Comscore Tracker

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja 

Yuk tambah eksperimen memasakmu dengan tepung ini!   

Gak semua orang bisa mengonsumsi tepung yang sangat familiar yakni tepung terigu. Karena alergi terhadap tepung ini, ada beberapa orang yang bahkan tidak bisa mengonsumsinya walaupun hanya sebagai bahan pencampur saja. Di sisi lain ada beberapa orang yang tidak bisa mengonsumsinya hanya karena tepung itu sangat membosankan.

Apapun alasannya, ternyata kamu bisa menemukan pengganti tepung yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Tepung ini sangat beragam, dari perbedaan bahan utamanya hingga teknik pengolahannya yang akhirnya menghasilkan tepung yang berbeda pula.

Setiap tepung ini juga memiliki kekayaan nutrisinya tersendiri, entah itu dari jumlah lemak, protein, karbohidrat, serat, dan lain sebagainya. Penasaran kan? Yuk simak penjelasan ini.

1. Tepung almond  

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja bakerpedia.com

Untuk tepung yang satu ini, kamu pasti sudah sering mendengarnya kan? Karena tepung almond juga sudah familiar di resep-resep kue biasanya.

Tepung almond sendiri terdiri dari 2 jenis, yaitu terbuat dari almond yang sudah direbus dan almond mentah yang digiling bersama dengan lapisan kulitnya. Walau dengan proses pembuatan yang berbeda, tapi kandungannya tetap sama, yaitu kaya akan protein, lemak tak jenuh, dan vitamin E.

Tak hanya kandungannya yang sangat berguna bagi tubuh, tepung almond ternyata serbaguna dan mudah diolah. Cocok buat pengganti tepung yang biasanya deh. Kamu bisa mengolahnya menjadi pancake, brownies, ataupun kue lain yang kamu inginkan.

2. Tepung kelapa

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja theweekendedition.com.au

Walaupun di Indonesia kelapa adalah bahan utama yang sering digunakan dalam memasak masakan nusantara, tapi ternyata kelapa juga ada versi tepungnya juga lho.

Tepung kelapa dibuat dari ampas kelapa yang sudah dikeringkan lalu digiling. Yang perlu kamu perhatikan dari tepung ini adalah teksturnya yang tinggi serat. Jadi tepung kelapa dapat menyerap banyak kelembapan dan menghasilkan tekstur yang lebih padat dan lebih berat.

Jenis tepung ini bakal lebih membutuhkan banyak telur atau bahan basah lainnya agar tetap idea. Karena tepung ini tinggi akan seratnya, tepung kelapa biasa dikonsumsi orang yang sedang diet. Kamu bisa mengolahnya menjadi pancake, kukis kelapa, atau kue bolu kelapa, pasti bakal lebih nikmat!

3. Tepung quinoa  

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja mynutritionadvisor.com

Tepung kinoa atau quinoa sering dikatakan jadi alternatif yang baik untuk orang yang tidak bisa makan gandum. Quinoa menjadi makanan pokok bagi suku Indian Amerika Selatan didataran tinggi Pegunungan Andes.

Tepung ini mengandung protein dan semua jenis asam amino esensial yang lebih banyak dari pada jenis tepung lainnya. Paling penting diketahui, keistimewaan dari tepung ini sama sekali tidak mengandung gluten.

Walaupun banyak toko yang menyediakan tepung kinoa, kamu juga bisa berkreasi membuat tepung ini dengan menggunakan biji Quinoa mentah. Dengan tepung ini, kamu bisa mengolah menjadi kue, pancake, ataupun muffin dengan memadukan bersama tepung terbaik lain agar hasil lebih maksimal.

4. Tepung kacang garbanzo

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja www.onegreenplanet.org

Mungkin kamu semua sering merasakan camilan kacang Arab atu kacang garbanzo, terlebih kudapan ini juga sering digunakan sebagai buah tangan sepulang dari Arab Saudi.

Tetapi, pernahkah kamu mencoba tepungnya? Tepung ini terbuat dari kacang garbanzo kering yang digiling halus. Tepung kacang arab kaya akan protein dan serat, yang membuatnya cukup mengenyangkan. Selain itu, tepung garbanzo kaya akan vitamin B dan selenium.

Tepung ini bagus digunakan untuk menambah tekstur dan melekatkan adonan, cocok jika kamu padukan dengan tepung lain saat membuat kue.

Tepung kacang garbanzo sangat cocok kamu gunakan untuk mengolah makanan gurih dan manis seperti pangsit, crepes, pancake, atau roti lainnya. Karena tepung ini masih memiliki aroma kacangnya yang sedikit kuat, mungkin ada beberapa orang yang tidak menyukainya.

5. Tepung beras merah   

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja homelyorganics.com

Terbuat dari beras merah yang digiling halus yang tidak memiliki rasa khas yang kuat, jadi akan aman buat kalian yang sedang berkreasi dengan tepung alternatif. Tepung berserat tinggi ini memiliki tekstur ringan dan mirip dengan tepung putih yang biasanya. Tepung ini juga biasa digunakan orang yang sedang diet agar tetap bisa menikmati kue tanpa perasaan cemas karena takut berat badan bertambah.

Selain itu, tepung beras merah juga mengandung kolin yang dapat membantu mengangkut kolesterol. Tepung beras merah ini bagus untuk dibuat menjadi MPASI ataupun semua jenis kue.

6. Tepung oat  

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja milkandhoneythebakery.com

Walaupun terigu dan oat sering memiliki perbedaan pada bahan utama pembuatannya, tapi kedua bahan ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama kok.

Gandum adalah tepung yang diolah dari jenis rumput-rumputan, sedangkan oats tergolong dalam jenis biji-bijian. Kedua bahan ini sangat bagus untuk diet, karena kedua bahan tersebut kaya akan serat yang dapat menjaga perut dari rasa lapar dan mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, kedua bahan makanan ini juga bagus untuk dikonsumsi penderita penyakit jantung karena kandungannya yang rendah kolestrol. Tepung ini bisa digunakan untuk membuat pancake dan aneka kue.

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan Tepung agar Kualitas Tetap Terjaga   

7. Spelt flour

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja draxe.com

Spelt adalah tepung sejenis dengan tepung terigu biasa, sering disebut juga sebagai tepung gandum kuno. Tepung ini memiliki kandungan gluten dan kepadatannya yang rendah, sehingga bisa jadi pilihan alternatif bagi mereka yang tidak bisa mengkonsumsi gandum.

Yang unik dari tepung ini adalah kandungan yang sifatnya cepat larut dalam air, sehingga nutrisinya dapat diserap oleh tubuh lebih cepat. Karena kandungan protein dan serat yang cukup tinggi, tepung ini dapat menghasilkan tekstur yang bagus dan lembut.

Tepung spelt bisa kamu olah menjadi berbagai macam kudapan layaknya tepung gandum biasa.

8. Tepung soba  

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja food.ndtv.com

Tepung soba adalah jenis tepung yang dibuat dari biji soba seperti biji-bijian, ataupun menir. Tepung soba kaya serat, protein, dan banyak mineral yang menjadikannya mudah dicerna.

Tepung ini terkenal di Jepang karena digunakan sebagai bahan utama pembuatan mie soba. Tepung soba juga sering digunakan bagi mereka yang ingin diet.

Tidak seperti gandum, tepung soba memiliki warna abu-abu cokelat, ditambah aromanya yang khas dengan memberikan rasa pahit yang unik. Bahan satu ini cocok digunakan untuk jenis makanan panggang yang akan memberikan tambahan aroma dan rasa yang unik dan lezat.

Kamu juga bisa mengolahnya menjadi pancake soba, pasti lezat dan aromatik!

9. Teff flour 

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja www.berkeleywellness.com

Teff adalah biji-bijian kecil yang tumbuh terutama di Ethiopia yang rasanya mirip seperti kacang. Karena ukurannya yang sangat kecil, biasanya mereka menggunakannya secara langsung daripada harus menggilingnya menjadi tepung.

Tapi ada beberapa yang menggilingnya menjadi tepung sebagai pengganti terigu karena kandungan kaya akan protein dan seratnya. Tepung bebas gluten ini biasanya diolah menjadi makanan yang dipanggang seperti roti cepat saji ataupun muffin.

Di Ethiopia sendiri, tepung teff difermentasi dengan ragi dan digunakan untuk membuat roti pipih tradisional yang disebut injera.

10. Tepung gandum hitam  

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja www.prevention.com

Merupakan jenis tepung yang dihasilkan dari proses penggilingan biji-bijian gandum, sejenis biji-bijian sereal dan warnanya bervariasi dari terang ke gelap. Karena mengandung lebih banyak biji-bijian, hal itu membuatnya lebih tinggi serat.

Tepung gandum ini memiliki rasa khas, yakni malty dan sedikit asam yang menambah keunikan rasanya. Tepung gandum hitam atau rye flour biasa diolah menjadi roti gandum, bir rye, dan beberapa makanan hewan. 

11. Tepung bayam  

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja shudhantaherbal.com

Enggak hanya daunnya saja yang dapat dikonsumsi, ternyata ada biji bayam yang dapat diolah menjadi tepung. Tepung ini dihasilkan dari penggilingan biji-bijian semu (seperti quinoa) yang dapat digiling menjadi tepung.

Tepung bayam memiliki tekstur yang berat, jadi kamu harus menggunakan kombinasi tepung lain yang lebih ringan agar hasil yang diperoleh bagus untuk tubuh. Kamu bisa mengolahnya menjadi aneka kue ataupun klepon yang mengandung unsur warna hijau.

12. Tepung millet  

12 Tepung yang Bisa Kamu Olah Jadi Kue, Enggak Hanya Terigu Saja eatchokha.com

Millet adalah biji kecil mirip biji-bijian lain yang mengandung sedikit protein dan serat. Ini menghasilkan tepung yang memiliki tekstur lembut dan bahkan bebas gluten.

Tepung millet lebih tepat diolah menjadi makanan panggang seperti kue panggang atau muffin. Agar meningkatkan kualitas dan rasa yang dihasilkan, penggunaan tepung ini dianjurkan dengan mengombinasikan bersama tepung lain.

Jenis tepung ternyata tidak hanya tepung terigu atau tepung pati saja, ya. Dari banyaknya tepung di atas, kamu lebih pilih yang mana nih?

Baca Juga: Cara Membedakan Tepung Beras dan Tepung Kanji yang Harus Kamu Pahami

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Penikmat kopi pekat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya