Comscore Tracker

7 Makanan di Dunia yang Dilengkapi Chili Oil, Tetap Nikmat Walau Pedas

Rasa pedasnya khas, lho

Cabai merupakan bahan makanan yang memberikan rasa pedas. Keberadaannya mudah sekali dijumpai dalam wujud sambal atau bubuk. Di beberapa negara ada juga yang mengolahnya menjadi chili oil.

Chili oil adalah minyak cabai yang terbuat dari cabai kering, minyak, dan bumbu lainnya. Banyak makanan di berbagai negara menggunakan chili oil sebagai pemberi rasa pedas sekaligus kenikmatan. Berikut tujuh di antaranya.

1. Dandan noodles

7 Makanan di Dunia yang Dilengkapi Chili Oil, Tetap Nikmat Walau Pedasdandan noodles (instagram.com/platingsandpairings)

Dandan noodles atau mi pedas sichuan cukup populer di Hong Kong dan Sichuan. Mi yang terkenal pedasnya mampu bikin lidah menjerit ini menggunakan chili oil yang diracik bersama rempah-rempah dan beraneka ragam saus.

Sepintas, tampilan dandan noodles seperti mi ayam di Indonesia yang dilengkapi dengan daging cincang, daun bawang cincang, dan pakcoy.

2. Hongyou chaoshou

7 Makanan di Dunia yang Dilengkapi Chili Oil, Tetap Nikmat Walau Pedashongyou chaoshou (instagram.com/flavours_by_itabashi)

Wonton merupakan salah satu jenis dumpling khas China berisi daging cincang. Selain diolah menjadi sup atau digoreng dengan menyajikannya bersama saus, wonton diolah pula menjadi hongyou chaoshou.

Wonton jenis ini disantap dengan cara mencampurkannya ke chili oil, serta diberi tambahan irisan daun bawang serta pokcoy yang telah direbus. Berani coba?

Baca Juga: Resep Wonton Kari Goreng ala Yummy App, Camilan Enak dan Gurih

3. Mapo tofu

7 Makanan di Dunia yang Dilengkapi Chili Oil, Tetap Nikmat Walau Pedasmapo tofu (instagram.com/cy_eats)

Masih ada lagi makanan khas China yang dimasak menggunakan chili oil, yakni mapo tofu. Olahan tahu yang dipotong kotak-kotak ini dimasak dengan chili oil, bumbu rempah, beragam saus, dan kuah kaldu.

Meski rasanya pedas, mapo tofu bikin ketagihan apalagi jika menyantapnya sebagai lauk pendamping makan nasi putih. 

4. Yukgaejang

7 Makanan di Dunia yang Dilengkapi Chili Oil, Tetap Nikmat Walau Pedasyukdaejang (instagram.com/yukdaejangusa)

Yukgaejang adalah sup sapi pedas berasal dari Korea Selatan. Sup ini juga menyertakan chili oil pada proses pembuatannya. Meski pedas, kuahnya juara karena mengandung kaldu dari rebusan daging sapi serta bumbu yang racikannya pas.

Dalam semangkuk yukgaejang tidak hanya berisi daging sapi saja, lho. Terdapat pula mi khas Korea yang bikin sup ini makin bikin perut kenyang usai disantap.

5. Sundubujjigae

7 Makanan di Dunia yang Dilengkapi Chili Oil, Tetap Nikmat Walau PedasSundubujjigae (instagram.com/lisa.eats)

Gak cuma yukgaejang, sundubujjigae khas Korea Selatan juga menyertakan chili oil ke dalamnya. Sundubujjigae juga sejenis sup pedas yang bahan dasarnya terbuat dari tahu. Biar gak sendirian, lembutnya tahu terkadang ditemani juga dengan bahan makanan laut seperti kerang supaya makin bikin penikmatnya tergoda.

6. Lamb manti

7 Makanan di Dunia yang Dilengkapi Chili Oil, Tetap Nikmat Walau Pedaslamb manti (instagram.com/fowlmouthsfood)

Jika China punya hongyou chaoshou, di Turki ada lamb manti. Kedua makanan yang dilengkapi oleh chili oil terebut sama-sama sejenis dumpling. Ciri khas lamb manti terbuat dari daging domba yang dicincang lembut. Chili oil pada lamb manti tidak digunakan untuk campuran isian melainkan dikucurkan di atasnya bersama yoghurt.

7. Nduja

7 Makanan di Dunia yang Dilengkapi Chili Oil, Tetap Nikmat Walau Pedasnduja (instagram.com/bowen_bites)

Nduja sejenis salami atau sosis berukuran besar yang terkenal pedasnya bikin air mata menetes. Makanan yang populer sekali di wilayah Calabria, Italia ini terbuat dari daging babi yang umumnya dikolaborasikan dengan chili oil.

Meski pedas, tekstur nduja sangat lembut. Banyak orang Italia menikmati nduja dengan menjadikannya sebagai isi sandwich, topping piza, hinga pasta.

Selama tidak dikonsumsi berlebihan, chili oil punya manfaat berguna juga bagi tubuh, lho. Mulai dari sumber protein untuk tubuh, meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, hingga memangkas kolestrol. 

Baca Juga: 5 Dumpling Populer Khas Rusia yang Kelezatannya Mengundang Lapar

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya