Comscore Tracker

5 Kuliner Kesultanan di Kalimantan yang Masih Eksis Hingga Sekarang 

Rasanya lezat dengan simbol sarat tradisi #LokalIDN

Dahulu, Tanah Borneo disinggahi oleh banyak kesultanan yang beberapa di antaranya meninggalkan warisan berupa kuliner. Kuliner warisan kesultanan-kesultanan tersebut ternyata masih eksis hingga sekarang lho!

Baik penampilan maupun rasa, tak berkurang sedikit pun alias masih sama seperti zaman kesultanan dahulu. Yuk, simak satu per satu lima kuliner kesultanan di Kalimantan berikut ini.

1. Nasi astakona, Kesultanan Banjar 

5 Kuliner Kesultanan di Kalimantan yang Masih Eksis Hingga Sekarang Nasi astakona (instagram.com/vivie_ra29)

Nasi astakona merupakan nasi bertingkat yang masing-masing tingkat berisi nasi dan aneka ragam lauk. Lauk pada nasi astakona berisi daging, ikan, udang, hingga sayuran. Tak lupa buah segar sebagai penggenap.

Tak sembarang waktu kamu bisa menjumpai kuliner warisan Kesultanan Banjar ini karena hanya ada ketika masyarakat setempat memiliki acara adat, menjamu tamu kehormatan, hingga pernikahan.

2. Bubor padas, Kesultanan Sambas 

5 Kuliner Kesultanan di Kalimantan yang Masih Eksis Hingga Sekarang Bubor padas (instagram.com/mala.ali1993)

Ikan teri dan kacang goreng jadi penyempurna terakhir dari kenikmatan bubor padas. Bubur warisan dari Kesultanan Sambas ini terbuat dari beras yang ditumbuk hingga halus, kemudian dimasak bersama aneka ragam sayuran serta bumbu rempah. Meski namanya terdapat embel padas, nyatanya bubur ini tidak bercita rasa pedas sama sekali.

Baca Juga: Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!

3. Kue bingke, Kesultanan Pontianak 

5 Kuliner Kesultanan di Kalimantan yang Masih Eksis Hingga Sekarang Kue bingke (instagram.com/akafa_cakes)

Saat Ramadan tiba, masyarakat Kalimantan sering menjadikan kue bingke sebagai hidangan berbuka puasa. Kue nan legit yang bentuknya menyerupai bunga ini terbuat dari telur, tepung beras, santan, dan gula. Manisnya tak lekang oleh waktu, kue bingke ternyata telah ada sejak Kesultanan Pontianak berdiri lho!

4. Nasi bekepor, Kesultanan Kutai Kartanegara 

5 Kuliner Kesultanan di Kalimantan yang Masih Eksis Hingga Sekarang Nasi bekepor (instagram.com/yulianamenjoi)

Nasi bekepor sejenis nasi liwet khas Kalimantan yang diolah dengan menggunakan aneka ragam rempah. Daging masak bumi bumi hangus hingga sayur gangan asam kukar merupakan lauk pelengkap dari nasi bekerpor.

Dahulu, nasi bekepor merupakan makanan para raja beserta keluarga dari Kesultanan Kutai Kartanegara. Lambat laun, kuliner satu ini dapat dinikmati oleh siapa pun.

5. Lawa, Kesultanan Bulungan  

5 Kuliner Kesultanan di Kalimantan yang Masih Eksis Hingga Sekarang bambangpriantono.wordpress.com

Kesultanan Bulungan meninggalkan warisan kuliner yang cocok sekali dinikmati oleh para vegetarian, namanya lawa. Lawa sendiri terbuat dari rumput laut dan timun yang dikolaborasikan dengan bumbu dan kelapa parut. Kenikmatan dari lawa terkadang dilengkapi juga dengan kehadiran udang galah.

Dari lima kuliner kesultanan di Kalimantan tadi, mana saja yang pernah kamu cicipi?

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Kalimantan Timur, Jangan Lupa untuk Mencobanya!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya