Comscore Tracker

5 Keunikan Kue Asidah, Makanan Para Raja di Riau yang Mulai Langka

Bentuk dan cara penyajiannya unik #IDNTimesFood

Kue asidah merupakan camilan tradisional khas Riau yang sudah ada sejak zaman dahulu. Memiliki rasa lezat yang unik, kue asidah tak sepopuler camilan khas Riau lainnya.

Semakin langka, kue asidah kian sulit ditemukan karena kurangnya peminat kue kenyal khas Riau ini. Terdengar asing di telinga, berikut lima keunikan kue asidah yang harus kamu tahu

1. Kue asidah mendapat pengaruh dari kue Arab

5 Keunikan Kue Asidah, Makanan Para Raja di Riau yang Mulai LangkaKue asidah (instagram.com/hesky_surya)

Kue asidah khas Riau merupakan adaptasi dari camilan manis Arab bernama asida. Meskipun dipengaruhi dari kudapan Arab, namun kue asidah sudah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia khususnya, Riau.

Memiliki tekstur kenyal dengan rasa dan aroma rempah yang kuat adalah ciri khas dari kue asidah. Kuatnya aroma dan rasa kue asidah didapatkan dari bahan baku yang digunakan seperti kayu manis, pandan dan cengkeh. 

2. Kue asidah memiliki beragam bentuk

5 Keunikan Kue Asidah, Makanan Para Raja di Riau yang Mulai LangkaKue asidah (instagram.com/filmalasari_an)

Berbeda dari asida khas Arab yang memiliki bentuk bulat dengan cekungan ditengah, kue asidah Riau memiliki bentuk yang unik dan beragam. Warnanya lebih terang dari kue asida Arab.

Beragamnya bentuk dari kue asidah ini tergantung keinginan dan ketrampilan dari pembuatnya. Pembuat kue ini biasanya juga menyesuaikan kebutuhan acara atau permintaan pelanggan. Namun yang paling sering ditemui adalah bentuk bunga, daun, anggur, atau bulat.

Baca Juga: 10 Camilan Berbahan Kentang Khas Indonesia, Gurihnya Memanjakan Lidah

3. Dahulu, kue asidah menjadi makanan raja-raja di Riau

5 Keunikan Kue Asidah, Makanan Para Raja di Riau yang Mulai LangkaKue asidah (instagram.com/byran.kitchen)

Kue asidah ternyata sudah ada sejak zaman dahulu. Kue kenyal ini ternyata menjadi makanan para raja-raja di Indragiri Riau. Kue asidah salah satu hidangan yang hanya dibuat untuk acara-acara penting disana.

Kini, kue asidah sering ada dalam perayaan keagamaan, pernikahan, hajatan atau menjadi seserahan pengantin. Kue ini juga sering dibuat sendiri di rumah sebagai camilan ngobrol santai bersama keluarga. 

4. Kue asidah memiliki cara tersendiri saat menyantapnya

5 Keunikan Kue Asidah, Makanan Para Raja di Riau yang Mulai LangkaKue asidah (instagram.com/aqlsgf)

Di Riau, ada aturan khusus dalam menikmati kie kenyal ini. Terutama bila kue ini dihidangkan pada acara-acara penting yang melibatkan bangak orang.

Bagi orang yang pertama memakannya wajib mengambil dari bagian bawahnya terlebih dahulu. Hal ini merujuk pada norma kesopanan yang berlaku di masyarakat Riau. 

5. Kue asidah disajikan dengan taburan bawang goreng

5 Keunikan Kue Asidah, Makanan Para Raja di Riau yang Mulai LangkaKue asidah (instagram.com/dapoerhana_pku)

Kue asidah memiliki cara penyajian yang cukup unik. Tak seperti kue pada umumnya yang menggunakan topping manis seperti gula halus meses atau lainnya. Kue asidah khas Riau ini memakai topping bawang goreng diatasnya. Rasa manis dan gurih unik sangat terasa dalam kue kenyal ini.

Kian sulit ditemukan, kue asidah masih menjadi favorit masyarakat Riau sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari. Jadi, penasaran deh seperti apa, ya, rasanya? 

Baca Juga: 5 Resep Camilan Gurih untuk Teman Nonton Film Bareng Keluarga

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya