Comscore Tracker

5 Makanan yang Ampuh Mengatasi Rasa Mual Saat Berada di Perjalanan

Gak perlu khawatir lagi mabuk darat saat perjalanan liburan

Mual bisa menjadi indikasi dari sebuah kondisi tertentu, mulai dari asam lambung, masuk angin, atau indikasi sesuatu yang membahagiakan, yaitu hamil. Ketika mual tubuh sulit mencerna dan kehilangan nafsu makan. Mual pastinya menggangu banget kegiatan karena sering bikin repot bolak-balik kamar mandi. Apalagi jika terjadi saat dalam perjalanan liburan, benar-benar gak enak dan mengganggu!

Nah, mulai sekarang kamu gak perlu khawatir lagi. Sebab di bawah ini ada lima makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi rasa mual. Kira-kira apa saja ya?

1. Apel

5 Makanan yang Ampuh Mengatasi Rasa Mual Saat Berada di Perjalananunsplash.com/@_echo_bravo_

Saat merasa mual di perjalanan kamu bisa langsung menepi ke penjual buah untuk membeli apel. Apel kaya akan serat yang akan memperlancar sistem pencernaan dan membuang racun dalam tubuh. Dengan begitu rasa mual akan cepat teralihkan sebab apel bekerja secara cepat dalam menangani kondisi ini.

2. Air jahe

5 Makanan yang Ampuh Mengatasi Rasa Mual Saat Berada di Perjalananunsplash.com/@ninjason

Selain apel ada pula air jahe yang juga mudah ditemukan. Jahe memiliki dua zat bernama gingerol dan shogaol yang menciptakan sensasi rasa pedas dan hangat sekaligus meringankan gejala mual. Aromanya air jahe yang menenangkan juga bisa merileksasi tubuh yang lemas dan cenderung pusing saat merasa mual.

Baca Juga: 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sedang Mual, Biar Gak Muntah

3. Pisang

5 Makanan yang Ampuh Mengatasi Rasa Mual Saat Berada di Perjalananunsplash.com/@shootdelicious

Berbeda dengan apel yang punya kekuatan menetralkan racun dalam tubuh, pisang merangsang produksi lendir di lapisan perut yang berguna untuk membantu meringankan gangguan di lambung termasuk gejala mual. Pisang yang padat nutrisi ini bisa menggantikan fungsi karbohidrat pada nasi jika kamu gak nyaman menelan makanan berat saat mual.

4. Air kelapa

5 Makanan yang Ampuh Mengatasi Rasa Mual Saat Berada di Perjalananparenting.firstcry.com

Mual dapat terjadi karena kekurangan cairan dalam tubuh. Untuk mengatasinya tentu air kelapa menjadi pilihan yang tepat. Air kelapa dapat meredakan mual berkat kandungan elektrolit-nya yang tinggi, ini akan membantu tubuh berada di kondisi yang prima.

5. Teh herbal

5 Makanan yang Ampuh Mengatasi Rasa Mual Saat Berada di Perjalananunsplash.com/@ninjason

Dan yang terakhir dan tidak boleh ketinggalan adalah teh herbal. Pilihan rasa seperti, teh chamomile, peppermint atau teh hijau, bisa dijadikan obat untuk meredakan rasa mual. Teh ini akan menghangatkan tubuh dan mengundurkan otot-otot yang tegang akibat mual. 

Nah, itu tadi lima alternatif makanan yang bisa membantu meredakan mual. Membawanya selama pergi untuk perjalanan jauh penting banget buat sekedar berjaga-jaga guys. Mual hilang, jalan-jalan pun jadi makin senang!

Baca Juga: 5 Penyakit Berbahaya yang Diawali dengan Gejala Mual, Waspadalah

SA D Photo Verified Writer SA D

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya