Comscore Tracker

7 Bahan Pembuatan Tape, Wajib Dicoba untuk Si Suka Nyemil!

Ternyata tape bisa dibuat dari jagung dan pisang lho

Sensasi rasa manis, legit, dan asam muncul ketika mencicipi kudapan tapai. Cuaca kemarau yang panas dipadu makan tapai dari lemari es, seger pastinya.

Selain dinikmati secara langsung, tape juga digunakan campuran bahan jajanan lain seperti prol tape, puding tape, bolu tape, atau es tape. Tak kalah menggiurkan, bukan?

Cara pembuatan tape adalah melalui proses fermentasi dengan bantuan bakteri dalam ragi. Beberapa bahan makanan bisa diolah menjadi tape. Apa saja?

1. Tape singkong

7 Bahan Pembuatan Tape, Wajib Dicoba untuk Si Suka Nyemil!singkong (pixabay.com/Brett Hondow)

Cara pembuatan tape singkong mudah dan hanya membutuhkan sedikit bahan.

Kamu hanya memerlukan singkong dan ragi. Kemudian singkong dikupas dari kulitnya dan dicuci dengan air mengalir. Selanjutnya, kukus sampai tekstur tidak keras. Angin-anginkan sampai singkong tidak panas. Jika ragi diberikan pada suhu panas akan menyebabkan bakteri tidak kerja aktif.

Tumbuk ragi sampai halus dan gunakan satu bundaran ragi tiap satu kilogram singkong. Balurkan ragi ke seluruh bagian singkong. Tutup dengan daun pisang dan tunggu sampai 3-5 hari.

2. Tape ketan

7 Bahan Pembuatan Tape, Wajib Dicoba untuk Si Suka Nyemil!ketan (pixabay.com/gaophuongnam)

Penyajian tape ketan adalah dengan dibungkus daun pisang dan tusukan lidi atau di dalam cup plastik. Umumnya ketan yang digunakan yaitu ketan hitam atau ketan putih. Penambahan warna merah, hijau, atau kuning meningkatkan daya tarik tape ketan.

Untuk membuatnya, beras ketan dikukus setengah matang. Pastikan ketan yang digunakan sebelumnya harus direndam selama 4-5 jam. Lalu, berikan warna sesuai selera dan campurkan larutan warna ke ketan setengah matang. Kukus ketan sampai matang. Balurkan ragi saat ketan telah dingin.

Simpan tape dalam kurun waktu 3-4 hari.

3. Tape sukun

7 Bahan Pembuatan Tape, Wajib Dicoba untuk Si Suka Nyemil!sukun (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Sajian sukun goreng yang dilapisi tepung krispi paling enak dinikmati sore hari dengan kopi manis.

Selain itu, tak kalah maknyus jika sukun dikreasikan dalam bentuk tape. Sukun dipilih dengan kriteria belum matang. Lalu kukus sukun yang telah dibersihkan dan dipotongi segitiga. Berikan ragi halus ke permukaan sukun dan tutup bagian atas dengan daun pisang. Simpan selama 2-3 hari.

Baca Juga: 8 Aneka Kudapan Berbahan Dasar Tape Singkong, Rasanya Nikmat Semua

4. Tape ubi jalar

7 Bahan Pembuatan Tape, Wajib Dicoba untuk Si Suka Nyemil!ubi jalar (pikwizard.com/Creative Art)

Ubi jalar warna kuning, ungu, atau putih sangat cantik jika disulap menjadi tapai. Pembuatan tape ubi jalar serupa dengan pembuatan tapai dari singkong. Setelah proses fermentasi 3 hari, tape ubi siap disajikan.

Perpaduan rasa manis, lembut, aroma alkohol yang khas, dan asam muncul ketika mencicipi tape ubi jalar. 

5. Tape jagung

7 Bahan Pembuatan Tape, Wajib Dicoba untuk Si Suka Nyemil!jagung (pikwizard.com/Adobe Stock)

Jenis jagung manis dipilih untuk pengolahan tape jagung. Sebelum membuat tape, pisahkan bonggol dan biji jagung serta cuci sampai bersih. Rebus jagung sampai matang, lalu dinginkan jagung manis di suhu ruangan. Beri ragi ke seluruh bagian jagung.

Tape jagung bisa disantap setelah penyimpanan 3-4 hari.

6. Tape pisang

7 Bahan Pembuatan Tape, Wajib Dicoba untuk Si Suka Nyemil!pisang (pixabay.com/Ninifee)

Jenis pisang di Indonesia sangat beragam dan banyak olahan makanan dibuat dari buah ini. Pengolahan pisang dengan cara direbus, dikukus, digoreng, bahkan dibakar.

Selain itu, tape bisa juga dibuat dengan bahan pisang, lho. Caranya yaitu pisang kepok setengah matang dikukus kurang lebih 15 menit. Kupas pisang dan tunggu sampai pisang rebus dingin. Berikan ragi pada pisang dan tunggu proses fermentasi selama 3 hari.

Aroma tape pisang kurang beralkohol dengan tekstur kurang lembut, rasa kurang manis, dan cenderung asam.

7. Tape sorgum

7 Bahan Pembuatan Tape, Wajib Dicoba untuk Si Suka Nyemil!sorgum (pixabay.com/Vijayanarasimha)

Tapai dari sorgum atau cantel yang dibungkus daun pisang memiliki rasa manis, sedikit asam, dan bau alkohol yang tidak tajam.

Cara pembuatan sama dengan pengolahan tape ketan yaitu kukus sorgum hingga matang dan baluri ragi setelah dingin. Selanjutnyatutup dengan daun pisang dan siap dinikmati setelah 2-3 hari.

Beda bahan, maka sensasi yang diciptakan juga bervariasi. Biar gak bosen dan rasa tape itu-itu saja, yuk cobain tape dari bahan yang lain juga seperti contoh di atas. Selamat berkreasi!

 

 

Baca Juga: Resep Es Tape Ketan Durian Milky Rose ala Yummy, Segar Abis!

Septin SLD Photo Verified Writer Septin SLD

Bukan anak sastra, tapi kadang suka nulis saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya