Comscore Tracker

5 Roti Asal Irlandia Dengan Rasa Unik dan Tekstur Lembut di Mulut

Lezat dan halal!

Irlandia merupakan negara kecil yang cukup terkenal dengan produk minumannya. Tak hanya minuman, negara asal grup musik Westlife tersebut juga memiliki roti lezat yang memiliki cita rasa khas.

Nikmat disantap sore atau pagi hari, roti Irlandia ini menyuguhkan tekstur lembut dan crunchy secara bersamaan. Halal untuk dinikmati, lima roti asal Irlandia ini bisa kamu coba sebagai kudapan sore harimu.

1. Irish brown bread

5 Roti Asal Irlandia Dengan Rasa Unik dan Tekstur Lembut di Mulutirish brown bread (biggerbolderbaking.com)

Irish brown bread merupakan roti tradiisonal Irlandia. Sekilas mirip soda bread, namun bahan dalam pembuatannya berbeda.

Irish brown bread menggunakan susu dan baking powder sedangkan soda bread memakai baking soda dan buttermilk. Irish brown bread, bisa dimakan langsung, dicelup kedalam sup, atau diolesi selai dan keju.

Irish brown bread punya tekstur lembut dan roti ini mampu bertahan selama 4 minggu bila disimpan dalam freezer.

2. Irish scones

5 Roti Asal Irlandia Dengan Rasa Unik dan Tekstur Lembut di Mulutirish scones (biggerbolderbaking.com)

Scones pertama kali dibuat di Inggris. Namun, Irlandia yang merupakan negara tetangga Inggris pun memiliki resep scones-nya sendiri.

Memiliki bentuk bulat sempurna, scones menjadi kudapan pas saat minum teh di sore hari. Kudapan ini terbuat dari tepung, susu, gula, baking powder, garam, dan butter.

Scones cukup mudah dibuat di rumah dan tidak memerlukan waktu banyak. Setelah matang, scones disajikan bersama selai atau butter.

Baca Juga: 8 Jenis Roti khas Jerman yang Wajib Kamu Coba, Serupa tapi Tak Sama!

3. Irish pancake

5 Roti Asal Irlandia Dengan Rasa Unik dan Tekstur Lembut di Mulutirish pancakes (thekitchykitchen.com)

Irish pancake jadi camilan nikmat yang fluffy dan lembut saat disantap. Irish pancake memiliki bentuk yang lebih tebal daripada pancake pada umumnya. 

Pancake khas Irlandia ini cukup ramah dinikmati Muslim karena bahannya yang halal, tanpa alkohol. Irish pancake biasanya disantap bersama sirup maple yang manis saat sarapan atau ketika santai di sore hari.

4. Irish soda bread

5 Roti Asal Irlandia Dengan Rasa Unik dan Tekstur Lembut di Mulutirish soda bread (thestayathomechef.com)

Salah satu roti yang terkenal dari Irlandia adalah irish soda bread. Hanya menggunakan 4 bahan, roti ini sangat pas untuk yang sibuk dan tak punya waktu banyak.

Memilki rasa gurih, irish soda bread disajikan dengan selai atau dicelup kedalam sup. Diberi nama soda bread, karena bahan yang digunakan adalah campuran baking soda, tepung, garam, dan buttermilk.

5. Irish apple cake

5 Roti Asal Irlandia Dengan Rasa Unik dan Tekstur Lembut di Mulutirish apple cake (biggerbolderbaking.com)

Irish apple cake merupakan perpaduan dari pie apple dibagian bawah dan streusels di bagian atas. Tekstur streusels crunchy karena dibuat dari campuran oat tepung gula dan garam.

Irish apple cake biasanya menjadi menu pelengkap minum teh dan kopi, sehingga lebih nikmat disajikan hangat-hangat. Namun, bila ingin bertahan lebih lama kue ini bisa disimpan di dalam freezer.

Praktis dan mudah dibuat, deretan roti asal Irlandia ini bisa kamu jadikan referensi kudapanmu di rumah. Dari kelima roti diatas, mana yang ingin kamu buat terlebih dahulu?

Baca Juga: 10 Ragam Roti Khas Afrika yang Serupa Tapi Tak Sama!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya