Comscore Tracker

5 Fakta Kue Cucur, Kudapan dari Gula Merah Manis Khas Jawa Barat

Si manis ini punya banyak nama lho

Kue cucur atau kue kucur merupakan jajanan favorit masyarakat Indonesia saat pergi ke pasar. Dibuat dari gula merah dan tepung beras. Kue cucur juga cukup mudah dibuat dirumah, lho. Tak heran kue ini banyak digemari masyarakat.

Kue cucur terasa semakin nikmat saat disantap bersama kopi atau teh. Selain di Indonesia, kue cucur juga ada di negara lain, lho. Kok bisa ya? Yuk simak beberapa faktanya di bawah ini.

1. Kue cucur adalah jajanan tradisional dari Jawa Barat

5 Fakta Kue Cucur, Kudapan dari Gula Merah Manis Khas Jawa BaratKue cucur (instagram.com/shirleyliem)

Kue cucur merupakan jajanan tradisional khas Jawa Barat yang sering ditemukan di pasar. Dimasak dengan cara digoreng, kue cucur sangat enak dinikmat saat masih panas.

Bukan berasal dari cokelat, warna khas kue ini berasal dari campuran gula merah tepung beras dan air. 

Selain warnanya yang khas, bentuk kue cucur pun unik karena layaknya bunga dengan serat kue yang terlihat dijelas diatas permukaannya. 

2. Kue cucur kerap dijadikan sajian istimewa saat hari raya

5 Fakta Kue Cucur, Kudapan dari Gula Merah Manis Khas Jawa BaratKue cucur (instagram.com/kurniaarum_as)

Awalnya kue ini merupakan jajanan yang ada saat hajatan berlangsung. Kue cucur juga kerap disajikan saat acara keagamaan pada zaman dulu.

Kini kue cucur menjadi panganan masyarakat sehari-hari, seperti menjadi camilan keluarga saat santai atau suguhan saudara yang datang kerumah.

Kue cucur juga masih cukup eksis di beberapa daerah sebagai hidangan hari raya dan berbuka puasa, lho.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Kue Cucur yang Mengembang dan Bersarang, Intip Yuk! 

3. Kue cucur juga ada di daerah lain di Indonesia

5 Fakta Kue Cucur, Kudapan dari Gula Merah Manis Khas Jawa BaratKue cucur (instagram.com/sriloe)

Tak hanya ditemukan di Jawa Barat, kue cucur banyak pula ditemukan di daerah lainnya. Dengan bahan yang sama, kue cucur daerah lain juga menggunakan cara memasak yang sama. 

Namun kue cucur di setiap daerah memiliki namanya masing-masing. Seperti ada di Padang kue ini disebut kue pinyaram dan dikenal dengan kue kucur di Madura. 

4. Kue cucur dikreasikan dengan aneka rasa dan warna

5 Fakta Kue Cucur, Kudapan dari Gula Merah Manis Khas Jawa BaratKue cucur (instagram.com/njajan.tulungagung)

Identik berwarna cokelat, kue cucur banyak dikreasikan dengan tambahan warna atau aroma lain yang membuat jajanan tradisional ini kian menarik. Warnanya yang cerah dan cantik membuat kue cucur semakin diminati.

Hal ini merupakan inovasi beberapa pedagang kue cucur untuk mengenalkan kue tradisional ini kepada anak muda yang mulai lupa dengan jajanan yang lezat ini. 

5. Kue cucur juga populer di negara lain

5 Fakta Kue Cucur, Kudapan dari Gula Merah Manis Khas Jawa BaratKue cucur (instagram.com/chritianian)

Nama kue cucur berasal dari bahasa Jawa kucur yang berarti pancuran. Teknik kucur atau pancuran digunakan saat memasukkan adonan kue cucur kedalam wajan. 

Selain di Indonesia, kue cucur ternyata juga ada di dataran Melayu lain. Di sana jajanan berwarna cokelat ini dikenal dengan nama cucur jawa di Malaysia dan khanom di Thailand. 

Bahan dan cara memasaknya mudah, membuat kue cucur kian jadi favorit untuk dijadikan camilan di rumah. Kalau kamu suka dengan kue tradisional ini juga gak? 

Baca Juga: 6 Resep Kue Cucur yang Enak dan Praktis, Gurih Manisnya Melekat!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya