Comscore Tracker

7 Ragam Nasi Campur dari Jawa Tengah yang Nikmat, Ada Nasi Liwet!

Isinya komplet dan mengenyangkan

Nasi sudah menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Tak heran, di Jawa Tengah sendiri ada beberapa jenis nasi campur yang bisa dipilih. Nasi campur khas Jawa Tengah ini punya isian komplet mulai dari sayuran hingga lauk.

Setiap daerah di Jawa Tengah, punya ciri khas dan keunikan sendiri baik cara penyajian nasi atau cita rasanya. Semuanya enak, berikut deretan nasi campur khas Jawa Tengah yang wajib untuk kamu coba.

1. Nasi liwet

7 Ragam Nasi Campur dari Jawa Tengah yang Nikmat, Ada Nasi Liwet!nasi liwet (instagram.com/seleramode)

Nasi liwet atau sego liwet adalah hidangan nasi khas Solo. Banyak ditemukan di Jawa Tengah dan Yogyakarta, nasi liwet memiliki isian komplit dengan rasa gurih asin dan sedikit manis. Isiannya cukup lengkap, yakni telur, suwiran ayam, sayur labu siam, dengan santan kental atau juruh yang menambah lezatnya hidangan nasi khas Solo ini. 

Nasinya memiliki rasa gurih, jadi benar-benar memanjakan lidah, deh. Biasanya nasi liwet dijajakkan pada pagi hari sebagai menu sarapan, tapi enak juga dimakan sore atau malam hari. 

2. Sego berkat

7 Ragam Nasi Campur dari Jawa Tengah yang Nikmat, Ada Nasi Liwet!sego berkat (instagram.com/gudegtresno)

Sego berkat atau nasi berkat adalah hidangan nasi campur dari Wonogiri, Jawa Tengah. Uniknya sego berkat memakai daun jati sebagai bungkusnya.

Rasanya pun khas dengan isiannya yang komplet, seperti oseng tempe, empal daging, dan mi atau bihun goreng. Sego berkat dulu hanya disajikan saat ada hajatan. Kini, sego berkat pun kian populer dan banyak dijual di pinggir jalan.

3. Nasi lenthok tumpang

7 Ragam Nasi Campur dari Jawa Tengah yang Nikmat, Ada Nasi Liwet!nasi tumpang (instagram.com/foodestination.id)

Nasi tumpang merupakan hidangan nasi dengan sayur tumpang di atasnya. Sayur tumpang terbuat dari tempe, santan, krecek, serta beberapa rempah, seperti kencur, daun jeruk, dan lainnya.

Selain diisi sayur tumpang, di dalam hidangan ini juga ada tauge dan daun singkong rebus, serta lauk yang bisa dipilih sendiri. Selain dengan nasi, tumpang ini juga enak dimakan bersama bubur. Nasi tumpang paling enak dijadikan menu sarapan, lho. 

Baca Juga: 5 Keunikan Sego Berkat, Nasi Komplit Bungkus Daun Jati Khas Wonogiri

4. Nasi ponggol

7 Ragam Nasi Campur dari Jawa Tengah yang Nikmat, Ada Nasi Liwet!nasi ponggol (instagram.com/tegal_lakaliyane)

Nasi ponggol atau nasi bungkus khas Tegal punya isian yang tak kalah lengkap dari daerah lain. Isiannya ada oseng tempe atau orek tempe dan berbagai lauk, seperti telur, ayam goreng, atau ikan asin. Tak lupa mi dan sambal yang melengkapi nasi ponggol. 

Nasi ponggol sangat pas dijadikan menu sarapan makan siang atau malam. Selain isiannya yan komplet, nasi ponggol juga bisa mengenyangkan perut, nih.

5. Nasi langgi

7 Ragam Nasi Campur dari Jawa Tengah yang Nikmat, Ada Nasi Liwet!nasi langgi (instagram.com/omahselat)

Nasi langgi adalah nasi campurnya Jawa Tengah. Nasi langgi juga banyak dijumpai saat acara hajatan berlangsung. Isian hidangan satu ini terdiri dari nasi, daging kecap semur, orek tempe, telur dadar, dan klengkam kentang. 

Banyaknya isian membuat nasi langgi enak disantap kapan saja. Pagi, siang dan malam, nasi langgi sangat pas untuk mengisi perutmu, deh!

6. Nasi megono

7 Ragam Nasi Campur dari Jawa Tengah yang Nikmat, Ada Nasi Liwet!nasi megono (instagram.com/jogjabikinlaper)

Berasal dari Pekalongan dan sekitarnya, nasi megono adalah hidangan nasi dengan urap nangka muda di dalamnya. Selain urap, ada juga bunga kecombrang dan sambal yang melengkapi olahan nasi ini.

Nasi megono awalnya disajikan sebagai bagian dari upacara tradisi saat panen. Kini, nasi megono mudah ditemukan di warung atau rumah makan di Kota Pekalongan dan sekitarnya.

7. Nasi gandul

7 Ragam Nasi Campur dari Jawa Tengah yang Nikmat, Ada Nasi Liwet!nasi gandul (instagram.com/supersillychef)

Kalau ke Pati, Jawa Tengah, kuliner ini tak boleh dilewatkan. Nasi gandul adalah hidangan nasi dengan daging sapi berbumbu kecap dan santan gurih. Bagian dagingnya pun bisa dipilih sesuai selera penikmatnya.

Para pelanggan bisa memilih bagian jeroan, babat, atau daging. Nasi gandul menyajikan rasa gurih, manis, dan asin khas Jawa Tengah.  Rasanya pas dan gak bikin eneg. Saat memesan nasi gandul, biasanya daging akan langsung diambilkan dari kuali, lho.

Mulai dari nasi liwet khas Solo hingga nasi gandul Pati yang nikmat, ragam nasi campur khas Jawa Tengah di atas tak boleh dilewatkan saat kamu sedang berwisata kuliner. Kira-kira dari ketujuh olahan nasi di atas, ada yang belum pernah kamu coba sebelumnya?

Baca Juga: 10 Fakta Nasi Gandul Makanan Khas Pati, Mirip Semur Daging dan Gulai

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya