babi yang Populer di Sulawesi, Rasanya Unik Banget!Babi tore (instagram.com/ dapoerpocopoco)

Babi tore kuliner daging babi yang diolah dengan cara digoreng kering, dan disajikan dengan sambal. Perlu diingat, sebelum daging babi digoreng melalui proses perebusan terlebih dulu supaya dagingnya empuk saat dikunyah.

Kamu yang mengaku pencinta daging babi, sudah pernah menjajal nikmatnya kuliner babi asal Sulawesi belum?

Baca Juga: 5 Olahan Babi Terpopuler di Asia Tenggara, Ada Babi Guling Indonesia!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya