Comscore Tracker

5 Fakta Kue Kipo, Camilan Legendaris khas Yogyakarta yang Kian Langka

Rasanya mirip klepon #IDNTimesFood

Kamu yang sudah pernah ke Yogyakarta pernah mencicipi kue kipo belum? Makanan berwarna hijau dengan bentuk lonjong ini, ternyata hanya bisa kamu temukan di Kota Gede, Yogyakarta, lho.

Makanan yang terkenal legit ini, ternyata pernah hampir punah, namun berhasil kembali dilestarikan oleh warga Yogya dan kini menjadi salah satu bucket list kuliner wisatawan, lho. Penasaran dengan kue kipo? Berikut lima faktanya.

1. Kue kipo sudah ada sejak dulu

5 Fakta Kue Kipo, Camilan Legendaris khas Yogyakarta yang Kian LangkaKue kipo (instagram.com/mettalim88)

Kue kipo merupakan jajanan tradisional khas Kota Gede Yogyakarta yang sudah ada sejak Kerajaan Mataram berkuasa di Pulau Jawa. Sempat hilang, kue ini kemudian dibuat ulang oleh Mbah Mangun dan kini usaha kue kipo ini diteruskan secara turun temurun oleh anak dan cucu beliau.

Hingga kini kipo bertahan dan menjadi kuliner legendaris yang wajib dicoba saat ke Yogyakarta. Meski tidak semudah itu bisa ditemui di sembarang tempat.

2. Kue kipo memiliki sejarah unik dalam penamaannya

5 Fakta Kue Kipo, Camilan Legendaris khas Yogyakarta yang Kian LangkaKue kipo (instagram.com/diningxposure)

Memiliki bentuk lonjong yang khas, ternyata nama kue kipo sendiri memiliki sejarah yang unik. Kipo yang dulunya merupakan makanan masyarakat biasa atau kelas bawah, saat coba dihidangkan kepada bangsawan.

Seketika bangsawan yang mencobanya pun bertanya "iki opo?" Bila diartikan adalah "ini apa". Setelah itu, kue hijau khas Kota Gede ini disebut dengan kipo yang diambil dari kata iki dan opo. 

Baca Juga: 10 Jajanan Manis Khas Sunda yang Cocok Jadi Penunda Lapar, Raos Pisan!

3. Kue kipo dipanggang diatas gerabah khusus

5 Fakta Kue Kipo, Camilan Legendaris khas Yogyakarta yang Kian LangkaKue kipo (instagram.com/rimasyamlan)

Identik dengan warna hijau, kipo ternyata dibuat dari campuran tepung ketan, tepung beras, santan dan daun pandan. Kemudian diaduk menjadi satu lalu dipanggang diatas cawan gerabah khas Yogya.

Tak lupa saat memanggang, kue ini dialasi daun pisang yang membuat aromanya semakin harum. Didalam kue kipo diisi lelehan gula merah dan parutan kelapa yang lumer saat digigit. 

4. Kue kipo dibungkus dengan gaya tradisional yang khas

5 Fakta Kue Kipo, Camilan Legendaris khas Yogyakarta yang Kian LangkaKue kipo (instagram.com/ainicening)

Saat ramadan tiba, kipo ramai diburu warga Yogyakarta sebagai takjil buka puasa. Yang menarik dari kue kipo ini adalah cara membungkusnya.

Dikenal dengan gaya tradisional bernama tempelengan, kue kipo disusun di tengah kertas pembungkus, lalu ditutup dengan daun pisang di bagian tengahnya.

5. Kue kipo jadi favorit wisatawan dan warga lokal

5 Fakta Kue Kipo, Camilan Legendaris khas Yogyakarta yang Kian LangkaKue kipo (instagram.com/mrskufa)

Meski masih bertahan hingga kini, kue kipo hanya bisa ditemukan di sekitar Kota Gede Yogyakarta saja. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Gede jatuh cinta saat mencicipi kue kipo. Banyak dari mereka yang menyebut kue kipo sangat mirip dengan klepon. Karena isiannya yang sama dan warna hijaunya sama seperti klepon. Di Kota Gede 3 buah kue kipo dijual dengan harga Rp 2.000 per biji saja, murah banget, kan? 

Mampu bertahan hingga kini, kue kipo kian populer dan digemari masyarakat lokal dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Gudeg tersebut. Apakah kamu sudah pernah mencicipinya? 

Baca Juga: 7 Jajanan Khas Bangka Belitung yang Nikmat, Cobain Kuy Biar Gak Kepo

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya