Comscore Tracker

5 Kudapan Enak dan Serba Manis Khas Srilanka, Bikin Lidah Bahagia!

Ada yang mirip kembang goyang lho

Menjadi salah satu negara ASEAN bersama Indonesia, Srilanka memiliki kudapan yang sedikit mirip dengan Indonesia. Kudapan tradisional Srilanka, memakai santan sebagai bahan utamanya. Gurih dan manis banyak mendominasi kudapan khas Srilanka ini.

Tak banyak yang tahu, ternyata banyak juga yang sudah membuat kudapan tradisional Srilanka ini di rumah. Kamu pengin tahu apa saja kudapan salah satu negara ASEAN ini? Yuk cek kudapan enak dan serba manis khas Srilanka di bawah ini.

1. Wattalapan

5 Kudapan Enak dan Serba Manis Khas Srilanka, Bikin Lidah Bahagia!instagram.com/amsuhailahamed

Wattalapan adalah dessert populer asal Srilanka, yang terbuat dari santan. Tak hanya santan, puding khas Srilanka ini terbuat dari kacang, telur, dan rempah aromatik seperti cengkeh pala dan lainnya.

Wattalapan memiliki aroma khas yang sedap membuat siapa saja jatuh cinta saat mencoba.

2. Kevum

5 Kudapan Enak dan Serba Manis Khas Srilanka, Bikin Lidah Bahagia!instagram.com/foodologysrilanka

Srilanka punya gorengan manis yang populer di negaranya maupun di luar. Kevum adalah kudapan khas Srilanka yang terbuat dari tepung beras dan gula merah.

Berbentuk bulat dengan detail bak rumah keong, kevum jadi kudapan favorit warga Srilanka. Kevum biasanya dibuat dan dihidangkan saat perayaan tahun baru Sinhala, Srilanka.

Baca Juga: Ada Es Krim Hingga Puding, Berikut 5 Dessert Lezat Khas Afghanistan

3. Aluwa

5 Kudapan Enak dan Serba Manis Khas Srilanka, Bikin Lidah Bahagia!instagram.com/foodiememos

Aluwa merupakan manisan khas asal Srilanka. Biasa ada saat perayaan tahun baru Srilanka, manisan ini memiliki rasa dan aroma rempah yang kuat.

Aluwa menjadi salah satu manisan tradisional yang banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke Srilanka. Berbentuk pipih belah ketupat, manisan ini wajib dicicipi saat ke Srilanka.

4. Kokis

5 Kudapan Enak dan Serba Manis Khas Srilanka, Bikin Lidah Bahagia!tasteatlas.com

Kokis Srilanka memiliki bentuk mirip kembang goyang di Indonesia. Cara memasaknya pun sama yaitu digoreng. Diyakini merupakan warisan kuliner Belanda yang berkembang di Srilanka.

Kue goreng Srilanka ini terbuat dari tepung dan santan. Punya rasa manis gurih, kokis bisa jadi oleh-oleh dari Srilanka yang bisa kamu bawa.

5. Kalu dodol

5 Kudapan Enak dan Serba Manis Khas Srilanka, Bikin Lidah Bahagia!196flavors.com

Srilanka punya dodol yang terkenal dan populer, namanya kalu dodol. Terbuat dari santan dan tepung beras ditambah racikan bumbu khas Srilanka, kalu dodol menjadi salah satu dessert favorit di Srilanka.

Selain rasa, kalu dodol terkenal akan proses pembuatannya yang cukup lama. Warna cokelat khas dodol juga ada pada makanan manis ini.

Ternyata banyak makanan manis yang berasal dari Srilanka dan tak berbeda jauh dari makanan Indonesia yang menjadikan santan dan tepung beras sebagai bahan utamanya.

Jangan lupa mencoba saat berkunjung ke Srilanka, ya!

Baca Juga: Bikin Ngiler, 5 Dessert ala Malta Ini Terkenal Lezat Banget!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya