Comscore Tracker

7 Makanan yang Biasa Dimakan Penduduk Berumur Panjang di Dunia

Kopi ternyata bisa bikin panjang umur

Blue zones merupakan istilah area di dunia yang penduduknya cenderung hidup paling lama. Pola makan mereka kaya akan makanan yang berasal dari tanaman. Ini dipercaya bisa mendorong kesehatan sampai usia lanjut, meskipun ada beberapa faktor gaya hidup lainnya yang ikut berperan.

Pola diet blue zones juga cenderung tidak banyak menggunakan gula, daging, dan produk susu. Nah, apa saja jenis makanan yang biasa penduduk blue zones konsumsi? Berikut ini daftarnya.

1. Buncis (Bean)

7 Makanan yang Biasa Dimakan Penduduk Berumur Panjang di Duniaveggiechick.com

Blue Zones ditemukan antar negara, dari Costa Rica ke Jepang, Yunani, dan Amerika Serikat, tepatnya di California.

Salah satu makanan yang penduduk ini sukai adalah buncis(bean) dari jenis garbanzo, kacang kedelai, sampai kacang hitam. Bean kaya akan serat, nutrisi yang sangat krusial untuk hidup sehat dan panjang umur.

2. Kacang

7 Makanan yang Biasa Dimakan Penduduk Berumur Panjang di Duniaibx.com

Makanan yang juga umum dimakan penduduk yang memiliki usia panjang yaitu kacang. Jenis kacang sendiri sangat beragam mulai dari almond sampai pistachio. Kacang kaya akan lemak sehat, potassium, magnesium, dan protein.

Makan kacang memang menyehatkan apalagi jika kacang tersebut diolah dengan cara yang baik.

3. Minyak zaitun

7 Makanan yang Biasa Dimakan Penduduk Berumur Panjang di Duniadamir-ornella.com

Minyak zaitun memang tak begitu umum digunakan di Indonesia. Di luar, minyak jenis ini biasa dimakan dengan roti, salad, dan sayuran.

Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Zat ini bisa menurunkan kolesterol jahat serta risiko penyakit jantung. Manfaat lainnya yaitu sebagai anti peradangan dan anti oksidan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sedang Mual, Biar Gak Muntah

4. Sayuran 'cruciferous'

7 Makanan yang Biasa Dimakan Penduduk Berumur Panjang di Duniadiagnosisdiet.com

Sayuran ‘cruciferous’ merupakan sayuran dari keluarga Brassicaceae. Contoh sayuran ini antara lain brokoli, kembang kol, dan kubis. Sayuran jenis ini memiliki manfaat untuk fungsi tiroid yang berpotensi dapat memperlambat proses penuaan.

5. Air putih

7 Makanan yang Biasa Dimakan Penduduk Berumur Panjang di Duniatribuneindia.com

Minum sangat penting untuk memperpanjang usia. Penduduk blue zones memilih air putih sebagai minuman utamanya.

Secara umum minum air putih memang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Minuman jenis lain yang tinggi gula dan soda cenderung kurang baik bagi kesehatan.

6. Kopi dan teh

7 Makanan yang Biasa Dimakan Penduduk Berumur Panjang di Duniacnn.com

Banyak riset yang menunjukkan bahwa kopi sangat baik bagi kesehatan seperti mengurangi risiko sakit jantung dan liver. Jika tidak suka kopi, maka bisa mencoba teh.

Penduduk di Okinawa, Jepang, banyak minum teh hijau yang memiliki manfaat kesehatan seperti mencegah kanker dan menurunkan risiko diabetes. Namun kopi dan teh yang baik tidak memiliki banyak kandungan gula. Perhatikan hal ini agar teh yang kamu minum tetap sehat.

7. Wine

7 Makanan yang Biasa Dimakan Penduduk Berumur Panjang di Duniabeveragedaily.com

Wine ternyata juga salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh penduduk di area blue zones. Minuman yang satu ini memiliki kadar alkohol yang rendah dan kaya akan polyphenol. Senyawa yang berasal dari kulit anggur ini diketahui dapat mencegah risiko penyakit jantung. Namun bagi yang tidak bisa minum wine, pilihan air putih dan kopi atau teh saja sudah cukup.

Secara umum penduduk area blue zones cenderung makan makanan yang alami dan sehat.

Tak bisa dipungkiri, makanan memang berperan penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Kebugaran tubuh sangat tergantung dari apa yang kamu konsumsi. Jika ingin panjang umur seperti penduduk di blue zones, maka kamu bisa mencoba untuk mengikuti pola makan mereka. 

Baca Juga: 9 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Kamu Sempurnakan Penampilan, Apa Saja?

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya