Comscore Tracker

5 Jenis Saus Steak yang Populer di Dunia, Ada Chimmicurri!

Adanya saus ini bikin steak jadi terasa makin nikmat

Pencinta steak sudah tahu belum bahwa ternyata ada banyak jenis saus steak di dunia yang membuat rasa olahan daging ini semakin lezat.

Beragam jenis saus ini sudah lama ada dan populer di dunia. Mulai dari saus diane yang creamy hingga chimmicuri yang punya rasa unik. Semuanya sangat cocok bila di oleskan ke atas daging panggang atau steak.

Penasaran kan apa saja jenisnya? Berikut lima saus steak populer di dunia.

1. Saus bearnaise

5 Jenis Saus Steak yang Populer di Dunia, Ada Chimmicurri!Saus bearnaise (recipetineats.com)

Bearnaise merupakan saus steak khas Prancis yang sudah ada sejak lama. Bearnaise memiliki tektur lebih creamy dari saus untuk daging lainnya.

Bearnaise dibuat dari campuran kuning telur, butter dan daun herbal aromatik. Saus bearnaise cukup mudah dibuat bahkan hanya dengan tangan

2. Saus ponzu

5 Jenis Saus Steak yang Populer di Dunia, Ada Chimmicurri!Saus ponzu (justonecookbook.com)

Saus ponzu terkenal dipakai dalam hidangan Jepang atau China. Saus ponzu dibuat dari campuran kecap asin, cuka, mirin, dashi dan jeruk. Saus ponzu sendiri banyak menjadi bumbu dasar makanan olahan daging khas Asia.

Di Jepang menambahkan konbu atau rumput laut saat membuat saus ponzu dipercaya dapat menguatkan cita rasa saus tersebut.

Baca Juga: 5 Olahan Steak Bowl yang Klop Dimakan Pakai Nasi, Kenyang Pol!

3. Saus chimmicuri

5 Jenis Saus Steak yang Populer di Dunia, Ada Chimmicurri!Saus chimmicurry (joyfulhealthyeats.com)

Chimmicuri populer di Meksiko dan Amerika. Memiliki tekstur yang masih kasar, saus chimmicuri sekilas mirip sambal khas Indonesia.

Namun bahan dari chimmicuri sangat berbeda dari sambal pada umumnya. Chimmicuri menggunakan bahan daun peterseli, olive oil atau minyak zaitun, bubuk paprika dan bawang. Rasanya yang pedas mampu memanjakan lidah. 

4. Saus diane

5 Jenis Saus Steak yang Populer di Dunia, Ada Chimmicurri!Saus diane (dinnerthendessert.com)

Saus diane salah satu saus paling lama ada di Eropa. Sausnya berwarna cokelat dengan tekstur yang lembut dan creamy.

Saus diane dibuat dari campuran saus mustard, jamur, krim, kaldu dan bawang merah. Saus ini sangat nikmat dicampur dengan steak panggang. 

5. Saus demi glace

5 Jenis Saus Steak yang Populer di Dunia, Ada Chimmicurri!Saus demi glace (thespruceeats.com)

Demi glace merupakan saus yang paling sering ditemui saat menyantap steak di Indonesia. Saus demi glace dibuat dari rendaman kaldu tulang sapi. Warnanya cokelat pekat dengan aroma yang lezat.

Demi glace atau brown sauced pertama kali dibuat di Prancis.  Saus ini banyak digunakan dalam hidangan-hidangan daging didunia. 

Bikin hidangan daging makin nikmat, semua saus steak di atas wajib banget kamu cobain, deh. Jadi mau coba yang mana dulu nih?

Baca Juga: 10 Teknik Memasak Steak yang Bisa Dipraktikkan di Rumah, Seenak Resto!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya