Comscore Tracker

5 Kuliner Kediri dengan Nama dan Cita Rasa yang Unik, Bikin Penasaran!

Menikmatinya sekali saja tidak cukup! #LokalIDN

Indonesia memang surgayanya kuliner dengan nama dan cita rasa unik. Tak terkecuali dengan salah satu kota yang berlokasi di Jawa Timur yaitu Kediri.

Kota yang terkenal dengan olahan tahu ini ternyata punya beragam kuliner dengan nama dan cita rasa yang unik lho! Bikin siapa pun yang baru mendengarnya jadi penasaran! Wah, ada kuliner apa saja ya?

1. Sate bekicot 

5 Kuliner Kediri dengan Nama dan Cita Rasa yang Unik, Bikin Penasaran!instagram.com/maktuntangerang

Bekicot merupakan hewan bertubuh lunak yang keberadaannya dianggap menjijikan. Tapi siapa sangka bahwa di Kediri, bekicot diolah menjadi sate yang diguyur dengan bumbu kacang nan gurih.

Meski dagingnya kecil-kecil, sate bekicot memiliki tekstur kenyal yang cukup manjakan lidah banget!

2. Sate emprit 

5 Kuliner Kediri dengan Nama dan Cita Rasa yang Unik, Bikin Penasaran!instagram.com/jastipsue

Sate di Kediri memang beda dari kebanyakan sate lainnya. Tak cuma manjakan lidah dengan kenikmatan dari sate bekicot, ada sate emprit yang gak kalah bikin lidah jadi penasaran.

Emprit sendiri tak lain adalah burung berukuran kecil yang mudah dijumpai di area persawahan. Daging emprit bertekstur liat dengan rasa yang berciri khas. Sama seperti umumnya sate, sate emprit  dilengkapi bumbu kacang.

Baca Juga: 5 Serba-serbi Getuk Pisang, Kuliner Khas Kediri yang Manis dan Lezat!

3. Nasi goreng arang 

5 Kuliner Kediri dengan Nama dan Cita Rasa yang Unik, Bikin Penasaran!instagram.com/sekedarmakanaja

Beberapa tahun lalu, makanan yang diolah dengan charcoal atau arang sempat viral. Tapi nasi goreng arang tak sekelompok dengan kuliner tersebut.

Karena nasi goreng arang sendiri sejenis nasi goreng berbumbu lokal yang dimasak di atas tungku tanah liat dengan bahan bakar arang. Aroma dan rasanya cukup autentik banget. Inilah yang membedakan nasi goreng arang dengan lainnya.

4. Kerupuk upil 

5 Kuliner Kediri dengan Nama dan Cita Rasa yang Unik, Bikin Penasaran!instagram.com/ shintahandini

Mendengar namanya memang bikin keki duluan, tapi percayalah kerupuk ini bikin kamu ketagihan mengunyah! Kerupuk upil sendiri terbuat dari tepung tapioka.

Nama kerupuk ini terinspirasi dari bentuknya yang mungil sehingga dinamai kerupuk upil. Selain dijadikan camilan, kerupuk upil nikmat juga jadi pelengkap nasi dan lauk.

5. Es buto ijo 

5 Kuliner Kediri dengan Nama dan Cita Rasa yang Unik, Bikin Penasaran!instagram.com/ soloculinery

Namanya cukup mengerikan ya? Tapi segarnya es buto ijo amatlah melepas dahaga, apalagi jika dinikmati pada siang hari. Dinginnya mencairkan suasana!

Karena menggunakan sirup manis berwarna hijau serta memiliki pelengkap berupa irisan buah melon dan biji selasih, membuat es ini dijuluki es buto ijo.

Setelah membaca lima ulasan kuliner khas Kediri dengan nama dan cita rasa yang unik tadi, apakah kamu sudah mulai penasaran? Jangan lupa menjajal kenikmatannya saat pelesiran ke Kediri ya.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata yang Terkenal Angker di Kediri, Ada Penampakan Dewi

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya