Comscore Tracker

Populer, 6 Tempat Makan di Klaten Ini Jadi Tujuan Kuliner Wisatawan

Kuliner yang ditawarkan cukup beragam #LokalIDN

Pernah dengar atau mencicipi langsung Sop Ayam Pak Min? Kuliner yang menjajakan kenikmatan dari sup ayam kampung tersebut berasal dari Kabupaten Klaten di Jawa Tengah, yang kemudian melebarkan sayap ke kota lainnya.

Tempat makan yang populer di Klaten, tak hanya sebatas Sop Pak Min saja lho! Kamu mesti kunjungi juga satu per satu tempat makan yang jadi incaran wisatawan berikut ini.

1. Warung Nasi Tumpang dan Lethok Mbak Riyanti 

Populer, 6 Tempat Makan di Klaten Ini Jadi Tujuan Kuliner WisatawanRM Tumpang Lethok Mbak Riyanti (instagram.com/tumpangletok_mbriyanti)

Nasi tumpang dan lethok berisikan beragam sayuran kemudian diguyur dengan sambal tumpang dan diberi lethok. Rasa yang dihasilkan sambal tumpang sendiri cenderung gurih dan pedas.

Buat kamu yang penasaran seperti apa wujud dari kuliner ini bisa mencicipinya langsung di Warung Nasi Tumpang dan Lethok Mbak Riyanti. Tak hanya area makan dan parkiran yang memadahi. Menu nasi tumpang yang ditawarkan pun beragam sehingga bisa menyesuaikan dengan pilihanmu.

Kisaran harga: Kurang dari Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 06.00-16.00.

Alamat: Tegaltalang, Semangkak, Klaten Tengah.

2. Soto Bebek dan Bebek Goreng Bu Heri 

Populer, 6 Tempat Makan di Klaten Ini Jadi Tujuan Kuliner WisatawanSoto Bebek dan Bebek Goreng Bu Heri (instagram.com/francisca_happy_oktavia)

Buat kamu yang tidak pantangan makan olahan bebek, mesti banget mampir ke rumah makan Soto Bebek dan Bebek Goreng Bu Heri. Daging untuk isi soto bebek di sini cukup banyak, lho! 

Tak cuma pada soto bebek saja yang menggiurkan lidah, pada menu bebek goreng pun dagingnya cukup empuk dan punya aroma sedap yang menggunggah selera makan. Jauh sekali dengan kesan bebek yang dagingnya beraroma amis.

Kisarang harga: Mulai dari Rp15-50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 05.30-16.30.

Alamat: Jalan Raya Utara Wedi, Jagalan, Pandes, Wedi.

3. Rumah Makan Ny. Suwarni 

Populer, 6 Tempat Makan di Klaten Ini Jadi Tujuan Kuliner WisatawanRumah Makan Ny. Suwarni (instagram.com/petualanganduogendut)

Rumah makan Ny. Suwarni juga menawarkan menu olahan bebek. Namun, punya menu andalan yaitu bebek bacem. Bebek bacem sendiri bebek yang diolah dengan cara di bumbu bacem terlebih dahulu baru kemudian digoreng.

Bacem merupakan teknik pengolahan yang identik dengan gula aren atau merah dan santan. 

Kisaran harga: Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 07.00-20.00.

Alamat: Jalan Klaten-Jogja No.4, Karangdukuh, Jogonalan.

Baca Juga: 5 Wisata Air Favorit di Kabupaten Klaten, Ramah Keluarga!

4. Bakmi Miroso 

Populer, 6 Tempat Makan di Klaten Ini Jadi Tujuan Kuliner WisatawanBakmi Miroso (instagram.com/judoaspudya)

Bakmi Miroso merupakan tempat makan yang menawarkan bermacam kuliner serba mi dan olahan oriental lainnya seperti mi ayam bakso, kwetiau goreng, pangsit rebus, capcay, hingga nasi bakmoy.

Meski menawarkan beragam menu, Bakmi Miroso bisa mampu mempertahankan cita rasa dari masing-masing makanan sehinga membuat banyak penikmatnya tak ragu untuk datang kembali ke sini untuk menikmati setiap olahan.

Kisaran harga: Kurang dari Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 11.00-21.00.

Alamat: Jalan Pemuda No.125, Ngepos, Klaten Tengah.

5. Swikee Bu Reso 

Populer, 6 Tempat Makan di Klaten Ini Jadi Tujuan Kuliner WisatawanSwikee Bu Reso (instagram.com/mahasiswakulineran)

Swikee merupakan kuliner yang cukup populer di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Klaten. Swike sendiri ialah makanan yang berbahan dasar dari katak.

Kamu yang mengonsumsi atau suka dengan swikee bisa mencicipinya di Swikee Bu Roso. Menu yang ditawarkan di rumah makan ini terdiri dari swikee goreng, swikee bumbu kecap, hingga sup swikee.

Kisaran harga: Kurang dari Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Setiap hari, pukul 09.00-19.00.

Alamat: Jalan Kartini No. 36, Mojayan, Klaten Tengah.

6. Sate Kambing Pak Suli Klaten 

Populer, 6 Tempat Makan di Klaten Ini Jadi Tujuan Kuliner WisatawanSate Pak Suli Klaten (instagram.com/satepaksuli_klaten)

Klaten tak cuma terkenal dengan olahan daging ayam maupun bebek saja. Buat kamu yang suka makan daging kambing, mesti jajal kenikmatan dari Sate Kambing Pak Suli yang namanya cukup masyhur di Klaten.

Irisan daging kambing untuk sate di sini cukup besar, dan teksturnya pun empuk. Yang bikin penikmatnya langganan sate kambing di sini, karena aroma kambingnya tak begitu menusuk hidung sehingga bikin lidah nyaman saat mengunyah.

Kisaran harga: Rp50 ribu per orang.

Waktu operasional: Senin-Sabtu, pukul 16.00-23.00.

Alamat: Jalan Veteran No.90, Barenglor, Klaten Utara.

Itu tadi enam kuliner ciri khas Klaten yang mesti kamu cicipi satu per satu. Ketika kamu melipir ke destinasi yang terkenal dengan wisata air ini, jangan sampai lupa mampir untuk mencicipi kuliner di atas ya.

Baca Juga: Resep Sup Ayam ala Pak Min Klaten yang Legendaris, Nikmat Banget!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya