Comscore Tracker

7 Manfaat Kacang Navy, Si Putih yang Tidak Sesuai dengan Namanya

Popular sebagai makanan pokok angkatan laut Amerika Serikat

Bagi kita, asing sepertinya mendengar nama kacang navy. Ya, si putih yang tidak sesuai dengan namanya ini banyak ditemukan di tanah Paman Sam, Amerika Serikat.

Kenapa tidak sesuai namanya? Karena warna navy identik dengan biru gelap. Sedangkan kacang yang sering menjadi bahan utama sup ini memiliki warna putih.

Nama kacang navy sendiri didapat karena pada abad ke-20, kacang navy yang kaya gizi menjadi makanan pokok angkatan laut Amerika Serikat. Sebab itulah, kacang navy populer dengan nama tersebut.

Kira-kira, apa saja ya manfaat dari kacang navy? Yuk, simak tujuh manfaat kacang navy yang dikutip melalui laman Organic Facts berikut ini!

1. Baik untuk kesehatan jantung

7 Manfaat Kacang Navy, Si Putih yang Tidak Sesuai dengan Namanya.thespruceeats.com

Selain menjaga gaya hidup sehat, mengonsumsi makan-makanan bergizi yang dapat meningkatkan kesehatan jantung adalah suatu keharusan yang mesti dilakukan oleh setiap orang.

Kacang navy adalah makanan bergizi yang mengandung magnesium dan folat. Yang mana, dua kandungan tersebut dapat membantu menjaga jantung menjadi kuat dan terlindungi.

Folat dalam kacang navy dapat menurunkan kadar homocysteine, yang merupakan prekursor berbahaya bagi penyakit jantung.

Sedangkan magnesium memiliki fungsi yang sama dengan kalium yaitu mengurangi ketegangan dan stres di pembuluh darah. Sehingga, mengurangi aktivitas dan menurunkan tekanan darah yang mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

7 Manfaat Kacang Navy, Si Putih yang Tidak Sesuai dengan Namanyathespruceeats.com

Kalian yang memiliki masalah seputar pencernaan seperti sembelit atau diare, mengonsumsi kacang navy ternyata juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, lho!

Kacang navy kaya akan serat, yang mana dapat membuat gerakan usus menjadi lebih normal dengan merangsang gerakan peristaltik. Sehingga melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Antioksidan

7 Manfaat Kacang Navy, Si Putih yang Tidak Sesuai dengan Namanyamyfavouritepastime.com

Kacang navy memiliki kandungan  antioksidan yang berperan penting dalam mencegah risiko penyakit kronis. Di dalam kacang navy terdapat mangan yang merupakan kunci dalam banyak enzim antioksidan yang dapat mencegah penyebaran dan dampak radikal bebas.

Baca Juga: Terungkap, Ini 5 Manfaat Ajaib Kacang Hitam Untuk Kesehatan 

4. Menjaga memori dan kognisi

7 Manfaat Kacang Navy, Si Putih yang Tidak Sesuai dengan Namanyaamazon.com

Vitamin B yang ditemukan dalam kacang navy dapat membantu meningkatkan neurotransmiter tertentu yang dibutuhkan oleh memori dan kognisi dalam memaksimalkan daya ingat dan meminimalir parkinson. Karena itulah kacang navy memiliki manfaat dalam menjaga memori dan kognisi pada otak.

5. Antikanker

7 Manfaat Kacang Navy, Si Putih yang Tidak Sesuai dengan Namanyathemountainkitchen.com

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Nutrition and Food Science  mengungkapkan bahwa serat makanan dalam kacang navy memiliki potensi dalam mencegah kanker kolorektal seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar.

6. Pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh

7 Manfaat Kacang Navy, Si Putih yang Tidak Sesuai dengan Namanyahealthista.com

Protein memiliki peran penting dalam pertumbuhan sel, jaringan, otot, tulang, pembuluh darah baru, dan setiap bagian lain dari tubuh. Selain itu, protein juga berfungsi memperbaiki area tubuh yang rusak dan mempercepat proses penyembuhan.

Jika kalian ingin memenuhi kebutuhan protein pada tubuh namun tidak mau terlalu banyak mengonsumsi daging, kacang navy bisa menjadi solusi. Karena kacang navy adalah sumber protein alternatif yang sangat baik. Dalam satu cangkir berisi kacang navy, bisa terdapat lebih dari 15 gram protein lho!

7. Melancarkan sirkulasi darah

7 Manfaat Kacang Navy, Si Putih yang Tidak Sesuai dengan Namanyapillsbury.com

Sudah sering dengar pastinya, rata-rata munculnya penyakit serius pada tubuh salah satunya disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar.

Kacang navy adalah makanan yang memiliki peran dalam melancarkan sirkulasi darah serta menjaga agar darah tetap mengalir secara normal ke seluruh tubuh karena kacang navy mengandung zat besi dan tembaga.

Itulah tadi tujuh manfaat mengonsumsi kacang navy, si putih yang tidak sesuai namanya. Di Amerika dan Eropa, kacang navy dapat diolah menjadi apa saja lho, mulai dari hidangan utama hingga dessert yang bergizi.

Baca Juga: Resep dan Tips Membuat Kacang Rebus, Camilan Pas untuk Liburan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya