Comscore Tracker

6 Olahan Ikan Khas Gresik yang Rasa Gurihnya Autentik Banget, Cobain!

Didominasi dengan olahan bandeng

Letak geografis Kota Gresik berada di tepi pantai. Oleh karena itu, makanan di Gresik umumnya berupa olahan ikan dan seafood lainnya.

Bukan sekadar olahan, kuliner serba ikan khas Gresik memiliki ciri khas yang bikin penikmatnya ingat dengan kota di Jawa Timur. Berikut enam kuliner serba ikan yang populer di Kota Gresik. Kamu harus coba satu per satu, deh!

1. Bandeng keropok

6 Olahan Ikan Khas Gresik yang Rasa Gurihnya Autentik Banget, Cobain!bandeng keropok khas Gresik (instagram.com/fany_mimi)

Bandeng keropok nikmat banget disantap sebagai lauk untuk menemani makan siangmu. Apalagi jika disajikan dalam keadaan masih hangat dan ditemani sepiring nasi hangat. Bakal bikin kamu kepengin nambah terus, deh!

Bandeng keropok sendiri kuliner berbahan dasar dari bandeng yang diolah dengan dua cara. Digoreng terlebih dulu sampai kering, baru dibakar dalam durasi singkat. Ini agar menghasilkan daging ikan yang empuk dan punya aroma sedap.

Setelah siap, bandeng keropok diguyur saus bercita rasa asam manis. Racikan saus tersebut terdiri dari kecap, cabai, bawang merah, dan bawang putih. 

2. Kella celok

6 Olahan Ikan Khas Gresik yang Rasa Gurihnya Autentik Banget, Cobain!ilustrasi kella celok khas Gresik (instagram.com/diyahst24)

Kella celok tak lain adalah ikan kuah kuning khas Bawean, Gresik. Ikan yang dipilih bisa disajikan secara utuh atau dibagi menjadi beberapa bagian supaya memudahkan saat disantap.

Bumbu yang digunakan untuk kella celok seperti umumnya ikan kuah kuning. Namun, disamping bercita rasa asam dan gurih. Kella celok juga identik pedas, lho. Cocok banget bagi kamu yang suka makan pedas.

Baca Juga: 6 Oleh-oleh Khas Gresik Paling Populer Jadi Buah Tangan

3. Bonggolan

6 Olahan Ikan Khas Gresik yang Rasa Gurihnya Autentik Banget, Cobain!bonggolan khas Gresik (instagram.com/bonggolan_cakgendos)

Gak cuma bisa dinikmati di tempat, kamu bisa membawa pulang bonggolan sebagai buah tangan untuk orang rumah selagi pelesiran ke Gresik, lho. Sebab, bonggolan pun masuk dalam daftar oleh-oleh khas Gresik.

Makanan sejenis kudapan ini mirip dengan otak-otak. Sama-sama dibungkus daun pisang dengan bentuk memanjang. Bedanya, bonggolan punya ukuran lebih besar ketimbang otak-otak. Bonggolan juga bisa dibuat dengan menggunakan jenis ikan apa pun yang nantinya dikolaborasikan dengan bumbu dan tepung kanji.

4. Bandeng sapit

6 Olahan Ikan Khas Gresik yang Rasa Gurihnya Autentik Banget, Cobain!bandeng sapit khas Gresik (instagram.com/doyanmangan_gresik)

Olahan ikan bandeng sepertinya cukup familiar di lidah masyarakat Gresik. Selain bandeng keropok, bandeng sapit juga jadi olahan ikan yang sering diburu para food lovers.

Bandeng sapit sendiri diolah dengan cara dibakar. Menariknya, penyajian bandeng sapit dengan cara disapit atau dijepit pada bambu. Ciri khas bandeng sapit juga kaya rempah, lho. Sebab itu, bumbunya nendang banget di lidah, aroma amis pun tak ada.

5. Kotokan bandeng

6 Olahan Ikan Khas Gresik yang Rasa Gurihnya Autentik Banget, Cobain!ilustrasi kotokan bandeng khas Gresik (instagram.com/elfresca.id)

Kotokan bandeng juga cocok banget dinikmati oleh kamu yang doyan makan pedas. Makanan berkuah santan ini biasanya mengolaborasikan potongan daging bandeng serta tahu, lho.

Bumbu kotokan bandeng terdiri dari lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, dan garam. Berkat kehadiran tomat, kotokan bandeng juga bercita rasa sedikit asam segar. Enak banget dijadikan lauk, lho!

6. Otak-otak bandeng

6 Olahan Ikan Khas Gresik yang Rasa Gurihnya Autentik Banget, Cobain!otak-otak bandeng khas Gresik (instagram.com/suryaardalisa)

Wujud otak-otak bandeng tak seperti umumnya otak-otak yang dibungkus daun pisang, dan memiliki bentuk panjang. Otak-otak bandeng bentuknya utuh ikan hanya saja sudah dikombinasikan dengan bahan lainnya.

Proses pembuatannya hampir mirip dengan sate bandeng khas Banten. Di mana, daging ikan bandeng dipisahkan terlebih dulu dengan durinya. Proses pelepasan daging dengan kulitnya pun harus hati-hati. Sebab, akan digunakan kembali setelah daging disatukan bumbu.

Otak-otak bandeng dikukus terlebih dulu barulah digoreng. Sebelum digoreng, lumuri otak-otak bandeng dengan telur kocok.

Jika nanti kamu pelesiran ke Gresik, sempatkan mencicipiki enam kuliner serba ikan yang disebutkan tadi, ya. Rasa gurih ikannya berasa banget, dengan balutan bumbu yang autentik.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ikan Paling Enak, Menu Spesial Akhir Pekan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya