Comscore Tracker

5 Makanan Asia Ini Bisa Dikreasikan dengan Abon, Rasanya Jadi Melokal!

Bisa jadi alternatif santapan, nih

Abon merupakan makanan terbuat dari serat daging maupun ikan. Warnanya cokelat terang dengan rasa manis gurih yang khas, abon sering dimanfaatkan sebagai lauk darurat atau pelengkap makanan, lho.

Roti gulung, bubur ayam, sampai lemper, sering dikreasikan dengan abon, lho. Gak cuma makanan lokal saja. Ternyata lima kuliner Asia ini bisa dikreasikan dengan abon, lho. Berani berkreasi?

1. Onigiri abon

5 Makanan Asia Ini Bisa Dikreasikan dengan Abon, Rasanya Jadi Melokal!ilustrasi onigiri (instagram.com/we_comfortable_world)

Onigiri merupakan makanan khas Jepang berupa nasi yang dipadatkan. Di dalam onigiri biasanya terdapat isian khasnya seperti ikan salmon atau tuna. Sedangkan pada bagian luarnya dihiasi dengan selembar rumput laut yang bisa juga dimakan.

Onigiri bisa dikreasikan dengan abon, lho. Sebab punya isian khas berupa ikan, kamu bisa menambahkan abon ikan untuk onigiri. Untuk rasa jangan ditanya! Sama lezatnya dan bikin ketagihan. 

2. Kimbab abon

5 Makanan Asia Ini Bisa Dikreasikan dengan Abon, Rasanya Jadi Melokal!ilustrasi kimbab (instagram.com/korean_mamas_table)

Kimbab disebut juga sushi khas Korea Selatan. Ciri khas kimbab mudah sekali ditebak, yakni rumput laut yang menyelimuti bagian luarnya.

Isian kimbab juga beragam, lho. Umumnya sayuran yang dikolaborasikan dengan telur dadar. Supaya kimbab buatan sendiri terasa berbeda, kamu bisa mengkreasikannya dengan memberi isi berupa abon. 

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Abon Ikan yang Rasanya Endeus Pisan!

3. Karipap abon

5 Makanan Asia Ini Bisa Dikreasikan dengan Abon, Rasanya Jadi Melokal!ilustrasi karipap (instagram.com/pipit_jabbal)

Buat kamu yang sering pelesiran ke Malaysia pasti sudah gak asing dengan karipap. Sepintas, makanan ini mirip pastel, tapi punya kulit jauh lebih renyah karena menggunakan puff pastry

Di daerah asalnya, karipap dibuat dengan isian kari ayam. Kamu bisa mengkreasikan kari ayam tersebut dengan abon. Opsi lainnya, kamu bisa mengganti isiannya hanya abon saja. 

4. Khanom khrok

5 Makanan Asia Ini Bisa Dikreasikan dengan Abon, Rasanya Jadi Melokal!ilustrasi khanom krok (instagram.com/little_lao_kitchen)

Khanom krok mudah dijumpai sebagai jajanan jalan di Thailand. Sudah harganya terjangkau, makanan ini mampu mengganjal perut dari rasa lapar.

Khanom krok sendiri semacam pancake dengan tambahan kelapa parut sebagai bahan bakunya. Bagian atas khanom krok biasanya juga diberi topping, mulai dari meses sampai jagung. 

Nah, supaya khanom krok rasanya lebih melokal, kamu bisa menambahkan abon sebagai topping, lho. Bisa disatukan saat adonan diguyur ke panggangan atau ditaburkan di atasnya begitu khanom krok matang. 

5. Fatayer

5 Makanan Asia Ini Bisa Dikreasikan dengan Abon, Rasanya Jadi Melokal!ilustrasi fatayer abon (instagram.com/bateekh.w.jebneh)

Fatayer populer sekali di berbagai negara Asia Tengah, seperti Palestina, Lebanon, sampai Arab Saudi. Makanan ini sejenis pai dengan isi yang menonjol di permukaan atasnya.

Isi fatayer sendiri beragam jenisnya, mulai dari bayam sampai daging cincang. Kalau kamu kepengin membuat fatayer versi simpel, bisa menjadikan abon sebagai isi, lho. 

Biar persediaan abon di rumah tak melulu diolah menjadi makanan itu-itu saja. Kamu bisa mengkreasikan abon pada lima kuliner khas Asia tadi. Rasanya bisa jadi lebih unik, deh!

Baca Juga: Resep Membuat Roti Sobek Abon Tanpa Oven, Lembut Banget Euy!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya