Comscore Tracker

6 Keju Terpopuler di Kroasia, Kaya Cita Rasa dan Nutrisi

Kelezatannya sudah mendunia

Keju adalah olahan susu yang sering dijadikan olesan roti, atau bahan kue. Kroasia merupakan negara yang memiliki banyak jenis keju.

Di sana keju sering dijadikan camilan dan pendamping minuman. Tak heran banyak anak-anak dan dewasa yang menyukai keju karena cita rasa dan kandungan nutrisinya yang kaya.

Keju khas Kroasia cukup populer di negara-negara Eropa. Berikut 6 keju paling populer dari Kroasia yang kelezatannya sudah mendunia.

1. Paski sir

6 Keju Terpopuler di Kroasia, Kaya Cita Rasa dan Nutrisipaski sir (instagram.com/petersoncheese)

Paski sir merupakan keju paling populer di Kroasia. Dibuat dari susu domba, keju paski sir memiliki tekstur keras, karena itulah keju ini hanya digunakan sebagai taburan masakan.

Namun saat sudah tua, keju ini dimakan langsung dengan minyak zaitun. Paski sir adalah produk keju unggulan dari Pulau Pag, salah satu kepulauan di Kroasia. Keju paski sir sering sekali mendapatkan penghargaan sebagai keju terbaik di dunia. 

2. Skripavac

6 Keju Terpopuler di Kroasia, Kaya Cita Rasa dan Nutrisiskripavac cheese (instagram.com/euro_milk)

Skripavac adalah keju Kroasia yang dibuat di daerah pegunungan Lika dan Dun. Berasal dari susu sapi mentah, keju skripavac hanya dapat bertahan selama 3 bulan.

Keju muda skripavac memiliki tekstur yang lebih kenyal dan akan menghasilkan bunyi berdecit yang khas saat dimakan. Nama skripavac sendiri berasal dari bunyi tersebut, skrippi atau berdecit. 

Keju skripavac yang sudah tua memiliki aroma segar dengan rasa ringan. Teksturnya yang lembut membuat keju ini enak dinikmati bersama roti.

3. Grobnicki sir

6 Keju Terpopuler di Kroasia, Kaya Cita Rasa dan Nutrisigrobnicki sir (instagram.com/marijana_pb)

Grobnicki sir adalah keju putih khas Kroasia yang bertekstur keras dengan lubang kecil pada seluruh permukaan kejunya. Grobnicki sir terbuat dari pasteurisasi susu domba di lembah Gronik, Kroasia.

Dalam pembuatannya, keju grobnicki sir direndam dalam air garam. Sehingga keju ini memiliki rasa yang cukup asin, namun juga lezat.

Di Kroasia, keju grobnicki sir banyak dimakan bersama ham atau daging. Keju ini sering dijadikan menu appetizer atau pembuka.

Baca Juga: 5 Jenis Keju Khas Asia yang Paling Populer, Cocok buat Dessert!

4. Dinarski sir

6 Keju Terpopuler di Kroasia, Kaya Cita Rasa dan Nutrisidinarski sir cheese (instagram.com/gligora_cheese)

Keju dinarski sir terbuat dari hasil pasteurisasi susu kambing dan sapi yang berasal dari pegunungan dinarski di Kroasia. Dalam pembuatan keju dinarski sir memerlukan waktu 3 hingga 6 bulan, lho.

Tak menggunakan rennet hewani, dinarski sir dipasteurisasi dengan bantuan mikroba. Keju khas Kroasia ini memiliki tekstur lembut dengan aroma dan rasa susu yg kuat.

Berwarna kuning keemasan, dinarski sir lezat dimakan langsung atau dioleskan ke atas roti.

5. Paska skuta

6 Keju Terpopuler di Kroasia, Kaya Cita Rasa dan Nutrisipaska skuta cheese (instagram.com/gligora_cheese)

Keju paska skuta khas Kroasia terbuat dari pasteurisasi susu kambing. Dibuat hanya saat bulan Januari sampai Juni, keju ini memiliki warna putih dengan kandungan gizi yang cukup banyak serta rendah lemak.

Rasanya lembut dan pas dinikmati bersama kopi. Paska skuta juga pas dijadikan bahan cheesecake. Di Kroasia, keju ini menjadi salah satu bahan masakan manis khas di sana.

6. Tezacki sir

6 Keju Terpopuler di Kroasia, Kaya Cita Rasa dan Nutrisitezacki sir cheese (instagram.com/gligora_cheese)

Tezacki sir adalah keju Kroasia yang dibuat dari pasteurisasi susu sapi Dalmatian. Dalmatian Hinterland merupakan daerah Kroasia yang memproduksi keju ini.

Lama waktu pasteurisasi keju tezacki sir kurang lebih adalah 4 bulan. Setelah 4 bulan, tezacki sir memiliki warna kekuningan dan aroma yang kuat.

Sering mendapatkan penghargaan, cita rasa keju khas Kroasia diatas tak perlu diragukan lagi. Dibuat sepenuh hati, keju Kroasia memiliki rasa yang kuat dan lezat.

Baca Juga: 5 Olahan Keju Khas Amerika Serikat yang Populer, Inspirasi Menu Baru!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya