Comscore Tracker

6 Kuliner Khas Indonesia Berbahan Kacang Hijau yang Enaknya Nagih

Favorit sejuta umat!

Di Indonesia, banyak menu makanan dan minuman berbahan kacang hijau. Rasanya yang lezat dengan kandungan gizinya yang cukup banyak membuat makanan berbahan kacang hijau cukup diminati.

Proses mengolahnya juga cukup mudah sehingga banyak kuliner khas Indonesia yang menggunakan kacang hijau. Ingin tau apa saja kuliner khas Indonesia yang berbahan kacang hijau? Berikut 6 diantaranya!

1. Gandasturi

6 Kuliner Khas Indonesia Berbahan Kacang Hijau yang Enaknya Nagihgandasturi (instagram.com/chiauling09)

Gandasturi atau kue kumbu merupakan kue yang terbuat dari kacang hijau yang diberi tepung lalu digoreng. Gandasturi berasal dari Pontianak.

Camilan tradisional ini sangat lezat dijadikan teman minum teh atau kopi di sore hari. Masyarakat Pontianak sering menjadikannya camilan sehari-hari, karena cara membuat dan bahannya yang mudah didapt. Rasanya yang gurih dan lezat pun menambah kenikmatan saat disantap.

2. Bubur lek tau suan

6 Kuliner Khas Indonesia Berbahan Kacang Hijau yang Enaknya Nagihbubur lek (instagram.com/dapor.lena)

Lek tau suan merupakan bubur olahan kacang hijau kupas yang cukup populer di Pontianak. Masyarakat Pontianak biasa menjadikan bubur lek tau suan sebagai menu sarapan.

Biasanya, hidangan ini disantap bersama cakwe yang dipotong dadu. Lek tau suan pertama kali diperkenalkan oleh orang keturunan Tionghoa di Pontianak. Hingga kini, bubur lek tau suan sudah menjadi makanan khas Pontianak, serta menjadi menu sarapan favorit masyarakat di sana.

3. Bakpia

6 Kuliner Khas Indonesia Berbahan Kacang Hijau yang Enaknya Nagihbakpia kacang hijau (instagram.com/hendry.jonathan)

Bakpia adalah camilan dari kacang hijau yang sangat populer di Indonesia. Bakpia memiliki dua jenis, yaitu bakpia basah dan kering. Jenis yang paling terkenal adalah bakpia pathok khas Jogja.

Bakpia memiliki bentuk bulat dengan isian beragam, namun varian kacang hijau masih menjadi favorit. Rasa manis gurihnya bakpia bikin kamu ketagihan untuk memakannya.

Baca Juga: Resep Bubur Kacang Hijau Durian, Aromanya Khas dan Mengenyangkan!

4. Kueku

6 Kuliner Khas Indonesia Berbahan Kacang Hijau yang Enaknya Nagihkueku (instagram.com/vitakwee)

Kueku adalah kue khas Indonesia yang dipengaruhi oleh kuliner khas Tionghoa. Kue ini memiliki nama yang berbeda di Indonesia. Ada yang menyebutnya kueku, kue tok, kue mata sapi atau mata kebo.

Bentuk kuenya lonjong dengan gambar seperti cangkang kura-kura. Kueku memiliki isian kacang hijau manis yang lembut saat digigit. Saat ini, kueku juga dibuat dalam bentuk buah-buahan berwarna warn, namun bahan dan isiannya tetap sama.

5. Onde-onde

6 Kuliner Khas Indonesia Berbahan Kacang Hijau yang Enaknya Nagihonde-onde (instagram.com/linasutiono)

Onde-onde merupakan makanan favorit hampir semua orang. Makanan berbentuk bulat dengan taburan wijen dibagian luarnya ini sangat empuk dan lezat.

Isiannya yang berupa kacang hijau ditumbuk halus dengan rasa manis yang pas. Onde-onde biasanya disantap sore hari bersama teh atau kopi.

Ada dua jenis onde-onde di Indonesia, yaitu berbentuk bulat dan mekar. Onde-onde bulat memiliki isian di dalam dan teksturnya empuk. Sedangkan onde-onde mekar teksturnya lebih keras, tanpa memiliki isian di dalamnya.

6. Bubur kacang hijau

6 Kuliner Khas Indonesia Berbahan Kacang Hijau yang Enaknya Nagihbubur kacang hijau (instagram.com/putputrii)

Bubur kacang hijau menjadi makanan favorit sejuta masyarakat Indonesia. Biasanya dijadikan menu sarapan simpel di pagi hari.

Bubur kacang hijau juga sangat pas dijadikan kudapan sore hari, dengan gurihnya santan yang dituang ke atas bubur. Di Indonesia, bubur kacang hijau biasanya disajikan bersama ketan hitam dan mutiara. Ada pula yang menyajikannya bersama bubur sumsum.

Selalu bikin ketagihan, kuliner berbahan kacang hijau ini pas jadi camilan untuk segala suasanamu. Dari keenam makanan di atas, mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Resep Camilan Berbahan Kacang Hijau, Lezat dan Bikin Nagih! 

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya