Comscore Tracker

5 Sup Lezat Khas Myanmar, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan!

Cocok juga untuk menu sarapan, lho

Myanmar menyimpan ragam kuliner khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana. Didominasi makanan berkuah, sup khas Myanmar memberikan rasa segar dan cita rasa spesial didalam setiap suapannya.

Tak hanya masyarakat Myanmar yang jatuh cinta dengan rasa uniknya, namun wisatawan yang sudah berkunjung dan merasakan aneka sup ini pun merasakan hal yang sama.

Berikut 5 sup khas Myanmar yang sayang untuk kalian lewatkan. Apa saja?

1. Khow suey

5 Sup Lezat Khas Myanmar, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan!khow suey (instagram.com/romandian_masala)

Khow suey adalah mi santan khas Myanmar yang memiliki isian daging ayam atau sapi, bihun, seledri, kacang, dan telur. Isian tadi disiram dengan kuah kental berwarna kuning.

Mirip kare atau soto lamongan di Indonesia, khow suey juga semakin lezat dengan tambahan perasan jeruk nipis.

2. Mohinga

5 Sup Lezat Khas Myanmar, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan!Mohinga (instagram.com/my.kitchen.diaries_)

Mohinga merupakan sup ikan dari Myanmar yang sangat terkenal. Isian sup ini terdiri dari bihun, ikan, sayuran, dan telur. Isian tadi lalu disiram dengan kuah santan berwarna merah.

Mohinga bisa dengan mudah ditemukan di berbagai restoran yang ada di Myanmar. Harganya juga cukup terjangkau bagi wisatawan. Inilah yang membuat mohinga menjadi salah satu menu sarapan favorit wisatawan saat berada di Myanmar.

Baca Juga: 9 Menu Sup Khas Nusantara Paling Enak dan Menghangatkan Tubuh

3. Kyay oh

5 Sup Lezat Khas Myanmar, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan!Kyay oh (instagram.com/kaye.ygn)

Kyay oh memiliki kuah bening dengan bihun, daging, telur, pakcoy, dan bakso sebagai isiannya. Saat disajikan, di atas kyay oh diberi taburan daun bawang segar dan bawang goreng.

Sup bening Myanmar ini tak lepas dari pengaruh budaya Tiongkok yang ada di sana. Hangat dan segarnya kyay oh sangat pas untuk menu sarapan di pagi hari.

4. Meeshay

5 Sup Lezat Khas Myanmar, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan!Mee shay (instagram.com/ali_moolicious)

Dikenalkan pertama kali oleh orang Tiongkok, meeshay akhirnya menjadi makanan tradisional Myanmar hingga kini. Meeshay memiliki isian bihun, tauge, daging, dan sayuran.

Hidangan ini biasanya menjadi menu sarapan masyarakat Myanmar di Yangon. Sup ini biasa dihidangkan bersama acar khas Myanmar yang terbuat dari sawi atau lobak.

5. Chicken curry khas Myanmar

5 Sup Lezat Khas Myanmar, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan!chicken curry khas Myanmar (instagram.com/hlayinaye)

Mendapat pengaruh yang kuat dari India, chicken curry ala Myanmar ini memiliki kuah pekat karena campuran santan dan rempah-rempah yang kuat. Rasa gurih dan khas sangat terasa saat pertama kali menyantapnya. Ayamnya pun terasa empuk dan sangat lezat bila dimakan bersama kuahnya.

Budaya Tiongkok dan India yang kuat cukup banyak mempengaruhi gaya masak dan bumbu dari 5 sup khas Myanmar di atas. Jangan lupa mencoba berbagai sup di atas saat berkunjung ke Myanmar, ya.

Baca Juga: 5 Sup Khas Spanyol yang Paling Populer Dijamin Delicioso!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya