Comscore Tracker

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!

Lezatnya bikin air liur menetes! #LokalIDN

Susu menjadi ciri khas dari soto banjar dan yang membedakannya dengan soto khas Nusantara lainnya. Soto banjar juga merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan yang mudah dijumpai di daerah lain.

Namun tidak seperti sepuluh kuliner Kalimantan berikut ini yang terbilang unik dan berbeda. Kuliner-kuliner ini jarang atau bahkan tak bisa kamu jumpai di daerah Indonesia lainnya. Kuliner khas Kalimantan apa saja yang dimaksud? Yuk, intip satu per satu!

1. Sotong pangkong

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!instagram.com/franfend

Sotong pangkong merupakan kuliner yang terbuat dari sotong atau cumi-cumi yang dikeringkan. Bisa dinikmati langsung bersama sambal, tak sedikit masyarakat Kalimantan yang mengolahnya menjadi beragam hidangan untuk dijadikan sebagai lauk.

2. Bubur gunting

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!instagram.com/jomlormakan

Merupakan kuliner alkuturasi dari budaya Tiongkok, bubur gunting berbahan dasar kacang hijau yang telah dikupas kulitnya. Kuah bubur gunting bertekstur kental, terbuat dari tepung tapioka dan gula. Tak sekadar manis, bubur gunting memiliki aroma sedap berasal dari daun pandan.

3. Gangan humbut

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!instagram.com/erittaoc

Sekilas mirip sayur lodeh karena berkuah santan, gangan humbut merupakan kuliner terbuat dari humbut.

Apa itu humbut? Humbut adalah batang muda yang mudah dijumpai di pucuk pohon kelapa. Kacang panjang hingga potongan labu, menjadi isian pelengkap gangan humbut.

4. Lontong orari

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!instagram.com/rinrin_jamrianti

Sayur nangka dan ikan haruan adalah lauk identik yang melengkapi kenikmatan lontong orari. Keunikan lontong sayur yang mudah dijumpai di Banjar ini terletak pada bentuknya yakni segitiga.

5. Nasi bekepor

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!instagram.com/yulianamenjoi

Nasi bekepor semacam nasi liwet yang dimasak bersama bumbu rempah serta ikan asin. Supaya sedap dari segi aroma dan rasa, nasi bekepor diberi tambahan daun kemangi serta jeruk nipis saat diolah. Nasi bekepor biasanya disantap bersama sayur atau lauk daging khas Kalimantan lainnya.

Baca Juga: 10 Kuliner Kalimantan Ini Akulturasi dari Budaya Tiongkok, Haochi!

6. Ayam cincane

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!instagram.com/resepayamm

Menggunakan ayam kampung, ayam cincane tak seperti kuliner berbahan ayam Nusantara lainnya. Rempah-rempah seperti jahe dan lengkuas, menjadi bumbu andalan ayam cincane.

Ayam cincane juga dimasak menggunakan santan sehingga menghasilkan rasa gurih yang menyerap di setiap lapisan daging.

7. Kalumpe

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!instagram.com/rasasayange

Kalumpe sama seperti sayur daun singkong karena menggunakan berkuah santan. Bedanya, daun singkong ditumbuk hingga halus sehingga menghasilkan tekstur yang ambyar serta memiliki penampilan sedikit berwarna hijau terang.

Kalumpe juga dilengkapi ikan teri serta kacang goreng, saat disajikan.

8. Umbut rotan

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!instagram.com/backpackerjakarta_10

Seringnya disajikan sebagai lauk, umbut rotan terbuat dari rotan yang masih berusia muda. Berkuah santan, umbut rotan juga dimasak dengan bermacam bumbu rempah.

9. Nasi subut

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!instagram.com/dapoer_aunty_nelly

Nasi subut merupakan kuliner berupa nasi yang dihidangkan dengan mencampurkan ubi ungu dan jagung. Sate ikan pari hingga ayam bakar, sering dipiilih sebagai lauk pelengkap kenikmatan nasi subut.

10. Kue kantong semar

Beda, 10 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!instagram.com/nee.neena_

Keunikan kue ini yakni menggunakan tanaman kantong semar yang digunakan sebagai wadah untuk untuk mengukus beras ketan dan kacang tolo atau kacang merah. Kue kantong semar bertekstur legit, dengan rasa cukup manis dan gurih.

Wah, cukup unik dan berbeda ya! Kelezatannya juga cukup bikin lidah penasaran. Karena itu, jangan lupa untuk menjajalnya satu per satu saat pelesiran ke Kalimantan. Dan, bagikan pengalaman menikmati kuliner di atas ke orang-orang terdekatmu.

Baca Juga: 5 Taman Wisata Alam di Kalimantan Selatan, Ada Bunga Matahari Lho!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya