Comscore Tracker

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yuk

Makin seru deh makan telur

Telur merupakan menu klasik yang kerap disajikan sewaktu sarapan. Karena penyajiannya yang terkesan mudah dan simpel, biasanya telur menjadi andalan sebagai lauk utama pendamping makanan pokok. Satu-satunya alasan yang membuat telur selalu jadi menu favorit.

Selain rasanya yang gurih, telur juga dipercaya sebagai sumber protein hewani terbaik setelah daging dan padat akan nutrisi yaitu berupa vitamin, 90% kalsium dan zat besi serta 9 asam amino esensial. Hal lainnya yang membuat telur menjadi salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat adalah karena harganya yang ekonomis sehingga terjangkau oleh semua kalangan.

Kalau merasa jenuh dengan menu telur di rumah, kamu bisa mencoba 10 kreasi ini tanpa mengurangi kandungan nutrisi dalam telur itu sendiri.

1. Menu ala India

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yukindianhealthyrecipes.com

Masala sendiri merupakan bumbu rahasia asal India yang sudah diresepkan secara turun temurun. Memang harus ada usaha untuk hasil yang memuaskan, begitupun dalam membuat resep ini. Selain telur kamu juga membutuhkan daun mint, rempah, santan, mustard, cabe bubuk dan tentu saja beberapa butir telur yang telah direbus.

Rasa olahan ini sendiri serupa dengan kare India. Selain dijadikan lauk yang disajikan bersama nasi, telur masalah juga bisa dimakan bersama roti atau paratha.

 

2. Casserole telur juga tidak buruk, kamu bisa mengkombinasikannya dengan irisan daging juga daun seledri

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yukbakedinaz.com

Casserole dari telur juga tidak buruk, selain mudah makanan ini juga bisa tahan lama seharian. Bahannya sendiri gampang kok. Kamu cuma perlu telur, mozarela, sosis atau potongan daging, dan daun seledri. Semua bahan tersebut kemudian dicampur aduk lalu dipanggang dan dalam waktu 15 menit kamu sudah bisa menyantapnya.

3. Menu dari Texas ini bisa kamu tiru kok, cuma butuh adonan pastri lalu diisi telur dengan atasnya ditaburi mozarella dan irisan daging

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yukbabble.com

Menu yang simpel banget buat ditiru. Kamu hanya perlu adonan pastri (biasanya jadi bahan untuk membuat croissant), irisan daging, keju, lada,  daun bawang sebagai pelengkap, juga tentu saja telur. Dalam waktu 10 menit saja kamu sudah bisa menikmati roti isi telur yang garing diluar dan gurih di dalam.

4. Ketika telur disulap jadi makanan Meksiko yang sehat 'Huevos Rancheroz' yang dialasi tortilla dengan pasta cabai sebagai pelengkap

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yukseriouseat.com

Huevoz Rancheros sendiri merupakan menu sarapan favorit di Meksiko. Biasanya menu ini disajikan dengan dua telur dalam gaya yang sama namun dengan saus berbeda. Satu porsi dilengkapi saus salsa roja (atau murni berasal dari cabai), dan salsa verdee (campuran saus tomat dan cabai).

Bahan yang dibutuhkan agar bisa menikmati makanan ini hanya terdiri dari telur, mayonaise, dan selada sebagai pelengkap. Bagi yang suka pedas, kamu juga bisa menambahkan paprika di sela tortilla dan telur.

5. Patatas Bravas

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yuktaste.com

Sebelum dipanggang, kentang-kentang ini dibumbui terlebih dahulu. Untuk bumbunya sendiri, kamu hanya membutuhkan saus tomat, bubuk cabai, cuka, dan minyak zaitun. Supaya meresap, potongan kentang kemudian direbus dengan bumbu-bumbu tersebut.

Tapi, saat merebusnya jangan terlalu lama karena kamu bisa mendapatkan tekstur kentang yang terlalu empuk. Setelahnya baru deh kamu memanggang kentang-kentang ini bersama telur di bawahnya.

6. Ini ala perancis, roti yang dipanggang dengan krim dan telur (Oeoufs Au Plat Bressane)

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yuksaveur.com

Dibuat dengan cara mencampur roti, krim susu, telur dan taburan seledri menu telur ini bisa jadi sarapan pagimu. Sebenarnya ini merupakan menu sederhana, namun karena tampilan yang mewah jadi terlihat sangat berkelas. Rasa yang gurih dari telur dan susu akan melekat di lidah dan membuatmu ketagihan deh!

 

7. Saat kamu ingin sekali makan pizza tapi hanya ada telur di rumah, kamu bisa kok menggunakannya sebagai topping!

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yukfuturedish.com

Untuk memasak ini sebenarnya kamu harus punya Tuukbaegi, mangkuk tahan panas korea yang terbuat dari tanah liat. Bahan-bahannya sendiri sangat mudah. Kamu hanya perlu beberapa butir telur, garam, minyak ikan, kecap asin, dan juga sari kombu (katsuoboushi juga bisa), atau kalau tidak ada kamu bisa menggantinya dengan potongan ayam, sosis dan irisan daging. Memasaknya sambil terus diaduk ya, supaya matangnya merata.

8. Menu ini berasal dari negara para dewa, telur frittata ala Yunani bisa jadi andalan sarapan pagi harimu

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yukbabble.com

Membuatnya hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Bahan-bahannya sendiri tidak sulit, kamu hanya perlu telur, susu cair, kaldu, butter dan tentu topping untuk mempercantik bagian atasnya.

9. Kalau yang ini ala Perancis, ditambah asparagus dan dilapisi kulit pie pasti bikin kamu nagih deh!

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yukvidible.tv

Sebenarnya ini hanya telur omelet yang dibuat di atas pan. Biasanya, saat mengaduk telur orang Jepang menambahkan pasta kedelai, kecap asin, dan juga sari kombu. Kamu juga bisa mengombinasikan dengan sosis atau sayuran. Untuk menghasilkan tekstur yang super lembut, saat memasak telurnya jangan dibalik ya!

10. Kalau mau yang ala Jerman kamu juga bisa coba ini, telur rebus yang ditemani pendamping berupa saus mustard, mashed potato dan juga rebusan dari sayuran hijau

Biar Gak Bosan, Coba 10 Kreasi Telur dari Beberapa Negara Ini Yukasausagehastwo.com

Menu yang super simpel namun berkelas ini bisa banget kamu coba. Hanya butuh beberapa butir telur kamu sudah seperti sedang makan di restoran Jerman. Untuk kentangnya sendiri, kamu hanya perlu merebusnya setelah itu dihancurkan bersama butter dan merica.

Ternyata, setiap negara punya menu telur yang berbeda-beda dan tentunya semua tampak lezat serta kaya akan nutrisi. Dari semua kreasi menu telur di atas, kira-kira kalian mau coba yang mana? Meskipun kaya akan protein dan nutrisi lainnya alangkah baiknya kalau telur hanya dimakan 4 kali dalam seminggu saja ya!

SS20 Photo Verified Writer SS20

Yes, No, Maybe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya