Comscore Tracker

7 Alternatif Bahan untuk Membuat Abon, Gurihnya Bikin Nagih!

Bisa dibuat dari jantung pisang dan nangka muda 

Nasi hangat ditambah abon gurih dapat menambahkan cita rasa makanan. Tidak jarang sebagian orang memberikan abon sebagai lauk makan saat sakit. Bukan hanya orang dewasa yang menyukai abon, lauk ini menjadi favorit bagi anak-anak.

Selain dikonsumsi sebagai lauk, abon digunakan sebagai filling atau taburan varian resep jajanan. Kita pasti tidak asing dengan olahannya seperti lemper, roti abon, dan pastel isi abon.

Bukan hanya daging sapi, beberapa bahan ini bisa dipakai untuk memasak abon, apa saja? Yuk, simak bersama.

1. Daging sapi

7 Alternatif Bahan untuk Membuat Abon, Gurihnya Bikin Nagih!ilustrasi daging (pexels.com/Lukas)

Abon sapi menjadi pilihan lauk enak yang disukai banyak kalangan. Mungkin pembaca IDN Times salah satunya. Tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki waktu untuk memasak, abon kemasan dijual di e-commerce dan minimarket.

Jika punya waktu luang, kamu bisa membuat abon sendiri. Selain lebih hemat, memasak abon sapi bisa dikreasikan sesuai selera keluarga. Bahan membuat abon beragam mulai dari daging sapi, santal kental, lengkuas, dan daun salam.

2. Daging ayam

7 Alternatif Bahan untuk Membuat Abon, Gurihnya Bikin Nagih!ilustrasi daging ayam (pexels.com/JÉSHOOTS)

Selain sapi, kamu dapat memanfaatkan bahan alternatif lain dengan menggunakan ayam kampung atau ayam boiler. Tinggal tentukan jenis daging sesuai selera. Apabila ingin cita rasa abon ayam manis maupun asin gurih juga bisa.

Apabila kamu bingung untuk MPASI, abon ayam bisa menjadi rekomendasi menu anak usia lebih dari satu tahun. Dilansir buku 365++ Variasi Menu MPASI untuk Setahun, kandungan gizi abon ayam beragam, mulai dari jumlah energi, protein, dan karbohidrat. Nah, kamu tinggal sesuaikan saja nanti dengan bahan-bahan lainnya saat membuat abon.

3. Daging ikan

7 Alternatif Bahan untuk Membuat Abon, Gurihnya Bikin Nagih!ilustrasi ikan (pexels.com/Huy Phan)

Indonesia memiliki jenis ikan yang bervariasi. Tak heran jika olahan dari ikan banyak ditemukan pada makanan tradisional atau modern, seperti gulai ikan, bandeng presto, ikan bakar, otak-otak, siomay, nugget, batagor. Kamu sudah pernah coba abon ikan?

Abon ikan dapat dibuat dari ikan tuna, tenggiri, patin, salmon, dan ikan yang tidak berduri banyak. Tekstur abon ikan lebih halus dan tidak berserat seperti daging sapi, namun tak kalah sedap. Kamu bisa melumuri ikan dengan jeruk untuk mengurangi bau amis.

Baca Juga: 5 Makanan yang Makin Nikmat dengan Tambahan Abon, Kamu Suka?

4. Aneka Jamur

7 Alternatif Bahan untuk Membuat Abon, Gurihnya Bikin Nagih!ilustrasi jamur dan bahan masakan lain (pexels.com/Kampus Production)

Kita biasa mencicipi olahan jamur seperti tumis jamur, jamur krispi, pepes jamur, atau sup jamur. Namun, ada olahan yang tak kalah lezat yaitu abon jamur tiram. Sudah pernah mencobanya?

Isnaeni Wiardani dalam bukunya membagikan resep abon jamur tiram yang bisa kamu coba dibuat di rumah. Pembuatan abon jamur tiram dengan bahan baku jamur tiram dipadu dengan kelapa tua dan bahan pelengkap lainnya membuat abon jamur kaya rasa. Menggoda selera, bukan?

5. Jantung pisang 

7 Alternatif Bahan untuk Membuat Abon, Gurihnya Bikin Nagih!ilustrasi jantung pisang (unsplash.com/ Pasindu Danthanarayana)

Abon jantung pisang cocok sebagai pilihan bagi seseorang yang mengurangi konsumsi protein hewani. Jenis jantung pisang kepok dipilih karena memiliki tekstur dan serat yang kasar dibanding pisang lainnya.

Pemilihan jantung pisang yang baik yaitu berwarna merah keunguan, berbentuk runcing, tidak terlalu tua, dan ukuran sedang. Tahapan perebusan penting untuk pengolahan abon jantung pisang untuk mengurangi endapan, melunakkan, dan menghilangkan getah.

6. Cempedak dan nangka muda 

7 Alternatif Bahan untuk Membuat Abon, Gurihnya Bikin Nagih!ilustrasi nangka (pixabay.com/reinout_dujardin1)

Bahan abon ternyata juga bisa menggunakan buah cempedak dan nangka muda, lho. Penambahan ikan gabus dapat digunakan sebagai alternatif untuk menambah rasa lebih nikmat. Kenapa bahan tersebut bisa diolah menjadi abon?

Cempedak dan nangka muda mempunyai serat dan tekstur yang kasar. Selain terjangkau, bahan nabati satu ini memiliki nilai kandungan gizi lebih tinggi setelah pengolahan menjadi abon.

7. Daun singkong 

7 Alternatif Bahan untuk Membuat Abon, Gurihnya Bikin Nagih!ilustrasi daun singkong (pixabay.com/mayapujiati)

Pencinta nasi padang pasti tak asing dengan olahan daun singkong yang menemani santapan nasi hangat dan beragam lauk. Dalam sebuah jurnal Teknologi Pengolahan Pertanian menyebutkan daun singkong memiliki banyak manfaat sebagai antioksidan, protein, dan zat besi bagi tubuh.

Daun singkong dapat diolah menjadi abon dengan tambahan minyak goreng, garam, gula merah, lengkuas, bawang putih, ketumbar, dan daun salam. Perebusan daun singkong selama 10 menit bertujuan untuk menghilangkan sianida yang bersifat racun.

Itulah beberapa bahan yang bisa dimasak menjadi abon. Cukup bervariasi bahan untuk membuat abon bukan? Kamu tertarik untuk membuat abon menggunakan bahan yang mana nih?

Septin SLD Photo Verified Writer Septin SLD

Bukan anak sastra, tapi kadang suka nulis saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya