Comscore Tracker

5 Hidangan Telur Khas Thailand, Bikin Makan Makin Berselera

Awas ketagihan!

Thailand memiliki banyak kuliner yang cukup ramah di lidah. Hidangan telur menjadi salah satu favorit banyak wisatawan yang berkunjung ke negara gajah putih tersebut. Ada yang digoreng dan berkuah, Thailand menyuguhkan rasa autentik yang bisa membuat rindu siapa yang mencobanya.

Bikin makan makin berselera, berikut lima hidangan telur khas Thailand yang wajib kamu coba

1. Khai jiao

5 Hidangan Telur Khas Thailand, Bikin Makan Makin BerseleraKhai jiao (instagram.com/thecurlyhomecook)

Khai jiao merupakan omelet telur khas Thailand. Uniknya hidangan ini adanya penambahan jus lemon dalam proses memasaknya. Selain jus lemon, kecap ikan, dan tepung maizena menjadi bahan pembuatan khai jiao. Nikmat disantap bersama nasi, khai jiao bikin makanmu makin berselera.

2. Khai palo

5 Hidangan Telur Khas Thailand, Bikin Makan Makin BerseleraKhai palo (instagram.com/poppirro)

Sudah ada sejak lama di Thailand, khai palo merupakan kuliner berbahan telur yang banyak disukai anak-anak Thailand. Sekilas tampilannya mirip telur bacem di Indonesia. Namun bumbu dari khai palo lebih banyak. Selain telur, isian dari khai palo, juga sering ditambah dengan ayam atau daging babi.

Hidangan telur khas Thailand ini memiliki rasa manis, gurih dan beraroma cukup kuat karena penggunaan adas dalam proses memasaknya.

Baca Juga: 5 Makanan Thailand Ini Mirip dengan Masakan Indonesia, Enak Mana?

3. Hoy tod

5 Hidangan Telur Khas Thailand, Bikin Makan Makin BerseleraHoy tod (instagram.com/mlle_numsomm)

Termasuk hidangan unik, hoy tod Thailand terbuat dari telur dan kerang. Keduanya dimasak secara bersamaan lalu dihidangkan dengan saus pedas dan tauge . Hoy tod sendiri memiliki dua versi yaitu yang digoreng kering atau yang masih agak basah. Keduanya memiliki rasa unik dan lezat. Kerang yang digunakan dalam hoy tod adalah kerang tiram dan kerang hijau.

4. Khai luk khoei

5 Hidangan Telur Khas Thailand, Bikin Makan Makin BerseleraKhai luk khoei (instagram.com/thetryingcook)

Penyuka telur goreng, wajib mencicipi hidangan Thailand satu ini, khai luk khoei. Dibuat dari telur rebus yang dipotong menjadi dua, lalu potongan telur digoreng ke dalam minyak panas. Setelah matang, telur disiram dengan saus yang terbuat dari asam. Khai luk khoei memiliki paduan rasa manis asam dan gurih, sangat nikmat untuk lauk sarapan pagi.

5. Khai yat sai

5 Hidangan Telur Khas Thailand, Bikin Makan Makin BerseleraKhai yat sai (instagram.com/pqcancook_)

Khai yat sai atau omelet lipat khas Thailand adalah hidangan telur yang memiliki isian tumisan jamur, daging dan sayuran. Atau bagi yang diet daging, bisa menggunakan jamur dan pok choy sebagai isiannya. Khai yat sai, banyak dijual di restoran Thailand atau kedai pinggir jalanan. Khai yat sai sangat lezat saat disantap bersama nasi hangat dan saus.

Cocok disajikan kapan saja, hidangan telur ini bisa jadi inspirasi menu masakanmu yang baru. Yuk, coba semuanya!

Baca Juga: 5 Kreasi Mi Khas Thailand yang Enaknya Bikin Kalap, Nikmat Banget!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya